Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Perbedaan dan Persamaan SEO Blogger dan Wordpress


Walaupun baru 7 hari utak-atik platform wordpress, sedikit saya akan mengulas dan menyimpulkan tentang Perbedaan dan Persamaan SEO Blogger dan Wordpress. Perbedaan dan persamaannya jika diteliti secara esensial (hakikatnya), maka tujuan dan sistemnya sebenarnya sama, hanya saja cara dan strateginya yang berbeda. Lalu, apa saja perbedaan dan persamaannya? berikut penjelasan sederhananya:
SEO,Blogger,Wordprees,Platform

Perbedaan SEO Blogger dan Wordpress
Esensial SEO blogger dan wordpress ditandai dengan penanaman meta tag pada bagian Heading template atau tema blognya, dan ini biasanya terproses secara manual dan otomatis. Lalu, dimana letak perbedaan dari kedua platform ini?

A. Blogger
Blogger merupakan platform yang simple, terdiri dari basic HTMl, Javascript dan CSS, sementara untuk script PHP, blogger enggan untuk memasukkan dalam ranah sistemnya.

Selain itu, platform blogger didesain dengan tatanan yang simple dan mudah bagi pemula yang ingin bergelut di dunia blogging, walaupun demikian, struktur blogger tidak bisa kita anggap enteng, sebab terbukti platform ini juga masuk dalam ranah kelas dunia dan SEO yang optimal.

Selain itu, cara manual juga menjadi ketetapan yang tidak bisa dielakkan ketika ingin melakukan editing pada templatenya, apakah itu dari dari sisi SEO Meta Tag, Related Post, atau yang lainnya yang terhubung langsung pada bagian dalam blog (Edit HTML).

1. Kelebihan Blogger
Blogger cocok sekali bagi saya dan teman-teman yang mau belajar HTML, selain itu dasar-dasar tutorialnya mudah dipahami, simple dan ringan loadingnya. Sedangkan untuk edit HTML secara manual juga bisa dipelajari mudah, kita bisa melakukan editing tanpa harus memilih kode-kode terpisah seperti Wordpress.

Kelebihan yang lain adalah dari sistem keamanan, mengapa demikian? hal itu dikarenakan hosting yang selalu menjadi incaran para Hacker langsung dibawah pengawasan Google. Hal ini berarti jika anda menerapkan sistem keamanan yang sudah dianjurkan Google, maka jangan khawatir kalau blog anda akan dihack, sebab mereka harus menerobos sistem keamanan yang dijaga langsung oleh Google security.

2. Kekurangan dan kelemahan Blogger
Kelemahan mencolok yang terlihat dari platform blogger terdapat pada sistem dan struktur kodenya, dapat disimpulkan bahwa salah satu kelemahan blogger terlihat dari kode yang tidak mendukung script PHP, plugin, tidak bisa upload MP3 dan lain-lain.

Selain itu, akses untuk memiliki Selft Hosting tidak diberikan oleh pihak Google, hal ini berarti kita tetap dibawah pengawasan mutlak dari Google, maka dari itu banyak blogger yang migrasi ke Wordpress dengan alasan salah satunya agar blog tidak dibanned.

B. Wordpress
Wordpress adalah jenis platform unggulan yang banyak digunakan, hampir semua sistem ada di dalam wordpress, dan hampir semua pengguna cocok menggunakan platform ini seperti blog personal, Website, untuk bisnis, toko online dan lain sebagainya.

Sistem dan struktur di dalamnya bisa saya katakan sangat maksimal, hal itu ditandai dengan dukungan HTML, PHP, Javascript, Plugin, SSL, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk membuat sesuatu dalam pengelolaan blog seperti SEO, Related post, widget, dan lainnya bisa dibuat hanya dengan menggunakan fitur plugin atau aplikasi yang bisa setiap saat kita install dengan pilihan yang bervariasi.

1. Kelebihan Wordpress
Kelebihan yang begitu mencolok terlihat dari plugin-pluginnya, tugas anda hanya instal saja, tidak seperti blogger yang harus dilakukan secara manual. Jika anda ahli dalam bidang PHP, anda tidak perlu melakukan instalasi Plugin, anda bisa menerapkannya secara manual juga, hmmm kalau saya mumet mas!.

Kebebasan mutlak anda pegang secara penuh, berapapun artikel yang mau anda publish, gambar yang mau anda upload, File (Mp3, Mp4 dll) yang dimasukkan, wesss monggo mas!, yang penting space dan bandwithnya cukup.

2. Kekurangan dan kelemahan Wordpress
Bagi pemula, tentu menjajaki platform wordpress sangat memusingkan, sama seperti saya yang baru saja mencobanya. Sedangkan untuk Edit HTML, kita juga harus dipusingkan dengan kode dan script yang terpisah, beda dengan blogger yang bisa terlihat secara menyeluruh. Namun, jika anda penasaran dan ingin tahu, tidak ada salahnya mencoba. Coba deh baca artikel tentang Akar Dulu Baru Rotan~Uji Coba Self Hosting Pinjaman.

Selain itu, dari sisi keamanan bisa saya katakan bahwa pengguna platform ini harus ekstra hati-hati, banyak para hacker yang mencoba untuk meng-hack blog/website dengan berbagai cara seperti melalui kode yang disusupkan melalui Plugin, Aplikasi, Sistem security yang masih dasar dan lain sebagainya.

Maka dari itu, bagi anda pengguna Wordpress memang dianjurkan untuk membangun blog dengan sistem keamanan yang kokoh, anda bisa melakukannya dengan Update Wordpress secara rutin, menggunakan plugin security yang direkomondasikan dan hal-hal lain yang terkait dengan keamanan blog anda.
Kesimpulan:
Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan Blogger dan Wordpress, tapi saya hanya menjelaskannya secara sederhana dan umum saja, jika ada lagi pendapat tentang itu, silahkan berikan pendapat teman-teman.

Esensial SEO Blogger dan Wordpress
Secara hakikat, SEO Blogger dan Wordpress tidak berbeda, inti dan tujuannya sama yaitu agar mudah terindeks mesin pencari.

Perbedaan yang sangat mendasar hanya pada sistem kode dan caranya. Kalau blogger harus dilakukan secara manual, sedangkan wordpress bisa anda buat hanya dengan menginstall plugin (rekomondasi pluggin SEO: WordPress SEO by Yoast).

Dengan menginstall Plugin SEO untuk wordprees, maka anda tidak akan dipusingkan membuat tag kategori, deskripsi, keyword, sosial media dll secara manual, sebab itu akan teraplikasikan secara otomatis.

Tanpa SEO di wordpress dan Blogger
Bukan masalah besar yang mesti ditakutkan jika blog anda tidak menggunakan Meta tag SEO, sebab mesin pencari sudah canggih. Sistem search engine saat ini sudah secara otomatis mampu menganalisis setiap meta tag deskripsi, keyword dan lainnya walaupun di blog anda tidak menggunakan scriptnya. Jadi, jangan terlalu ribet dalam masalah itu, sebab blog ini pun ndak saya pasang meta tag SEO nya.

Akan tetapi, bagi anda yang mau uji coba, silahkan membuatnya. Tujuan dasarnya hanya untuk mempermudah, ingat! untuk mempermudah mesin pencari dalam merayapi blog anda.

^^Semoga sajian ini bermanfaat, saya sadar masih terdapat kekurangan dari penjelasan tentang Perbedaan dan Persamaan SEO Blogger dan Wordpress ini, maka dari itu silahkan berikan tanggapan, saran dan kritik yang membangun untuk blog ini. Terima Kasih!.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

karena saya pribadi belum pernah menggeluti blogger mas, jadi saya tidak bisa membedakan secara detail dengan keduanya. walaupun dulu sempat juga punya blog di blogspot, namun tidak sampai sejauh oprek koding ...

Balas

kalau di pikir2 si lebih baik menggunakan wordpress ya Pak Ibra, soalnya kecil kemungkinan di banned oleh google. Tapi untuk menjadi publisher, masih terbuka peluang ga ni pak?

Balas

kang Ibrahim saya mau bertanya ? enak pake blog apa WP ya ? terus lebih tahan lama mana apa yg pake blogspot atau wodpress ? hehehe, mhn pencerahannya

Balas

Ternyata perbedaan blogger dan wordpress hanya terletak pada tingkat kesulitan dan kemudahan dalam htmlnya ya mas, jujur saya pun belum pernah mencoba memakai wordpress di karenakan memang belum paham, mungkin suatu saat akan mencobanya, dan sekarang saya cuma mau fokus dulu untuk blog saya dan jika semua percobaan yang sudah saya lakukan berhasil maka baru berani ke wordpress, makasih banyak sharingnya mas

Balas

KAPAN2 SAYA DI BIMBING KE WORDPRESS YA PAK, HEHEHEHE, MAKLUM MASIH NEWBI

Balas

WP spertinya lebih mudah untuk dioptimasi SEO, secara banyak pluginnya, sedangkan blogger apa adanya hehee :p saya sndiri msih nyaman pake blogger mas, lebih simpel :)

Balas

jadi tau perbedaan Blogger dan Wordpress
intinya kalau kita pake blogger kita tidak punya hak sepenuhnya seperti wordpress

Balas

Intinya menggunakan WP itu ibarat di rumah sendiri mas, tetapi sama dengan Ngontrak rumah, semakin besar isinya, semakin banyak pengunjungnya dan semakin banyak file-file di dalamnya, maka semakin banyak pula uang yang harus mas keluarkan.

Maka dari itu, akan sia-sia kalau mau terjun ke WP tanpa tujuan yang jelas, tapi kalau sekedar buat coba-coba aja, itu ndak masalah mas, mas bisa gunakan cara saya atau sewa hosting yang murah aja dulu

Balas

Publisher apa ni mas, kalau adsense tergantung ada ndak akunnya :D, katanya untuk Adsense bagus tu, tapi saya belum coba.

Namun, kalau menurut saya itu sama aja mas, yang penting trafik :D

Balas

Coba aja mas, mumpung ada yang kasih hosting gratis, saya aja coba-coba tanpa ada yang membimbing :D

Balas

Sebenarnya esensinya sama mas antara blogger dan wordpress, hanya saja plugin wordpress sudah dibungkus dengan sempurna, dan kita ndak perlu repot repot membuat script, css, atau apalah itu secara manual seperti di blogger

Balas

Blog WP saya gunakan untuk mendulang uang sedangkan blogspot saya gunakan untuk blog pribadi ,otoritas dan blog ringan.

Balas

baru belajar saya memilih blogger, nanti kalau udah pinter insyaallah akan beralih wordpress beli domain dan sewa hosting

Balas

iya mas yang penting trafik murni mas baru bisa beli mobil,,, hehehe

Balas

saya masih bingung dengan wp mas,,, jadinya untuk terjun kesana masih saya pikir2 secara mentah2,,, eh matang2 maksudnya

Balas

setuju kang,, tapi sayangnya saya masih belum paham wp,,, bagi tipsnya dunk,,, hehe

Balas

Selama ini saya terlena nongkrong di blogger sampai sampai tidak tahu kalo ada sesuatu yang sangat menarik diluar sana :)

Balas

pernah mengunakan wordpress, cuma perasaan lebih nyaman blogger, jadi ya sekarang keasyikan di blogger

lengkap bang penjelasannya, sekranga pilihan kepada selera masing2

Balas

jd ga masalah ya, pusing soalnya :D

Balas

ternyata perbedaan dan persamaannya cukup mencolok ya mas.. tapi saya belum pernah ngegunain WP..

Balas

masing-masing punya kelebihan dan kekurangan...tinggal kita menyesuaikan untuk keperluan apa dan suka dengan yang mana...dulu juga pernah main wordpress dan lumayan pusing dibuatnya...akhirnya ngerti juga dikit-dikit. yang jelas tampilan wordpress lebih menarik dan banyak fiturnya, sehingga penerapan seonya juga lebih optimal...ok makasih mas infonya...masih bertahan dengan blogspot. heeee

Balas

oh kalau gtu tentunya blog/web tsb harus sudah bener2 berpenghasilan juga ya mas :D . oke trim atas pencerahannya

Balas

Dari segi penempatan coding; blogger cukup satu file coding di dalam templatenya sedangkan wordpress terbagi menjadi beberapa file dan tetap satu sama lain filenya terhubung. Perbedaan dan persamaan mesti ada, kembali pada kita sendiri mau pake yang mana dan tetap apa yang ditampilkandari keduanya akan sama. Kita ingin memberikan informasi yang bermanfaat buat orang lain.

Makasih gan atas penjelasannya.

Balas

Ngomong-ngomong gak dikasih tahu sekalian situs yang dijadikan ujicoba menggunakan wordpress.org nih hehehe

Balas

Mantap kang ibrahim belajar otodidak memang sangat bagus,nantinya kang ibrahim ngerti sendiri seluk beluk wordpress. Lumayan pusing dan membingungkan, saya sendiri sudah lama mengenal wordpress dan blogspot. sama mempunyai kelemahan dan kekurangan sendiri kang.

Balas

buat pemula lebih baik pake blogger atau wordpress ya?

Balas

tapi kalau gak pake trik black hat seo apa ada kemungkinan di banned google om? (untuk blogger)

Balas

Kelihatannya untuk pelayanan dan kelengkapan kebutuhan suatu situs, wordpress masih lebih unggul ya mas daripada blogger, ditambah lagi di wp kita bisa self host sendiri, beda kalau kita menggunakan blogger yang hanya menyediakan custom domain saja.

Selebihnya memang benar apa yang Mas Ibrahim sebutkan diatas bahwa bloger sangat cocok buat kita-kita yang ingin belajar untuk membuat blog, pengenalan HTML, CSS, dan script. Oiya maaf beberapa hari ini belum bisa berkunjung dan berkomentar di terwujud.com ini mas, soalnya saya masih agak sibuk di pekerjaan saya. :D

Balas

iya mas, untuk blogger saya merasakan kurangnya plugin yang menarik...tapi memang merasa lebih nyaman dan lebih enjoy

Balas

Sebagai pengguna setia blogger, saya merasakan bahwa blogger lebih user friendly daripada wordpress... Makanya dari 2008 sampai sekarang kalau mau bikin blog, saya selalu menggunakan blogger :D

Balas

saya telah memberikan blognya mas, coba baca artikel tentang Akar Dulu Baru Rotan~Uji Coba Self Hosting Pinjaman, disitu ada saya cantumkan, dan mungkin bulan 3 nanti, saya baru membuat blog WP yang memang berbayar, sebab blog itu masih pake hosting gratis dari penyedia hoting hostinger mas :D

Balas

Sepertinya ngaak mas, sebab saya sudah 3 tahun, Alhamdulillah aman tu, dan semoga tetap aman ya :D

Balas

Kalau menurut saya nih pak. memang wordpress banyak diisukan system security tidak bagus. tapi ini berkenaan dengan hosting yang dipakai bukan mesin wordpressnya. sehingga banyak rekan2 imer yang mengambil hosting luar negeri seperti hosting buaya atau host biru, karena tingkat securitynya yang begitu apik seperti anti serangan DDOS.

Balas

yang bikin ribet di blogspot itu gak support php...
kalau wordpress self host harus update terus pluginnya.. biasanya keamanan wordpress udah cukup oke, tapi plugin itu yang buat kan perorangan, rentannya di situ

Balas

Dari awal udah pakai blogspot. Pernah cobapakai wordpress, tapi pusing. Hehe. Tutorialnya ga sebanyak blogspot. Ya sudah, keterusan sampai sekarang.

Balas

Terima kasih... saya gak begitu paham apa itu SEo-SEO an, hehe...
ngblog ya asal ngblog aja awalnya, lama-lama blogging bikin ketagihan ternyata, hehe... apalagi moment blogwalingannya seperti sekarang ini, nambah teman, nambah pengetahuan juga dari informas-informasi yang dishare teman-teman, dan sepertinya udah mulai harus memahami apa dan bagaimana SEO, sangat bermanfaat mas... nuhuun :)

Balas

Yang ngga enaknya sih sistem komentar di blogger.. :(

Balas

Hallo pak
Wow, ini pake blogspot ya.
Saya kira WordPress.
Saya pake dua²nya, tergantung mood lg ingin posting di wp atau blogspot.
Salam kenal pak

Balas

Kalo masalah seo wp, aku masih nggak ngerti.. mungkin karena belum pernah pake wp mas. hehe..

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis