Terwujud

Subak Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Subak Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia adalah budaya alam yang ada di Bali dengan pemandangan indah dan menawan. Sistem perairan yang begitu sistematis tidak saja menjadi daya tarik bagi mereka yang berada di sana, akan tetapi struktur pembentukan dan tatanan bentuknya juga dibuat dengan bagus dan menarik.

Badan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau organisasi dunia di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan telah mengakui bahwa pengairan Subak di bali menjadi bagian dari warisan budaya alam dunia. Dan kemungkinan adanya penetapan bahwa Subak menjadi warisan budaya di dunia akan direncanakan di UNESCO pada tanggal 20 Juni.

Subak-Budaya-Indonesia

Kategori yang menjadi titik perhatian dunia yang menjadikan Subak sebagai warisan budaya alam dunia adalah:

1. Sistem Irigasi
Irigasi yang benar-benar tersusun secara sistematis menjadi kategori terbaik sehingga Subak menjadi daya tarik tersendiri dalam pandangan dunia.

2. Sawah
Sawah subak tidak saja sistematis dalam sisi irigasinya, tetapi keindahan sawah yang hijau dan tersusun rapi juga menjadi daya tarik tersendiri

3. Budaya Gotong Royong
Sawah serta sistem irigasi ini menjadi lebih menarik dan mendapat perhatian khusus karena semangat gotong royong masyarakat bali yang tetap menjaga dan merawatnya secara rutin.

Suastika seorang pakar antropologi (kalau tidak salah) mengatakan bahwa pemerintah bali akan mengeluarkan peraturan daerah untuk perlindungan lahan pertanian di Subak merupakan keseriusan mereka untuk tetap menjaga kelestariannya. Pelestarian subak akan terus ditingkatkan dan dilindungi dari gangguan orang-orang yang berniat merusaknya dengan mempersiapkan pengelola warisan budaya dunia yang bertugas untuk melakukan evaluasi pelestarian subak adalah bentuk keseriusan dan kepedulian terhadap budaya alam semesta termasuk di Bali, ujar suastika.

^^Demikianlah informasi Subak Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia, semoga informasi ini menyadarkan kita betapa pentingnya menjaga dan melestarikan budaya alam yang ada di daerah kita masing-masing selain Subak di bali.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. warisan budaya indonesia yang mendunia.. tapi saya terlahir sebagai warga indonesia kok malah baru tau ya mas.. waduh parah banget nih saya mas.. harus diperluas lagi wawasan saya hehehehe. saya taunya cuma balinya doank mas.. kalau daerah daerah di bali saya nggak tau heheehe

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved