Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pohon Sukun sebagai Sumber Pendapatan


Ketersediaan pangan terkait dengan kegiatan produksi, distribusi dan perdagangan termasuk penyelenggaraan cadangan ekspor dan impor. Akses penduduk terhadap pangan terkait dengan kemampuan produksi pangan ditingkat rumah tangga, kesempatan kerja dan pendapatan keluarga (Suryana, 2004). Dalam kaitan ini, potensi sukun sebagai panganan kecil memberi peluang bagi masyarakat dan petani sukun, yaitu usaha kebun sukun dapat memberikan tambahan pendapatan, baik dalam kegiatan produksi maupun kegiatan pemasarannya.

Pohon Sukun
Dilihat dari analisis ekonominya, sukun yang produktif berbuah akan mendapatkan pendapatan yang tidak sedikit. Pada saat panen rfaya, rata-rata satu pohon dewasa dapat menghasilkan ± 100 buah, yang memiliki berat antara 1kg-1,5kg tiap buah. Sebagai contoh di pasar lokal Yogyakarta, harga setiap buah sukun berkisar Rp. 3.000-4.000, sehingga dari satu pohon sukun diperoleh pendapatan sebesar 300.000– 400.000 setiap kali panen.

Selain dari perdagangan buah, usaha pembibitan tanaman sukun memberi peluang bisnis yang menjanjikan. Pengadaan bibit sukun dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah mengingat perbanyakan bibit dapat diperoleh melalu stek, akar dan pucuk. Kayu batang pohon sukun kurang baik digunakan untuk bahan bangunan rumah, karena tidak kuat atau rapuh, akan tetapi cukup untuk dimanfaatkan sebagai bahan peti kemas atau peti buah-buahan dan kayu bakar.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis