Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Biografi Ismail Marzuki: Komposer Terbaik


Ismail Marzuki adalah komponis besar kebanggaan Indonesia yang mewarnai sejarah kemerdekaan bangsa ini dengan lagu-Iagunya yang patriotik. Ia dilahirkan pada 1914 di Kampung Kwitang, Jakarta. Ayahnya adalah seorang pemilik bengkel mobil yang sukses.

Namun Ismail memilih jalan hidup yang jauh berbeda. Jauh dari mesin dan oli, Ismail dianugerahi dengan keahlian memainkan sejumlah alat music plus suara yang merdu. Tidak salah kalau ia lebih tertarik pada musik. Talentanya memang ajaib. Pada usia 17 tahun, pada saat remaja lain sedang mencari identitasnya, ia telah membuktikan kemampuannya dengan mengarang lagu sendiri. Dengan segala bakat itu, Ismail pun memberanikan diri untuk bergabung dengan orkes "Lief Java".

Saat pendudukan Jepang, orkes ini berubah nama menjadi "Kirei na Jawa". Ternyata tidak salah keputusan Ismail, orkes papan atas ini telah membawa kegemilangan untuknya. Selain di Jawa, ia sering naik pentas di Malaysia. Demam kemerdekaan juga mempengaruhi Ismail.

Masa-masa penuh heroik dan patriotisme itu menginspirasi Ismail untuk menciptakan lagu-Iagu bertema perjuangan, seperti Halo-halo Bandung, Kopral Jono, Gugur Bunga, Indonesia Tanah Pusaka, dan Sepasang Mata Bola. Lagu-Iagu legendaris yang abadi sampai sekarang terus dilantunkan oleh segenap rakyat negeri ini untuk mengenang perjuangan melepaskan diri dari penjajahan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis