Terwujud

Rahasia Buah Semangka Bagi Kesehatan Anda



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Terwujud.com-Buah Semangka merupakan buah yang mengandung kadar air yang tinggi, selain enak dan nikmat sebagai makanan pencuci mulut, ternyata buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ditinjau dari ciri-cirinya, maka dapat disimpulkan bahwa buah semangka atau nama latinnya Citrullus vulgaris Schard, merupakan sejenis tanaman yang bersifat dan berkembang dengan cara merambat. Buah yang berbentuk bola ini besarnya bisa seukuran kepala manusia. Warnanya hijau dengan garis putih. Daging buahnya umumnya berwarna merah, berair dan berbiji, tetapi ada juga yang berwarna kuning. Namun bagian yang terpenting dan banyak mengandung nutrisi adalah bagian hijau dekat kulit. Yang jelas, karena rasanya yang manis dan segar, hampir semua orang suka dengan buah yang satu ini.

Daging buah Semangka mempunyai kandungan yang rendah akan kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, vitamin (A, B, dan C), asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalim, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa. Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.
Buah Semangka
Sedangkan pada biji buah semangka terkandung zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Buah semangka diyakini berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika, tepatnya di gurun Kalahari. Menurut bukti dari sebuah penelitian, buah Semangka pertama kali dipanen sejak 5.000 tahun lalu tepatnya di Mesir. Menurut kepercayaan nenek moyang pada saat itu, semangka digunakan untuk penguburan raja-raja dengan tujuan supya rohnya mendapat nutrisi di alam baka. Dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia, termasuk di negara Indonesia. Disebabkan buah Seamngka mudah tumbuh, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (sekitar 1,000 meter di atas permukaan laut), maka buah ini bisa anda jumpai dimana-mana. Termasuk di tepi jalan, padang belukar, pantai, atau di kebun dan pekarangan rumah.

Rahasia Buah Semangka Bagi Kesehatan Anda

1. Untuk Diet secara alami
Manfaat buah semangka juga sangat efektif untuk diet, selain artikel tentang.... sebagai penjelasan untuk diet, buah semangka juga bisa anda gunakan sebagai bahan alternatif untuk diet atau menurunkan kegemukan. Buah semangka dipercaya mengandung kadar yang bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air yang berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung. Bagi yang sedang bermasalah dengan berat badan tentu ini jadi kabar yang baik.

2. Untuk Hipertensi
Selain untuk diet, buah Semangka juga sangat efektif untuk pengidap hipertensi. Kandungan air dan kalimnya yang tinggi bisa menetralisi tekanan darah. Selain itu, semangka berfungsi dan bermanfaat untuk mempergiat kerja jantung. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat. Buah ini juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras, sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.

3. Anti kanker
Fungsi buah semangka untuk kesehatan juga ditandai dengan manfaatnya sebagai antikanker. Hal itu karena adanya kandungan likopen dalam semangka, yang mampu menangkal radikal bebas dan menumpas bibit kanker dalam tubuh. Jadi, banyak-banyakan makan buah ini setiap hari pun tak masalah. Justru dengan mengkonsumsinya, resiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita terbukti berkurang. Terhadap kanker pencernaan, likopen dalam buah semangka mampu mencegah hingga resikonya berkurang separuh, Seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, hingga kanker anus. Baca Juga Manfaat jeruk manis untuk kesehatan

Rahasia Lain Buah Semangka Bagi Kesehatan Anda
4. Sebagai penurun demam dan pencegah sariawan
5. Berfungsi untuk menyejukkan tubuh saat pada suhu cuaca yang panas, peluruh kencing, anti radang, pelumas usus dan menghilangkan dahaga
6. Meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah untuk pria
7. Memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat dan meningkatkan kemampuan mental serta ketajaman daya ingat untuk lansia.


Demikianlah informasi terkait Rahasia Buah Semangka Bagi Kesehatan Anda, semoga informasi yang saya jelaskan memberi manfaat bersama bagi kita semua. Terima Kasih ^-^


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. tapi kalau kebanyakan makan buah semangka bisa bikin diare mas :D

    ReplyDelete
  2. wah selain enak dari buah semangka juga dapat menyehatkan juga
    salam kenal iya.. :)

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved