Terwujud

Penyebab Timbulnya Asam Urat



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Terwujud.com-Tentunya anda sudah membaca Asam Urat (Pengertian, Gejala dan Penyebabnya), nah artikel ini merupakan penjelasan secara lengkap terkait dengan Penyebab Timbulnya Asam Urat. Asam urat adalah jenis penyakit yang umum dialami banyak orang, pola hidup yang tidak sehat serta tingkat peduli terhadap kesehatan yang rendah menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit termasuk Asam urat. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan Asam urat terjadi dan mengganggu kesehatan tubuh. Berikut ini akan dipaparkan mengenai Penyebab Timbulnya Asam Urat.

Jangan lewatkan artikel tentang:
Asam Urat
1. Zat Purin yang tinggi
Penyebab terjadinya asam urat ditandai dengan kandungan purin yang terlalu tinggi dalam tubuh. Purin merupakan senyawa basa organik yang berfungsi untuk menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Purin juga diklasifikasikan sebagai persatuan dari asam amino sebuah asam pembentuk protein. Zat purin terdapat disetiap sel-sel tubuh dan hampir ada disetiap makanan.

2. Faktor Eksternal
Peningkatan produksi asam urat juga bisa terjadi karena faktor eksternal, faktor tersebut datang melalui efek samping obat-obatan, obesitas, hipertensi, hiperlipidemia dan diabetes mellitus.

3. Kristal asam urat
Asam urat yang sudah mengkristal merupakan penyebab dan menimbulkan resiko tinggi pada penderitanya, tidak saja rasa sakit yang dialami, tetapi hal itu juga bisa berdampak buruk pada fungsi ginjal yang tidak mampu membuang kelebihan kandungan asam urat.

4. Asam urat Primer
Penyebab asam urat primer terjadi karena adanya faktor dalam tubuh seseorang yang tidak diketahui pasti, terkadang hal itu diduga datang dari faktor genetik, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh serta gangguan proses pengeluaran asam urat karena ginjal bermasalah.

5. Asam urat Sekunder
Terjadinya asam urat sekunder ini disebabkan dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa asupan makanan yang terlalu tinggi kandungan purinnya adalah penyebab utama asam urat sekunder ini.

6. Dalam tubuh
Produksi asam urat yang meningkat tinggi juga menjadi penyebabnya, hal itu bisa berasal dari penyakit sumsum tulang, polisitemia, obat-obatan, alkohol, obesitas, penyakit kulit dan masih banyak lagi yang lain. Penyebab timbulnya asam urat yang berasal dari dalam tubuh tentu akan mengganggu proses kerja yang berkaitan dengan asam urat seperti ginjal, asam dan basa tubuh serta yang lain.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Timbulnya Asam Urat, semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan kita semua. Baca juga artikel menarik lainnya yaitu Cara Mengatasi Pencernaan yang Bermasalah. Terima kasih ^-^


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 6 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. dari pola makan sepertinya yang paling mempengaruhi timbulnya asam urat

    ReplyDelete
    Replies
    1. pola makan adalah hal yang amat penting untuk diperhatikan mbak, benarkan heehee

      Delete
  2. hmm.. ternyata ini penyebab-penyebab asam urat ya pak..
    makasih informasinya ya pak.. jadi lebih tahu dan harus lebih waspada lagi terhadap asam urat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, kita kudu harus hati-hati dengan yang namanya gejala asam urat, sebaiknya kita terapkan pola mencegah daripada mengobati

      Delete
    2. benar sekali mas, kita kudu harus hati-hati dengan yang namanya gejala asam urat, sebaiknya kita terapkan pola mencegah daripada mengobati

      Delete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved