Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Perbedaan Pendapat tentang Manfaat DMCA dan Widgetnya


Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang Perlukah Memasang DMCA Protection Sebagai Anti Copy Paste, nah kal ini Terwujud.com mencoba mengutarakan Perbedaan Pendapat tentang Manfaat DMCA dan Widgetnya.

Sebagaimana yang sudah diketahui secara umum bahwa DMCA merupakan fasilitas yang disediakan untuk mengetahui sekaligus menghukum para copaser yang telah melakukan kegiatan COPAS blog orang lain tanpa ada ijin dari sumber aslinya.
DMCA
Namun, ternyata dibalik manfaatnya terdapat beberapa perbedaan dikalangan blogger, dan perbedaan pendapat tersebut saya peroleh dari sebuah Forum kumpulan komunitas blogger di indonesia yaitu Idblogschool (Baca: Ada Masalah Seputar Blogging ! Tanyakan Saja di Idblogschool), apa saja perbedaannya? berikut penjelasannya.
@Luthfionline.web.id
Beliau mengatakan jika blogger senior sendiri tidak menggunakan widget DMCA, mereka hanya menggunakan halaman TOS dan jika terjadi pelanggaran, tinggal melaporkannya ke google DMCA.

@syafii
Menurut mas syafii bahwa DMCA merupakan fasilitas yang bisa dijadikan bahan pertimbagan Google.

@kangjum.com
Kang jum mengatakan kalau DMCA berkaitan dengan hak cipta dan blog tersebut sering digunakan untuk blog dengan tema wallpaper

@PanduanIM.com
Menurut beliau DMCA disimpulkan jika ada yang Copas artikel kita, maka kita bisa menuntutnya dengan sanksi banned atau penghapusan blog. Jika widget dipasang di blog, maka secara otomatis DMCA akan membantu/memantau aktivitas blog anda, dan akan ada pemberitahuan dan penghapusan jika ada yang mengcopas blog anda.

Kesimpulan dari 4 pendapat di atas
Menurut saya penggunaan DMCA sebagai pelindung blog dari para Copaser tergantung pada pemilik blognya sendiri. Jika pemilik blog merasa kalau artikelnya benar-benar harus dilindungi, maka sebaiknya menggunakan fasilitas DMCA, sebab sebagaimana badan hukum, maka DMCA merupakan lembaga hukum yang bisa kita manfaatkan untuk memberi sanksi bagi pelanggar atau para Copaser yang seenaknya saja mengambil karya orang lain tanpa ada ijin.
Lalu, Apa pendapat teman-teman?

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Pendapat saya?
Kalau ketemu blog yang mentah-mentah menyalin tulisan saya, antara mengikhlaskannya atau melaporkannya ke google.

Balas

DMCA itu diperlukan banget buat blogger yang artikelnya asli semua alias tidak copas :)

Balas

Kalau nda salah DMC juga ada register alamat blog kita ya. Semacam Blog Submition juga gitu ya

Balas

Bermanfaat niih..
makasih..

Balas

memang aman pake dmca supaya ga di copas
acemaxs31.com

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis