Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Mengenal Identitas Blog


A. Pengertian Blog
Apakah Kamu Mengenal Blog? Secara Bahasa Blog diserap dari bahasa Inggris yang asal katanya berawal dari Web dan Log disingkat menjadi Weblog. Akan tetapi Weblog lebih dikenal dengan sebutan blog. Ada juga yang berpendapat bahwa Blog setara maknanya dengan website, namun bagi saya Weblog dengan Website pasti berbeda walaupun tidak dapat dipungkiri ada persamaannya.

Secara Sederhana Web dapat diartikan sebagai suatu Sistem jaringan Internet, sedangkan log merupakan kata yang menuju dari arti dasarnya yaitu Kunci. Maka secara umum dapat disimpulkan bahwa Weblog merupakan sebuah sistem jaringan Internet dengan kunci tersistematis.

Sedangkan secara istilah atau lebih rinci lagi, Blog atau weblog dapat diartikan sebuah Tempat untuk tulisan atau file yang disimpan melalui sistem jaringan dengan menggunakan internet secara sistematis dan tetap bertahan selama file tesebut tidak rusak atau dihapus. Intinya adalah bahwa Blog merupakan Buku yang didalamnya terdapat file sejenisnya berbasis online atau fiksi, sedangkan secara nyata, terlihat dari buku yang kita ketahui bersama.

B. Sejarah Keberadaan Blog
Secara Sejarah Blog telah ada sepanjang ditemukannya teknologi internet, seiring adanya sistem online dengan Internet, maka blog merupakan salah satu wadah atau alat yang mendukung fungsi internet itu sendiri. Jika kita analisa secara rinci maka kita akan menemukan titik temunya dimana ketika orang membuka internet maka tujuan utamanya adalah mencari informasi apapun, baik dalam bentuk dokumen, video, MP3, Gambar dan sebagainya.

Nah, jika demikian adanya, maka untuk menemukan apa yang ingin dicari melalui internet tadi, tentu diperlukan sebuah wadah atau tempat penyimpanan. Dan tempat penyimpanan tersebutlah yang dinamakan Blog atau Weblog yang kita kenal saat ini.

Tidak dapat dipastikan kapan pertama kali blog muncul dalam dunia internet, namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kemunculan Blog bersamaan dengan ditemukannya teknologi internet. Blog pertama kalinya diperkenalkan oleh sebuah perusahaan dengan nama Blogger.com, dan ini dimiliki olleh Pyra Labs. Namun seiring perkembangan akhirnya pada tahun 2002 blogger.com dimiliki oleh Perusahaan Google.

C. Ciri-Ciri Blog
Untuk mengenal karakterisitik blog tidaklah sulit, hal ini disebabkan hampir setiap harinya orang beraktifitas dengan dunia internet yang tentunya akan selalu dihadapkan dengan tampilan blog yang bergam. Namun adapun ciri khas yang menggambarkan sebuah Blog yaitu:
  • Adanya URL domain pada blog
  • Adanya kolom komentar di blog
  • Pasilitas template blog yang beragam
  • Widget-widget menarik yang mempercantik blog
  • iklan
D. Dampak positif dan negatif Blog
Dampak positif blog adalah sebagai media online dengan jaringan internet yang dapat meyimpan ribuan juta file dari berbagai jenis yang keberadaaannya dapat dijamin. Selain itu, blog juga dapat menguntungkan bagi mereka pengguna blog untuk menambah penghasilan.

Sedang kan dampak negatifnya adalah penyalahgunaan media blog yang digunakan untuk menyimpan file-file yang dapat merusak moral manusia, seperti video parno, kasus kriminal yang sebenarnya tidak layak untuk dipublikasikan diblog dan lain sebagainya. Akan tetapi tenang saja, saat ini pihak Google sebagai mesin pencari terbesar di Dunia telah memberikan batasan bahkan saksi bagi pemilik blog dan pengguna blog yang dianggap berbahaya dan merusak.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis