Terwujud

Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal~Pekerjaan merupakan aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, sejak duhulu hingga saat ini, manusia akan terus beraktivitas guna menyambung sisi kehidupan mereka. Kesibukan terkadang membuat sebagian orang tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya, hal itu disebabkan beberapa faktor seperti waktu yang sedikit, kelelahan, kesehatan, keuangan dan hal-hal yang lainnya.

Baca juga: Bisnis Modal Kecil Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Meningkatkan produktivitas atau memanajemen waktu kerja merupakan langkah utama yang harus ditempuh, sebab dengan melakukan hal itu, anda akan tahu bagaimana cara melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dan optimal. Maka dari itu, anda bisa mencoba cara yang akan saya sampaikan terkait dengan Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal.

Produktivitas-Pekerjaan-Karyawan

1. Planing Kerja
Buatlah struktur/manajemen pekerjaan yang ingin anda lakukan. Anda bisa merencanakannya dan membuat sebuat acuan berupa catatan harian, mingguan dan bulanan terkait dengan pekerjaan apa yang ingin anda lakukan.

2. Manajemen Waktu
Anda telah membuat planing/perencanaan pekerjaan anda, setelah itu perkirakan waktu yang harus anda laksanakan. Buatlah sebuah target waktu untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Hal ini bertujuan agar anda tidak bersantai-santai ketika melakukan pekerjaan tersebut.

Dengan memanajemen waktu dengan optimal, maka anda akan diarahkan menjadi karyawan atau pekerja yang menghargai waktu dan tidak akan menganggap ringan waktu tersebut, seperti pepatah mengatakan "Time Is Money".
Misalnya: Ketika anda bekerja dan harus menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 2 jam, maka ambil target untuk menyelesaikannya dalam waktu 1,7 jam dengan metode tertentu untuk menyelesaikan tugas anda dengan cepat. Sedangkan sisa waktu dari 2 jam tersebut bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak.
3. Manajemen Jenis Pekerjaan Anda
Terkadang para karyawan sering mengalami stres karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Maka dari itu, perlu manajemen khusus agar pekerjaan tersebut tidak terlalu banyak dan terus menumpuk. Adapun caranya adalah:
a. Menyusun dan memisahkan
Susunlah jenis pekerjaan yang sama, kemudian pisahkan tugas-tugas yang tidak sama kemudian satukan dengan yang sama. Hal ini bertujuan agar memudahkan anda untuk menyelesaikan pekerjaan mana yang harus didahulukan.

b. Yang penting yang mana?
Dahulukan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang utama. Misalnya saja anda harus menyelesaikan sebuah laporan, dan laporan tersebut harus diserahkan pada waktu pertama (misalnya jam 1), maka selesaikanlah laporan tersebut terlebih dahulu, jangan menyelesaikan pekerjaan lainnya sementara waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya masih lama.
4. Refreshing
Refreshing bertujuan untuk memulihkan stamina ketika stamina tersebut mulai mengalami kelelahan, sebab jika anda tetap memaksakan hal itu, maka akan berdampak negatif pada fisik dan pikiran anda. Anda bisa melakukannya dengan beristirahat sejenak, atau melakukan hal-hal yang tidak dilarang dalam pekerjaan anda yang bisa membuat anda Fresh dan siap kembali bekerja dengan stamina yang optimal.

5. Tinjauan Ulang
Meninjau ulang pekerjaan merupakan hal penting yang bisa anda terapkan, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui mana saja pekerjaan yang harus diperbaiki karena kesalahan-kesalahan dan mana saja pekerjaan yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan.

Selain itu, anda bisa mengetahui apa saja pekerjaan yang terselesaikan sesuai dengan planing dan target yang anda tentukan, jika demikian tentu anda tinggal melanjutkan strategi yang sudah anda buat tersebut. Sedangkan target pekerjaan yang belum berhasil bisa menjadi tolak ukur anda untuk mengetahui apa saja kendala dan penyebabnya, setelah itu lakukan perbaikan yang signifikan.

^^Membuat pekerjaan optimal dan menyenangkan memerlukan kedisiplinan dan strategi tertentu, hal ini bertujuan agar pekerjaan anda tidak sia-sia dan selesai dalam waktu yang tepat sesuai dengan target. Semoga sajian di atas mampu Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal, jika ada cara lain yang bisa anda terapkan, maka lakukanlah hal tersebut.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 9 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Jangan lupa kalau lagi kerja, facebooknya dimatikan juga.

    ReplyDelete
  2. kalo saya sihh kalo sudah lelah kerja suka main games atau bloggeran kang agar kondisi pikiran saya jadi fresh lagi kerennn nihhhh tips nya sangat bermanfaatt :)

    ReplyDelete
  3. mantab bos tipsnya... bermanfaat sekali buat ane yang lagi meningkatkan Produktivitas Pekerjaan

    ReplyDelete
  4. Saya setuju banget nih dengan tips nya pak, secara produktivitas kerja adalah yang paling utama dalam lingkungan pekerjaan.

    Siap laksanakan pak, trims atas tips bermanfaatnya

    ReplyDelete
  5. Manajemen waktu. biar tertarget yah, Mas. tidak terbuang sia-sia.

    ReplyDelete
  6. menyimak dan membaca ya mas hehehe

    ReplyDelete
  7. Sipsip.. Biar makin semangat kerjanya :D

    ReplyDelete
  8. yang jarang saya lakukan selama ini meninjau ulang usaha saya bang. kayaknya itu yang saya lewatkan, tapi itu sebanarnya penting dilakukan untuk melihat sampai dimana kemajuan atau kemunduran usaha kita, makanya rasa jalan ditempat aja selama ini. ok bang makasih sudah mengingatkan melalui tulisan ini. salam sahabat blogger

    ReplyDelete
  9. ini sangat membantu kalau seseorang ingin sukses dalam pekerjaannya terimkasih share luar biasa ini pak

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved