Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Peran Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil


Untuk menjadi pemimpin yang amanah, jujur dan adil merupakan tugas dan tanggung jawab yang amat besar, mencari pemimpin yang sesuai dengan kreteria yang sama-sama kita inginkan sepertinya saat sulit kita jumpai saat ini. Untuk mempunyai pemimpin yang baik, jujur, adil, berilmu dan amanah diperlukan kaderisasi yang harus dimulai dari dini. Orang tua merupakan guru utama dan pertama bagi anak-anak mereka, dan dari sinilah calon pemimpin masa depan akan terlahir, apakah calon pemimpin itu menjadi pemimpin yang sesuai dengan kreteria atau sebaliknya.

Peran seorang ibu untuk si pemimpin kecil merupakan proses dan kerja keras yang harus dipersiapkan, dimulai dari masa kandungan, masa pertumbuhan sampai masa kemandirian. Maka dari itu, bagi para ibu seharusnya sudah mempunyai bekal dan ilmu yang cukup untuk mempersiapkan anaknya menjadi pemimpin yang jujur, adil, amanah dan cerdas. Apa saja yang harus dilakukan seorang ibu guna mewujudkan anaknya sebagai pemimpin yang jujur, adil, amanah dan cerdas? Berikut kan dipaparkan sebagai berikut:

1. Agama dan Iman
Agama adalah pegangan hidup manusia, tanpa agama maka manusia itu tidak akan mempunyai tujuan. Agama mengajarkan kepada manusia untuk selau tunduk dan patuh kepada penciptanya yaitu Tuhan yang Maha Esa. Maka dari itulah, para ibu harus sejak dini menanamkan dan mengajarkan Agama serta Iman yang tinggi kepada anak-anak mereka dengan memberikandan menanamkan sikap keagamaan yang didukung dengan latihan dan pembiasaan ibadah setiap harinya. Dengan membiasakan hal tersebut, maka nilai keagamaan dan rasa keimanan tersebut akan tetap tertanam dalam keyakinan anak-anak mereka. Agama dan Iman inilah yang akan menjadi filter bagi sang anak jika mereka menjadi pemimpin, mereka akan hati-hati dalam menggunakan jabatan kepemimpinan yang mereka pegang, jika ada kesalahan dalam memimpin, tentu mereka akan mengembalikannya kepada Agama.

2. Kedisiplinan
Disiplin bukan berarti keras, otoriter dan harus tunduk di bawah perintah, akan tetapi disiplin merupakan kegiatan dan pembiasaan yang diterapkan seorang ibu kepada anaknya berkenaan dengan hal-hal yang harus dilaksanakan sesuai tempat dan waktunya, seperti disiplin waktu ibadah, waktu bermain, waktu belajar dan lainnya. Jika hal ini terlaksana dengan baik, maka sang ibu akan berhasil mendidik anaknya untuk menjadi generasi pemimpin yang disiplin, taat hukum dan peraturan.

3. Bijaksana dan tanggung Jawab
Pemimpin itu harus bijaksana dan mampu mempertanggungjawabkan kepemimpinannya, maka dari itu, seorang ibu harus melatih sedini mungkin anak-anaknya untuk menjadi anak yang bijaksana dan bertanggung jawab, hal ini bisa dimulai dengan mengajarkan kepeduliaan, kejujuran, rasa peduli dan kasih sayang terhadap sesama saudara, teman dan lingkungan.

4. Ilmu yang Sesuai
Untuk menjadi seorang pemimpin tidak saja dibutuhkan fisik yang kuat, kemauan serta finansial, akan tetapi ilmu yang sesuai juga harus menjadi perhatian yang signifikan. Seorang pemimpin harus tahu apa yang akan dia pimpin, bagaimana cara memimpin dan apa saja yang perlu dipimpin. Dari itulah, seorang ibu perlu memberikan pengajaran serta memberikan bekal ilmu yang cukup yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan.

5. Akhlak dan Moral
Perlu ditanamkan seorang ibu bagi anak-anaknya adalah akhlak dan moral. Bagaimana jadinya jika pemimpin berilmu, mempunya finansial yang cukup, sehat jasmani dan rohani, akan tetapi rusak akhlak dan moralnya, tentu kepemimpinanya tidak akan sukses. Maka dari itu, akhlah dan moral juga harus tertanam sejak dini bagi sang pemimpin kecil yang sudah ditanamkan dan diajarkan ibu kepada anak-anaknya.

6. Tidak Pilih Kasih
Seorang ibu seharusnya tidak pilih kasih dan sayang terhadap anak-anak mereka, sebab jika itu terjadi, maka wajar saja jika anak mereka akan lahir sebagai pemimpim yang nepotisme.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis