Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Apakah Blog Anda dan Artikelnya Sudah SEO Saat ini?


Anda seorang blogger? Tentu sudah kenal dengan istilah SEO. Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimalkan blog berserta seluruh artikelnya agar mudah, cepat dan tetap terindeks mesin pencari.

Lalu Apa sih tujuan SEO?
Bagi anda yang sudah berkecimpung di dunia SEO, tentu sudah tahu apa tujuannya. Akan tetapi, adakalanya bagi mereka yang tidak terlalu memikirkan SEO, secara tidak langsung mereka juga tidak tahu apa maksud dan tujuan SEO tersebut.

Melalui pemahaman yang sederhana, SEO bertujuan untuk mengoptimalkan atau memaksimalkan kinerja blog dan seluruh isinya agar cepat, mudah dan selalu mendapat perhatian mesin pencari. Muaranya tentu agar blog dan artikelnya mendapat bangku peringkat di urutan teratas. (Jangan lewatkan: Cara Optimasi SEO On Page Blog Terbaru)
Blog,SEO,artikel,content,tipsblogging
Apa sih Muara SEO untuk Blog?
Saya ibaratkan anda seorang pedagang dan sedang berdagang, lalu apa yang anda inginkan? tentu agar dagangan anda laris manis, setelah itu apa lagi? kalau dagangan laris manis, maka penghasilan akan banyak dan keuntugan besar, Setelah itu? kalau anda untung banyak, tentu anda akan kaya dan menjadi pengusaha sukses kedepannya, Kemudian? ya!, kalau sudah sukses, hidup anda bahagia, anda bisa beli mobil, rumah, tanah atau setidaknya makan tidak akan tercekik. Siapapun dan apapun jenis pekerjaannya, tentu muaranya mengarah pada penghasilan dan kesuksesan agar hidup bahagia dan masa depan cerah.

Begitu juga dengan muara SEO sebuah blog. Mengoptimalkan dan memaksimalkan kerja blog bertujuan agar mesin pencari ramah, tamah dan sayang dengan blog tersebut. Tujuan tersebut agar blog bersama artikelnya mendapatkan peringkat terbaik serta mendapat virus-virus trafik yang selalu naik dan terus meningkat. Maka, dapat disimpulkan bahwa muara SEO untuk blog adalah PENGUNJUNG. (Baca: Rayulah Pengunjung Dengan Judul yang Unik)

Kenapa harus Pengunjung?
Jelas dong muara SEO itu pengunjung, bukannya trafik ya? Trafik ibarat sebuah pohon yang berbuah lebat, apa gunanya pohon tanpa buah, kalau itu terjadi, maka umur pohon tidak akan lama, sebab pohon tersebut akan segera ditebang dan diambil batangnya (itupun kalau berguna).

Nah, SEO yang dioptimalkan bertujuan agar blog cepat dan mudah terindeks oleh mesin pencari, kemudian diharapkan menduduki peringkat teratas, hal itu bertujuan agar pengunjung mudah menemukan blog, dan sudah menjadi tradisi jika pengunjung selalu mengunjungi blog yang berada di urutas teratas.

Semakin dinamis pengunjung anda (semakin bertambah), maka semakin baik pula kualitas blog anda, semakin berkualitas blog anda, maka trafik blog akan banjir, jika blog sudah banjir, maka pengunjung pun semakin padat, kalau pengunjung sudah padat ngantri di blog, pundi-pundi rupiah pun akan mengalir deras ke kantong anda, dan jika sudah demikian, masa depan akan cerah dan anda pun telah sukses sebagai blogger. (Silahkan membaca: Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung)

Kalau saya tidak mementingkan SEO, kenapa rupanya?
Tidak ada kewajiban bagi anda untuk SEO, sebab strategi SEO bertujuan untuk mempermudah search engine merayapi blog anda. Banyak juga blogger sukses yang tidak perlu dengan SEO, yang mereka lakukan hanya menulis dan menyajikan tulisan yang informatif.

Nah! kan saya tadi telah mengatakan kalau tujuan SEO muaranya mengarah pada Pengunjung, jadi walaupun anda tidak menggunakan ilmu SEO untuk mengoptimalkan blog, jika konten berkualitas dan memang diminati pengunjung, so,...that is good without SEO. (Baca yang ini: SEO On Page Lebih Ampuh Memaksimalkan Trafik Blog)

Jadi, Bagaimana agar blog saya dan artikelnya SEO?
Perlu dipahami bahwa SEO itu adalah strategi, metode atau taktik untuk memaksimalkan kerja blog supaya mudah dijaring mesin pencari. Jika demikian, anda harus menerapkan dua strategi, sebab blog itu ibarat tubuh manusia, ada jasmani (SEO on Page) dan ada rohani (SEO off Page).

A. SEO on Page
SEO on Page adalah cara untuk memaksimalkan kinerja blog yang berasal dari dalam blog itu sendiri, hal ini bisa dilakukan dengan:
  • Memaksimalkan kerja Meta tag (keyword dan deskripsi)
  • Memaksimalkan fungsi judul (h1, h2, h3, h4, h5 dst..)
  • Memaksimalkan Navigasi (supaya mudah bagi search engine dan pengguna menemukan identitas blog)
  • Meringkan Loading blog (Biar ndak ditinggal pengunjung, karena blog berat banget)
  • Mengatur urutan keberadaan keyword di setiap tulisan
  • Strategis menentukan Link/tautan yang mengarah pada konten blog anda yang lain.
  • Memilih template blog yang sudah di atur secara SEO friendly
B. SEO off Page
SEO off Page adalah strategi yang memaksimalkan kerja blog yang berasal dari luar blog, dan itu terlihat dari:
  • Mencari backlink berkualitas yang mengarah ke blog anda
  • Blogwalking (berenang sekalian mendapat kunjungan)
  • Share ke Media Sosial, web direktori, situs bookmark dll (Popularitas gratis)
  • Promosi (Premium Advertise)
^^Terlepas dari polemik di atas, hal yang patut di utama-kan adalah konten, "because content is the King", akan tetapi tidak ada salahnya jika konten blog dibungkus dengan tatanan dan struktur yang bagus dan menarik guna mengoptimalkan kinerjanya di hadapan pengunjung dan mesin pencari, dan inilah ranah SEO tersebut. Semoga bermanfaat, terima kasih!

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

37 komentar

Konten memang utama om, alau blog kita kontennya bagus pasti banyak penunjung yang ngeshare jadi menjaring trafik juga. SEO hanya penunjang saja

Balas

Rasa-rasanya blog saya sudah SEO optimization, pak Ibrahim...hehehe. Hanya saja persaingan antar blog yang begitu ketat untuk menduduki halaman pertama atau kedua, pak...

Balas

Parameter untuk mengetahui sebuah blog sudah SEO friendly atau belum gimana ya, Om? Kalo chkme.com itu valid ga sih?

Setuju, konten blog adalah raja.

Balas

Intinya memang konten ya pak, seberapapun bagusnya tampilan kalai kontennya tidak bermanfaat dan tidak dibaca orang akan sia2 juga....kalau blog saya udah SEO belum ya Pak Ibra?

Salam

Balas

Dalam SEO yang malas dan kayaknya sulit dilakukan adalah mencari baklink pak, saya juga kadang malas, hehehehehe

Balas

Aku kurang mengerti tentang ini kak, ijin nyimak aja ya ?


Admin : www.sagitasoft.com

Balas

kurang tau nih mas, apa blog dan artikel saya udah seo apa belum. sepertinya saya udah agak bosen dengerin para master ngomongin seo, tapi gk bosen juga main ke sini. hehee

Balas

wah makasih ilmunya Mas. Nanti dicoba diterapkan.. :D

Balas

Kalau aku si gak peduli mau SEO apa gak artikelnya , yang penting pengunjung datang ke blog kita dari SE ,itu saja mas?

Balas

tipsnya komplit padat, puas bacanya,....

Balas

masih tahap belajar untuk optimasi blog mas, jadi blog dan artikel saya masih belum seo...
saya coba terapkan seo on/offpage mas, terimakasih banyak...

Balas

Saya sedang mengusahakannya pak, agar bisa bersaing dengan konten lain yang serupa, sebab selain daripada masuk di halaman pertama penting juga kualitas konten. Kalau enak dibaca pasti pengunjung jadi ketagihan bacanya deh, saya yakin itu.

Makasih pak cara-caranya udah saya terapkan tinggal optimasi tahap lanjut.

Balas

mantep mas,,, tapi saya masih belum begitu paham optimasi tentang seo

Balas

kalau blog saya udah menerapkan SEO mas.dengan berusaha melakukan SEO onpage dan SEO offpage.

walau belum maksimal.tp lumayanlah visitor perharinya udah standart dan stabil

Balas

saya juga sering menggunakan situs itu mas, ya setidaknya sebagai acuan, dan alhamdulillah blog saya mendapat 100 skor SEO nya, :D

Balas

iya ya kang, kadang ribet juga kalau sekedar ngurusin SEO melulu, terima kasih atas sarannya :D

Balas

kontent berkualitas, original dan informatif akan lebih maksimal jika dibungkus dengan SEO yang kang :D

Balas

riset kata kunci juga perlu dilakukan ya kang agar artikel kita lebih seo friendly lagi hehhe, untuk seo onpage sama seo offpage alhamdllah sudah saya lakukan, tinggal menunggu hasil yang diharapkan saja, hehhehe

Balas

Saya sudah menerapkan semua tapi kok selalu kalah ya kalau ikut kontes. hehe =(

Balas

Kalau urusan seo saya masih kurang mengerti teknik-tekniknya, masih belajar mencoba untuk menerapkan optimasi seo.

Balas

Kalo saya suka pakai dobel Tag...seperti menambahkan kata kunci di dalam posting... itu sebenarnya berpengaruh atau tidak dengan Seo mas...Atau hanya menjauhkan Artikel dari pandangan Search engine..

Balas

saya baru belajar pak, belum paham sepenuhnya apa itu SEO, SEO on Page, Seo off Page nggak ngerti

Balas

artikel yang original no copy paste itu juga termasuk seo ya mas ibrahim..

Balas

setuju sekali mas...terutama pernyataan tidak ada keharusan untuk mempelajari seo, namun itu sangat penting dan erat kaitannya untuk modal dalam blogger dalam dunia blogging. tinggal kepada blogger itu sendiri mau belajar atau gak mau ambil pusing dengan semua tetek benget seo...resikonya...tidak dapat menempati posisi yang bagus dalam SERPs. makasih infonya gan dan salam sahabat blogger.

Balas

Buat blogger pemula seperti saya, informasinya sangat bermanfaat, terima kasih :)
oh iya, visit back ya, terima kasih :)

Balas

Kalo saya ga terlalu mikirin SEO mas, biarin blog saya berjalan sendiri hehe :p

Balas

iya ya mas, dari pada berpunsing-pusing ria, mending fokus ama konten nya ya :D

Balas

Untuk saat ini, seo on page blog sya hanya bawaan template saja, selain itu artikel yang sarat keyword. Kalau soal meta tag rasanya masih biasa saja sih, karena blog baru dirombak total....sedangkan seo off page hanya dari blogwalking, belum sampai promosi.

Untuk itu saya mau bertanya kepada Pak Ibra ni, Promosi yang baik itu seperti apa dan melalui media apa aja pak ya? Mohon ulasan lengkapnya, terima kasih

Balas

SEO memang sangat diperlukan bagi artikel dan blog ya mas.. asyik banget ya jika kita menguasai dan jago dalam ilmu seo.. karena akan sangat berguna sekali dalam mengoptimalkan blog kita,, dan juga akan sangat bermanfaat sekali jika kita bagikan ilmu tersebut kepada publik,, seperti mas ini :)

Balas

baru belajar ngeblog, nggak tau apa itu SEO?

Balas

penting mana seo sama menarik gan?

Balas

kalau saya bagi dua kang, SEO untuk abadi, non SEO sementara saja. Soalnya kalau SEO pasti bertahan lama di SERP google. seetuju gak kang,.

Balas

Kok bisa ya seo 100%? Punya saya,seiring berjalan waktu malah makin turun

Balas

Daripada kita yang ngejar google, lebih baik google yang ngejar blog kita..

Balas

ane ngeblog hanya berbagi saja, ada yang baca syukur gak ada ane share ke g+ haaaaa

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis