Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Doa dan Amalan Agar Mudah Melunasi Hutang Keliling Pinggang


Bagaimanapun keadaan kita, selama hidup di dunia ini tentu yang namanya masalah tidak akan pernah luput. Namun, itu kembali kepada diri kita sendiri, bagaiaman cara kita menyikapinya. Jika sikap itu mengarah pada hal yang negatif dengan berkeluh kesar, putus asa, stress maka masalah yang ada akan semakin parah. Akan tetapi, jika disikapi dengan positif, maka masalah yang kita hadapi akan terasa ringan, sebab yang namanya masalah harus dihadapi, bukan ditakuti.
Doa dan Amalan
Kendati demikian, ketika masalah itu datang pada kita, maka bukan semata-mata Allah swt sebagai Tuhan Maha Pencipta hanya tinggal diam, sebab sumber dari segala solusi dari masalah yang kita hadapi akan selesai jika Allah menghendakinya. Maka dari itu, yakinkan diri dan selalu lah meminta kepadaNya agar masalah yang kita hadapai kungjung selesai berkat bantuan dari Allah swt. Hal itu sebagaimana yang difirmakan Allah subhanahu wa ta`ala:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

Kewajiban Membayar Hutang
Dalam agama Islam, hutang merupakan kewajiban yang harus ditunaikan, sebab jika hutang tidak terbayar hingga ajal menjelang, maka kewajiban juga tetap ada yang akan dilimpahkan kepada ahli waris. Namun, jika hutang tersebut juga tidak terbayar dan yang memberikan hutang tidak meng-Ikhlaskan-nya, maka hutang tersebut akan tetap ditagih di Akhirat nanti dan pastinya itu akan menjadi penghambat ketika anda akan menuju proses ke Surga. Jadi, agar hal itu tidak terjadi hendaknya segera untuk melunasi segala hutang-piutang anda.

Doa Agar Hutang Cepat Terbayar
Tidak dapat dipungkiri jika terkadang ada masalah tentang hutang – piutang. Banyak sekali masalah yang sering saya dengar dan hal itu terkait dengan ekonomi, sederhananya “Ndak ada duit untuk Bayar hutang”. Siapapun dan apapun kalau sudah terlilit hutang, maka beban itu akan menjadi masalah yang luar biasa, bahkan tidak sedikit pertikaian terjadi disebabkan masalah hutang-piutang.

Nah, bagi anda yang saat ini lagi terlilit hutang dan bingung karena tidak bisa membayarnya, maka anda bisa melakukan usaha dengan berdoa kepada Allah swt. Namun, selain berdoa anda juga harus berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan hutang anda segera mungkin, akan tetapi jika keadaan yang membuat anda tidak mampu membayar hutang sementara anda sudah berusaha, maka berdoalah sebanyak-banyaknya kepada Allah swt.

1. Dalil dan Dasar Doa Pertama
Melalui Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu menyatakan: “Suatu hari Rasulullah Nabi Muhammad masuk ke dalam masjid, kemudian tiba-tiba muncul sahabat yang bernama Abu Umamah yang sedang duduk. Rasulullah bertanya kepadanya:

“ Ya Umamah, mengapa aku melihat kamu sedang duduk di luar shalat?, kemudian Umamah menjawab: Aku bingung memikirkan hutangku ya Rasulullah. Kemudian Rasulullah bertanya: Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah doa yang apabila engkau baca, maka Allah akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?, Umamah menjawab: tentu yang Rasulullah. Kemudian Rasulullah Bersabda, Jika engkau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah doa:
Doa
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia."

Umamah menyatakan setelah itu: “Setelah membaca doa tersebut, Allah subhanahu wa ta`aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayar lunas hutangku.” (Hadist Riwayat Abu Dawud 4/353).

2. Dalil dan Dasar Doa Kedua
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shalla Allahu 'alaihi wa sallam Berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, belitan hutang dan penindasan orang." (HR. Bukhari no. 6369)

3. Dalil dan Dasar Doa Ketiga
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berdoa dalam shalatnya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا، وَفِتْنَةِ المَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ المَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan hutang."

Aisyah bertanya, “Wahai Rasulullah, Anda sering sekali berlindung dari hutang.” Maka beliau menjawab, “Jika seseorang telah berhutang, maka jika berbicara niscaya ia (bisa) berkata dusta dan jika berjanji niscaya ia bisa mengingkari.” (HR. Bukhari no. 832 dan Muslim no. 589)*

^^Doa adalah senjata umat Islan sebagai dasar permintaan kita kepada Allah swt dengan segenap harapan dan kepasrahan, sepanjang kita yakin dan berusaha sekuat tenaga untuk segera melunasi hutang kita, maka Allah tidak akan tinggal diam. Kebingungan dan kegelisahan kita ketika hutang sudah menumpuk bisa teratasi dengan mengamalkan doa-doa di atas. Semoga Bermanfaat !

-------------
*Di kutip dari http://www.arrahmah.com/read/2013/01/04/25884-doa-agar-mudah-melunasi-hutang.html

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Alhamdulillah sebisa mungkin saya tidak berhutang agar tidak membebani di masa depan.

Balas

Wah baru tau saya mengenai do'a yang INI. Bermanfat tentunya.

Balas

saya ambil doa pertama ya gan. terima kasih udah berbagi. kayaknya bagus juga diamalkan untuk cepat meunasi hutang dan menghindarkan hutang lagi.

Balas

yups simpan aja kalau nanti pas punya utang dan susah bayarnya kan bisa diamalkan doa nya mas

Balas

Mau gimana susahnya juga Alhamdulillah sebisa mungkin ngindarin ngutang. Takut khilaf dan gabisa ngembaliin :')

Balas

Hutang itu walaupun dibenci, tapi tidak dilarang ya mas.. bahkan ahli fiqh sendiri memberi bab yang dikenal dengan istilah Al-Qardh.. bener ga yah..

Balas

bener sekali mbak, kayak pernah nyantri betul gak mbak. hihi

Balas

sebenarnya banyak faktor juga, termasuk mudah/gampang berhutang dengan sesuatu yang bukan kebutuhan pokok. seperti untuk pamer, gengsi, pengen dibilang waawww.dll

Balas

Benar banget Bu. Sebisa mungkin jangan berhutuang. Kecuali berhutunga dalam permainan game monooli di komputer kali yah. :D

Balas

sangat bermanfaat mas informasinya :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis