Terwujud

Cara Atasi Mata Tegang Karena komputer



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Terwujud.com~Mata Tegang Karena komputer adalah gejala umum yang dialami orang ketika fokus bermain komputer. Mata tegang atau Eye starin diartikan sebagai kondisi terjadinya ketegangan otot yang mengontrol mata. Jenis gangguan ini diakibatkan oleh berbagai hal dan satu diantaranya adalah karena penggunaan komputer yang terlalu lama. Selain itu, mata tengang juga bisa terjadi akibat menonton televisi, lama membaca dan lain sebagainya. Baca Iritasi dan Alergi Mata (Ketahui Penyebabnya di sini)

Gejala yang sering ditimbulkan jika terlalu lama dibiarkan beraktivitas di depan layar komputer, maka hal itu akan menimbulkan mata anda tegang dengan gejala:

1. Sakit kepala
2. Mata berair, lelah dan gatal
3. Fokus penglihatan berkurang
4. Mata menjadi kering
5. Penglihatan kabur dan berganda
6. Penglihatan menjadi sensitif jika bersentuhan dengan cahaya
7. Mata tidak nyaman melihat

Pada umumnya ketegangan mata dan gejala yang ditimbulkan karena komputer tidak begitu serius dan akan hilang jika mata di istirahat kan, namun kita perlu waspada untuk tidak terlalu lama di depan komputer, sebab jika hal itu dibiarkan secara terus menerus, tentu akan mengarah kepada tingkat yang lebih berbahaya dan bahkan mengarah pada tingkat permanen alias kabur atau buta. Untuk mengurangi resiko mata tegang dan rusak permanen, sebaiknya anda mengikuti tips yang akan saya jelaskan berikut ini tentang:

Cara Atasi Mata Tegang Karena komputer
Mata-tegang-cara

1. Istirahatkan Mata secara berkala
Saat mata menunjukkan gejala seperti berair, lelah ditambah anda menguap, sebaiknya anda meng-istirahat-kan mata secara berkala, istirahat ini merupakan istirahat kecil yang bisa anda lakukan seperti mengalihkan pandangan, mengalihkan kosentrasi penglihatan dan bisa juga memejamkan sejenak mata anda. Baca juga Menjaga Kesehatan Mata dengan Konsumsi Buah

2. Istirahat Total
Jika mata anda tidak bisa lagi mentoleransi dan bekerja maksimal ketika melihat, hal itu berarti mata anda ingin diistirahatkan secara total, maka jangan pernah paksa mata anda untuk tetap fokus di depan komputer, hal ini akan berakibat fatal jika hal tersebut tetap anda paksakan.

3. Kedipan Mata
Jika anda di depan komputer dan mata harus fokus, maka untuk menjaganya dari ketegangan hendaknya anda melakukan kedipan mata yang berulang-ulang. Hal ini agar mata selalu berada pada tingkat refleksi yang tidak menimbulkan efek jenuh ketika melihat. Dibaca ya Tips Mengencangkan Kelopak Mata yang Kendur

4. Cahaya yang cukup
Gunakan mata saat melihat dengan perpaduan cahaya yang cukup, hal ini berarti bahwa keadaan ruangan saat anda melihat komputer harus seimbang antara cahaya yang masuk dan keluar. Cahaya masuk berarti cahaya yang berasal dari ruangan dan cahaya yang keluar ada cahaya dari komputer.

5. Atur Cahaya Komputer
Sebaiknya tingkat pencahayaan komputer anda tidak terlalu tinggi, hal tersebut akan berdampak negatif untuk mata yang tidak sanggup menampung sinar radiasi yang ditimbulkan karena kontras yang begitu terang.

6. Jangan biarkan Perut Kosong
Ketika anda bekerja di depan komputer, maka hal yang paling penting untuk dijaga adalah perut. Jangan sampai perut anda kosong, Mengapa dan apa kaitannya? Kosentrasi tentu membutuhkan energi dan asupan tenaga yang datang dari pikiran, nah jika perut dalam keadaan kosong kemudian dipaksa untuk terus berpikir, inilah yang akan menyebabkan mata tegang bahkan penyakit yang lain pun akan timbul. Ngak percaya, coba saja :D (Silahkan baca Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan)

^^Demikianlah informasi tentang Cara Atasi Mata Tegang Karena komputer, berikan saran dan kritik yang membangun guna perbaikan artikel ini. Terima kasih.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 6 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. sangat bermanfaat sekali untuk menurunkan ketegangan bos, thx informasinya yia bos...

    ReplyDelete
  2. No 4 & 5 tu mas yang paling cepet bikin mata sakit, makanya kalau pc layarnya sy bikin ga terlalu terang karena cepet bikin mata cape

    ReplyDelete
  3. kalau pakai laptop gimana mas? hehehe laptop saya sudah saya redupkan cahaya nya agar tidak terlalu terang :)
    soalnya bisa bikin mata sakit ;)

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved