Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Cobalah Konsep Diskusi ketika Sobat Membuat Artikel


Banyak sekali yang harus dipikirkan ketika artikel siap untuk dipublish, mulai dari Blogwalking, Share, mendapat trafik, nomor satu di Google dan lain sebagainya, hal ini adalah upaya-upaya yang wajar dilakukan seorang blogger khususnya seperti saya secara pribadi.

Namun, tidak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya untuk membuat sebuah konsep yang bisa dipastikan menarik jika hal ini dilakukan, apa itu? Konsep Diskusi.
Diskusi,Artikel,blogging
Konsep diskusi tentu akan sangat berbeda realisasinya dengan apa yang kita lakukan secara nyata, sebab jika konsep ini dipraktekkan pada blog, tentu ada beberapa cara dan makna yang harus diketahui lebih dahulu.

Setelah saya analisis baik dari sisi pengertian diskusi, makna dan tujuannya, maka bisa saya simpulkan bahwa Konsep Diskusi ketika Membuat Artikel adalah:

1. Membuat judul yang Tepat dengan sistem bertanya
Nah, judul yang tepat yang diramu dengan konsep diskusi bisa dibuat dengan memberikan gambaran jelas tentang judul tersebut. misalnya:
Dua judul diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun mungkin sobat sepakat jika judul nomor 2 lebih menarik untuk dibaca dan didiskusikan lebih lanjut.

2. Bahasa sederhana plus bumbu komedi
Terus terang hanya beberapa persen saja artikel-artikel yang saya buat di blog ini mempunyai unsur komedi, padahal secara tidak sadar saya sangat menikmati postingan mbak Beby (diarynyabeby.blogspot.com) ketika membaca artikelnya. Setelah saya pikirkan, apa yang membuat saya betah membaca blog beliau, jawabannya adalah unsur komedi alias kocak alias lucu (Ponat saya hilang sebentar bro).

3. Melibatkan Teman Blogger
Inilah yang bisa saya katakan kalau selama ini saya Egois, why? ketika menulis artikel, saya sangat jarang melibatkan teman-teman blogger sebagai referensi atau pendukung dari artikel yang saya tulis, padahal dengan adanya nama mereka, hal itu akan memperkuat kualitas artikel yang saya tulis bagi pembaca. Konsep ini mengambil dari tata cara penulisan Ilmiah, misalnya:
Judul: Cara membuat Blog
Konten: Membuat blog sebenarnya mudah bagi kita, hal itu karena telah banyak yang memberikan tutorialnya seperti tutorial di blognya mas Adhy, Mas Sugeng, Mbak Indri....dst
Melibatkan teman blogger bertujuan agar artikel yang kita publish nantinya semakin kuat dengan referensi-referensi dari mereka yang sudah pernah membahas sebelumnya, sebab dengan begitu, bisa saya katakan kalau apa yang kita tulis bukan berdasarkan kehendak semata tanpa ada sumber-sumber yang memperkuat penjelasan artikel yang ditulis.

4. Penggunaan Kalimat yang sederhana
Ternyata, ada beberapa artikel saya yang menggunakan kata dan kalimat yang mengandung makna ilmiah seperti globalisasi, signifikan, eksistensi dan lain sebagainya. Mungkin sebagian pembaca paham akan hal itu, namun bagaimana dengan mereka yang masih awam.

Maka dari itu, saya berkesimpulan bahwa penggunaan kalimat yang sederhana tapi mudah dipahami akan lebih baik ketimbang kalimat yang keren (nuansa ilmiah atau bahasa fikinisasi) namun tidak bisa dipahami semua pembaca.

5. Berbicara
Saya pernah membaca sebuah artikel yang isinya hampir membuat saya seolah-olah berdialong dengan penulisnya secara langsung, dan kalimat yang saya ingat seperti ini:
Hai sobat, apa kabarnya. Oya kali ini, odoy akan memberikan penjelasan yang ndak terlalu penting lho, tapi sayang kali sobat jika tidak membacanya. Mau tahu kan pastinya, coba deh dilihat pada paragraf selanjutnya, terkejut bukan !
Walaupun terdengar sedikit lebay, setidaknya saya sudah terpancing selama 20 detik untuk mengetahui paragraf selanjutnya, dan inilah yang membuat saya terinspirasi untuk menulis gaya bahasa seperti itu pada artikel saya selanjutnya.

^^So, 5 poin diatas akan saya terapkan, mungkin teman-teman semua bisa mencobanya. Semoga dengan setiap perubahan dan strategi yang terus kita kembangkan demi kemajuan blog, akan menjadi teori yang bisa kita share pada teman-teman yang lainnya #Konsep Sedekah. Good Luck !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Memang benar kelima poin di atas terkadang tidak terfikirkan oleh kita saat membuat artikel mas. Izin ikut nerapin ya mas :)

Balas

mantap nih mas, boleh juga tipsnya saya coba deh :)

Balas

Wah, mantab pak Ibrahim, Sepertinya konsep diskusi ini membuat artikel jadi terkesan akrab dengan pengunjung. Terima kasih inspirasinya...

Balas

Iya mas, sama-sama kita prakttekan ni biar blog sukses :D

Balas

iya pak, terima kasih atas dukungannya ya pak :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis