Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pohon Sukun Sebagai Tanaman Pelindung


Pohon Sukun sangat cocok dijadikan salah satu jenis tanaman penghijauan karena dapat tumbuh di lahan marginal, tumbuh baik pada daerah 0 m – 700 m dpl, bersifat menyimpan air, serta mempunyai daun lebar dengan permukaan bagian atas tertutup lapisan lilin yang dapat mengurangi penguapan (Gunarto, 1990). Pohon sukun mempunyai pengakaran yang kuat dan dalam, berdaya cengkram kuat sehingga membuat tanah menjadi lebih tahan terhadap erosi permukaan. Perakaran yang intensif menjadikan tanah tidak terlalu padat atau keras sehingga kapasitas infiltrasi dan daya serap air lebih tinggi.

Pohon Sukun
Pohon sukun bertajuk besar dan rindang yang dapat menahan laju grafitasi butir-butir air hujan sehingga daya rusaknya terhadap permukaan tanah (splash erosion) sudah sangat berkurang. Besarnya pengurangan energy dipengaruhi oleh kerapatan dan tinggi tajuk yaitu rapat dan semakin rendah tajuknya akan semakin kecil energy grafitasi butir hujan sewaktu turun kepermukaan tanah (Arsyad, 1989).

Selain sebagai pelindung permukaan tanah terhadap terpaan air hujan, tajuk pohon sukun yang rindang merupakan benteng tiupan angin yang kuat. Pertimbangan ini yang mendorong masyarakat di Desa Dum, Distrik Sorong Kepulauan, Papua, menanam sukun dipekarangan rumah. Sebagaimna dimaklumi bahwa desa tersebut berlokasi dikepulauan yang dikelilingi lautan dengan terpaan tiupan angin sangat kencang setiap saat. Suasana teduh yang ditimbulkan rimbunnya tajuk pohon sukun juga telah dimanfaatkan di beberapa obyek wisata, seperti misalnya Dunia Fantasi, Jakarta.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis