Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Potensi Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Luka


Bonggol pisang merupakan bagian pisang yang mempunyai nilai ekonomis rendah. Masyarakat kebanyakan tidak memanfaatkan bonggol pisang. Bonggol pisang sebenarnya sangat bermanfaat, banyak sekali kegunaan cairan atau getah dari bonggol pisang ini, antara lain untuk mengatasi berak darah karena panas dalam, disentri, diare, wasir berdarah, pendarahan setelah melahirkan (perdarahan nifas), pembersihan setelah melahirkan, penghitam dan pencegah rambut rontok, radang ginjal, sifilis, serta digigit ular berbisa, dan salah satu kegunaan cairan bonggol pisang yang terlupakan adalah untuk mengobati luka-luka lecet.

Pisang Obat Luka
Lebih lanjut potensi cairan dari bonggol pisang khususnya pisang kepok (Anonim, 2009) dan klutuk untuk mengobati luka disebabkan kandungan saponin, antrakuinon, dan kuinon yang berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit. Selain itu getah pisang juga berfungsi sebagai antibiotik yang berperan untuk membunuh kuman-kuman penyakit penyebab timbulnya infeksi yang dapat memperparah luka penderita.

Sementara itu, kandungan lektin pada getah batang pisang berfungsi menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Dengan adanya lektin pertumbuhan sel-sel kulit penutup luka menjadi lebih cepat, karena lektin dapat merangsang tumbuhnya sel. Selain itu luka yang telah kering tidak akan menimbulkan parut yang sangat terlihat. Hal ini menjadi bukti khasiat pohon pisang yang sangat besar dalam proses penyembuhan luka.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis