Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Copy Paste yang Mendapat Label Toleransi


Halo,..apa kabar teman-teman semua, semoga sehat ya!, maaf ni ya kalau sedikit lama postingnya dan sedikit sombong untuk blogwalking, mengapa sih! hal itu karena ada kesibukan dalam mengurusi blog-blog baru saya.

Copas/Copaser adalah urutan pertama yang sama-sama kita setujui untuk dibasmi bahkan kalau bisa kita mengantipasi blog-blog milik kita agar tidak tersentuh oleh mereka, namun hal itu sepertinya sulit sekali dilakukan karena begitu banyaknya para Copaser di muka bumi ini :D. Walaupun demikian tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk melindungi karya-karya kita agar tidak dicuri mereka. (Silahkan dibaca: Antisipasi Blog anda dengan Anti Copy Paste)

Namun, ternyata tidak semua Copas merupakan sebuah pelanggaran yang banyak dibenci, sebab ada beberapa hal yang bisa ditoleransi disebabkan hal hal tertentu. (Baca juga: Perlukah Memasang DMCA Protection Sebagai Anti Copy Paste)

Nah,..kali ini Terwujud.com akan membahas tentang apa saja sih kategori Copy Paste tulisan atau langkah yang tidak bisa kita hindari untuk memplagiat sesuatu di blog, inilah yang akan coba untuk saya paparkan dengan cermat dan teliti.
Terwujud.com

1. Kode-Kode
Kode merupakan bagian dari sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam sebuah blog, baik itu javascript, CSS, HTML, PHP dan kode-kode lainnya.

Memang ada kode baru yang diciptakan oleh seseorang, lalu kode tersebut dibungkus untuk menjadi sesuatu yang baru. Namun, tentunya kode ciptaan itu ditemukan dan dibuat oleh mereka yang ahli dibidang itu, nah,..bagi kita yang tidak ahlinya bahkan sulit untuk membuatnya, maka mau tidak mau kita harus mengcopy kode-kode tersebut.

Seandainya kita ingin merubah kodenya, tentu hasilnya akan berantakan, seperti kode JQuery yang hampir seluruh kodenya sama dan sulit untuk dimodifikasi, bahkan membuatnya dengan kode yang baru pun harus yang benar-benar ahli dibidang itu.

Jadi, menurut saya hal ini akan termaafkan dan dapat ditoleransi jika kita melakukan plagiat dan menempatkannya di tulisan kita dengan tujuan untuk memberi informasi tertentu kepada pengunjung, Bagaimana benarkan?


2. Kutipan/Pendapat
Dalam dunia pendidikan, kutipan atau pendapat tertentu dari seseorang yang ingin dikutip dengan tujuan sebagai penguat sesuatu, maka pendapat tersebut tidak boleh ditambah dan dikurangi.

Namun, ketika ingin menyalinnya dan mengutipnya, ada satu syarat yang tidak boleh dihilangkan yaitu nama, atau waktu, atau tempat atau apapun yang menjelaskan keterangan terkait kutipan tersebut yang harus dipaparkan juga. Contohnya seperti:

"Menurut Ibrahim Lubis dalam Blognya Terwujud.com, beliau mengatakan bahwa: bla,..bla,..bla,...".

Nah, bagaimana jika hal itu berhubungan dengan blog? Menurut saya kutipan itu bisa kita Copas ke blog kita dengan syarat mencantumkan nama dan alamat linknya secara langsung. Seperti Contoh:

"Menjadi Nomor satu itu mudah, dikutip dari Ibrahim lubis melalui www.terwujud.com (link blognya sebaiknya di arahkan secara langsung ketika di klik)".


3. Sesuatu yang tidak bisa Berubah
Untuk yang ketiga ini termasuk tulisan, gambar dan hal yang tidak mungkin untuk merubahnya. Sebab jika itu kita lakukan, maka bisa saja kita mendapat peringatan bahkan dapat melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Menurut saya, kita tidak bisa merubah hal itu karena pembuatannya yang sudah baku dan tidak mungkin dirubah lagi. Contohnya adalah:
  • Lirik Lagu
  • Gambar seseorang (hal ini bukan mengambil gambar, tetapi merubah bentuk gambar yang sifatnya baku seperti wajah seseorang dan lainnya, contoh judul : Biografi Ibrahim Lubis, maka jangan dirubah ya muka saya, nanti saya marah heehee)
  • Syair-Syair
  • Dan lain-lain yang senada dengan itu

Mungkin ini saja informasi tentang Copy Paste yang Mendapat Label Toleransi, saya akan terus mengembangkan apa saja kegiatan plagiat yang kita lakukan dengan presentase besar untuk ditoleransi oleh umum dan banyak pendapat. Jika ada kesalahan dalam informasi ini, mohon kiranya saya diberi kritik yang membangun.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

pada intinya kalau fakta memang ga boleh dirubah ya mas dan langsung dicopas aja :)

Balas

sip ane stuju semua point2 diatas pak ...hehehe ,

Balas

biasanya sih para copaser asal copas aja tanpa liat-liat kanan kiri hehehe :D

Balas

yaa kalau copas harusnya selalu mencantumkan sumbernya.. mungkin itu akan lebih baik...

Balas

Sumbernya tetep dimasukin Bang, kalok aku sih gitu.. Biar menghargai aja.. Apalagi kode-kode kan ngga gampang bikinnya..

Balas

sepakat dengan artikelnya nih mas

Balas

ngikut kang sebagai pendatang baru saya setuju tentang masalah kopy paste diatas...
sumber dan nama pembuat hendaknya di cantumin lebih menghargai hasil orang lain.

Balas

paling kesel sih kalau ada blog yang copas secara otomatis, pengen nya tak tonjok itu orang hehehe soalnya bikin artikel nya susah, eh dia enak banget tinggal duduk manis dan ngopi dan artikel di blog nya terbit sendiri otomatis :)

Balas

Sebel juga gan kalo blog ada yang kopas, kadang artikel review atau tutorial sering dikopas

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis