Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Mengapa Saya Harus Puasa?


Mengapa Saya Harus Puasa? <-:-> Puasa merupakan rukun Islam yang keempat. Puasa masuk dalam kategori hukum wajib yaitu bila dilakukan maka akan mendapat pahala dan terlepas kewajibannya, namun jika ditinggalkan akan berdosa dan mendapat azab dari Allah swt. Namun, pada dasarnya puasa bagi orang-orang yang beriman bukanlah sebuah kewajiban semata, namun hal yang sangat dinanti-nanti kedatangannya dikarenakan bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan jika dibandingkan dengan bulan yang lain.  Berikut Alasan-alasan Mengapa Saya Harus Puasa?.
Puasa
1. Hikmah yang Luar buasa
Puasa tidak saja sebuah kewajiban, namun puasa menyimpan berbagai hikmah bagi mereka yang menjalankannya. Tidak saja dari segi jasmani, namun dari segi rohani puasa amat berhikmah jika dijalankan. Salah satu hikmah yang amat mendalam adalah puasa memberikan ganjaran fitrah bagi mereka yang berhasil menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan dengan baik dan benar.

2. Kewajiban bagi umat Islam
Jelaslah bahwa mau tidak mau, suka tidak suka maka jika kita umat Islam harus mengerjakannya dan melaksanakan perintah untuk berpuasa di bulan ramadhan. Konsekuensinya adalah jika kita tidak berpuasa tanpa ada alasan yang tepat, maka bersiap-siaplah untuk menanggung resiko yang amat menyakitkan.

3. Latihan
Ibarat sebuah prajurit tempur, maka sebelum mereka diterjunkan ke medan perang, terlebih dahulu mereka harus dilatih dengan baik dan benar, sehingga dengan latihan tersebut mereka siap untuk menghadapi pertempuran sebenarnya. Kita umat Islam dalam mengarungi kehidupan dunia ini penuh dengan hambatan dan rintangan, setiap saat kita harus bertempur melawan godaan dan nafsu yang menjerumuskan kita, maka dari itu puasa merupakan satu-satunya jalan untuk melatih kita dan mempersiapkan kita menjadi prajurit Allah yang siap bertempur melawan godaan dari syaitan dan nafsu yang tidak terkendali.

4. Kesehatan
Puasa tidak saja mendatangkan berkah, rahmat serta ampunan dari Allah swt. Secara medis ternyata puasa juga memberikan dampak positif bagi kesehatan, salah satu contoh sederhananya adalah ketika seseorang berpuasa maka lemak-lemak yang terkandung dalam tubuhnya akan terbakar dan menjadi kalori, hal tersebut dikarenakan tidak bekerjanya asupan makanan yang dapat berkembangbiaknya lemak. Tentunya ini merupakan diet yang sangat baik khususnya bagi mereka yang bertubuh gemuk.

5. Benteng api neraka
Puasa dapat membentengi kita dari siksa api neraka, alasan ini dapat dipaparkan bahwa puasa bertugas untuk menjaga serta mengendalikan hawa nafsu manusia, ketika umat Islam berpuasa dengan aturan yang benar, maka secara otomatis hawa nafsu mereka akan dapat dikendalikan baik secara jasmani dan rohani. Sebab beberapa sumber mengatakan bahwa nafsu merupakan ladang subur bagi setan untuk menjerumuskan umat islam ke lembah yang sesat.

Demikianlah artikel tentang Mengapa Saya Harus Puasa?, semoga memberi manfaat bagi saya dan kita semua. Artikel ini adalah artikel yang saya impor dari blog saya yang lain. Untuk kelengkapan seluruh isinya dapat anda baca di 7 Alasan Mengapa Harus Puasa.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

Selain alasan kewajiban sebagai muslim, berpuasa juga untuk melatih diri untuk disiplin, menahan amarah, serta mendatangkan kesehatan dan rasa sosial ya, pak...? Terima kasih atas sharingnya, pak, sebagai bahan inspirasi buat saya.

Balas

Puasa wajib hukumnya,banyak manfaatnya,untuk itu marilah kita sambut bulan penuh barokah ini dengan segala keikhlasan hati....

Balas

Karena wajib hukumnya maka saya harus puasa.

Balas

benar sekali pak uda, puasa itu melatih kedisiplinan kita

Balas

yukk mari kita sambut bulan puasa :D

Balas

tinggal menghitung hari saja ya mas, akhirnya bulan yang kita tunggu-tunggu sebentar lagi.

bulan yang saatnya mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya,,

Balas

benar sekali mbak, supaya kita menang dan mendapat kemenangan di saat merayakannya

Balas

Iya bener, puasa justru menyehatkan asalkan pas buka puasanya ngga gila-gilaan :D

Balas

puasa wajib ya mas hukum nya bagis umat muslim untuk melaksanakan perintahNya yang sudah disebutkan dalam surat al baqarah ;)

Balas

puasa wajib ya mas hukum nya bagis umat muslim untuk melaksanakan perintahNya yang sudah disebutkan dalam surat al baqarah ;)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

benar sekali mbak, jangan semuanya diembat heeehee

Balas

benar sekali mbak eka, kita kudu wajib menjalankannya ya :D

Balas

benar sekali mbak eka, kita kudu wajib menjalankannya ya :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis