Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Statistik Traffic yang Akurat


Setiap blog tentunya memerlukan statistik, sebab dengan statistik anda akan mengetahui seberapa besar traffic pengunjung blog anda. Akan tetapi banyak penyedia statistik yang masih diragukan kebenarannya, terkadang traffic berbeda dengan traffic yang lain jika ada dua atau lebih metode statistik yang kita gunakan.

Membuat blog ramai pengunjung adalah cara unik yang harus kita lakukan semaksimal mungkin, terkadang blog naik drastis tapi terkadang blog juga turun drastis. Seperti blog saya Aneka Ragam Makalah: www.anekamakalah.com yang pada tanggal 20 April 2014 jumlah pengunjung berdasarkan statistik Dashboard Blogger mencapai 15.000 dan pada tanggal 22 April 2014 menjadi 3000 perhari (apa mungkin karena saya rubah parameter url untuk mengatasi duplikat content ya!!). Masih bingung dengan turunya pengunjung yang begitu drastis, apa karena bulan ini merupakan momen masa libur ya!! sebab blog Aneka Ragam Makalah adalah blog niche Ilmu pengetahuan.

Perlunya sebuah statistik pasti tidak dapat dipandang sebelah mata, selain mengetahui jumlah pengunjung tentu traffic merupakan alat ukur sebuah blog untuk terus memperbaiki SEO-nya jika terjadi penurunan. Lalu apa saja statistik yang akurat dan dapat dipercaya kebenarannya? berikut akan saya uraikan secara rinci.

Statistik

1. Statistik Dashboard Blogger
Statistik ini sangat akurat dan dapat dipercaya, akan tetapi traffic yang ditampilkan tidak sepenuhnya berdasarkan data pengunjung yang hadir. Pada statistik Dashboard Blogger ini semua page view akan dihitung termasuk pengunjung yang berasal dari robot (bukan manusia), oleh karena itu keseluruhan tampilan dari statistik Dashboard Blogger tidak akan sama dengan Google Analytic.

2. Google Analytic
Statistik ini sepenuhnya dapat dipercaya bahkan dapat anda jadikan sebagai acuan baik dari data pengunjung, kota, wilayah, bahasa, minat, umur dan lain sebagainya. Google Analytic menampilkan data traffic sesuai dengan jumlah pengunjung, jumlah page view, jumlah yang mengklik dan lainnya dengan tampilan terpisah. Hal ini akan memberikan gambaran signifikan kepada anda tentang blog yang anda kelola.

3. Histats
Histats merupakan salah satu situs yang menyediakan secara gratis tool statistik guna memberikan informasi traffic pada sebuah blog. Fitur-fitur dari histats sangat bervariasi yang dimulai dari data page view, data pengunjung, Time, Visitor Online dan lain-lain. Histats akan bekerja dengan baik jika kode yang telah tersedia ada pada blog anda, jika tidak maka rekam jejak traffic tidak akan berfungsi.

4. Sitemeter
Sitemeter juga salah satu situs penyedia statistik yang dapat dipercaya, sama dengan histats fungsi sitemeter menampilkan data pengunjung, visitor online, jumlah page view, pengunjung berdasarkan daerah dan lain sebagainya. Perbedaan Histats dengan Sitemeter ditandai dengan tampilannya saja, jika histats dapat anda lihat langsung di blog anda, maka tidak dengan sitemeter yang harus anda kunjungi situsnya langsung baru anda akan melihat data-data traffic-nya.


Masih banyak sebenarnya statistik yang dapat merekam data traffic blog anda, tetapi 4 metode statistik diatas adalah tool/alat statistik yang saya anggap akurat untuk mengukur seberapa besar data traffic anda. Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini terkait dengan informasinya, mohon diberi saran dan kritik yang membangun. Terima Kasih!!.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Sampai saat ini saya masih setia sama histats.

Balas

oooo, mantap tu mbak

Balas

sebenarnya saya suka histats mas, tapi nggak suka nya bikin loading blog jadi lambat :)
kalau google analytic sih suka juga, cuma nggak bisa dilihat secara publik traffic nya ;)

Balas

Saya lebih cenderung menggunakan site meter mbak walaupun harus dilihat secara personal

Balas

Kalau saya extremetracking soalnya lebih mendetail dibanding lainnya selain google analytics.

Balas

Saya cuma pake statistik di dashboard aja. Tapi ya itu masih ragu dgn keakuratannya. Soalnya sehari minimal bisa 150-200 pengunjung padahal nggaknposting apapun. Apa emang iya segitu?

Balas

Kalau saya biasanya pake google analistic, hanya saja perbedaannya sangat jauh. di dashboar bisa mencapai 850 rata2 perhari, sementara di GA hanya 200an, mungkin ini juga karena pengaruh bounce rate diatas 80%

Balas

Mas juka hasil statistik dashboard wordpress berbeda dengan hasil histats itu gmna ya?

Balas

Mas juka hasil statistik dashboard wordpress berbeda dengan hasil histats itu gmna ya?

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis