Terwujud

Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Tepat dan Efektif



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Tepat dan Efektif~Manajemen kerja merupakan langkah yang umum dilakukan, salah satunya adalah melakukan penilaian kerja atau tinjauan kerja dan bisa juga disebut evaluasi kerja. Kinerja merupakan hal utama yang diperhatikan perusahaan atau apapun bentuk badan/lembaga tersebut terhadap para karyawan/staff mereka, sebab tanpa kinerja yang bagus tentu akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas perusahan/lembaga atau apapun itu.

Penilaian kinerja karyawan/staf tertentu berfungsi untuk menghindari kesalahan dan dampak negatif yang bisa saja terjadi jika tidak dimanajemen dengan optimal, maka dari itu evaluasi kinerja merupakan bagian khusus dan utama yang dicantumkan pada peraturan setiap perusahaan, lembaga, institusi atau badan usaha lainnya. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal).

Kinerja-Karyawan

Untuk melakukan sebuah penilaian, selain membutuhkan syarat dan ketentuan, anda ditugaskan untuk mengetahui dan memahami strategi, metode atau langkah-langkahnya, dan langkah tersebut dapat dilihat dari rincian di bawah ini.

1. Membuat Bahan Data yang Akurat
Anda harus mempunyai, memiliki dan menyusun data-data yang berkaitan dengan laporan kinerja para karyawan/staff atau pegawai. Data yang bisa anda jadikan panduan seperti catatan, laporan, hasil tes/bimbingan dan yang terkait dengan itu.

2. Merumuskan Sistem penilaian
Data-data yang anda dapatkan menjadi acuan untuk merumuskan nilai-nilai. Nilai yang anda rumuskan menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa kinerja karyawan anda, apakah bisa dipertahankan atau sama sekali harus dikeluarkan.

3. Membuat hasil nilai menjadi Laporan
Kegiatan selanjutnya adalah membuat laporan khusus yang bisa anda tujukan kepada atasan anda yang berwenang untuk memutuskan atau menentukan penilaian kinerja dari laporan kinerja karyawan yang sudah anda buat. Hal ini bertujuan untuk mengambil langkah utama apakah ada pergantian karyawan atau perubahan sistem kerja yang bisa memicu dan membuat para karywan meningkatkan kinerja mereka dalam bekerja.

4. Rapat Tertentu
Pertemuan langsung, khusus dan bersama bisa anda lakukan sesuai dengan kepentingan yang ingin dibahas, hal ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi terkait dengan kinerja para karyawan yang bisa anda diskusikan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

5. Buatlah tim Pemantau
Anda bisa membuat sebuah observasi yang dilakukan bawahan anda atau karyawan lain untuk meninjau kinerja karyawan yang sedang ditinjau, hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman dan tuduhan tertentu terkait keputusan yang akan anda ambil nantinya.

6. Membuat keputusan
Setelah langkah-langkahnya telah selesai atau sudah bisa diakumulasikan menjadi sebuah keputusan berdasarkan nilai kinerja yang sudah dirumuskan, maka buatlah keputusan, apakah keputusan tersebut harus memberhentikan karyawan, memberi peringatan, atau mempertahankannya.

Membuat keputusan juga harus diiringi dengan alasan yang tepat dan akurat, hal ini untuk menghindari kecemburuan, sakit hati atau apapun itu yang bisa menimbulkan dampat negatif terhadap karyawan yang sedang dinilai kinerjanya.

7. Mempertahankan atau Membuat Strategi Baru
Setelah mengetahui kinerja para karyawan anda, baik secara keseluruhan atau secara individual, maka lakukanlah sebuah perubahan dan planing tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja karyawan anda. Berikan mereka penjelasan dan petunjuk tertentu dengan jelas dan mudah dipahami.

^^Demikianlah informasi tentang Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Tepat dan Efektif, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi anda yang ditugaskan untuk menilai kinerja karyawan-karyawan anda.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 7 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. bisa juga si pak dikolaborasikan, ya mudah-mudahan artikelnya bermanfaat ya :D

    ReplyDelete
  2. penilaian yang baik tentu harus memperhatiakn hal-hal yang telah disepakati dan ketentuan yang telah di sepakati bersama, apalagi menyangkut penilaian kinerja tentu pihak yang berkopeten harus memiliki integritas yang tinggi padapenilaiannya..namanya juga penilaian tentu menyangkut dengan priuk nasi seseorang baik langsung maupun tidak langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi penilaian kepada bawahan jangan sampai menimbulkan dendam ya mas, bisa buahayaaaa :D

      Delete
  3. mungkin penilaian akan lebih efektif juga jika yg menilai benar-benar objektif ya mas ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beanr sekali mas, terima kasih atas tanggapannya

      Delete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved