Terwujud

Sulitnya Mendapatkan Pekerjaan Yang Layak, Menjadi TKI Korea Solusinya



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya manusia harus bekerja. Rezeki tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Manusia perlu berikhtiar untuk mencari rezeki tersebut. Salah satu tindakan mencari rezeki yang benar adalah dengan cara bekerja. Karena dengan bekerja, kita akan mendapatkan upah (gaji) yang selanjutnya bisa kita gunakan untuk keperluan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, manusia juga dituntut agar mempunyai jaminan masa depan. Artinya kita harus pintar menyisihkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup disaat kita sudah tidak sanggup lagi untuk bekerja. Karena tidak selamanya kita mampu dan mempunyai peluang untuk bekerja. Contohnya karena kondisi fisik kita sudah menurun dan tidak kuat lagi untuk bekerja, perusahaan tempat kita bekerja mengalami bangkrut, dan sebagainya.
Pekerjaan
Agar semua kebutuhan tersebut bisa kita penuhi maka kita sebaiknya bekerja di perusahaan yang berpenghasilan lebih dari cukup. Artinya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan cukup juga untuk menyimpan sebagian penghasilan.

Seperti yang sudah kita tahu dan mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mengalaminya bahwa mencari pekerjaan yang layak di dalam negeri saat ini sangatlah sulit. Apalagi jika pendidikan maksimal kita hanyalah lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan umumnya lulusan Pendidikan Perguruan Tinggipun tidak ada jaminan akan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Atas dasar itu semua karena tuntutan kebutuhan hidup apalagi jika kita sudah mempunyai tanggungan keluarga, maka saat ini banyak rakyat Indonesia memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Karena mereka anggap kalau bekerja di luar negeri itu jauh lebih menjamin penghasilannya atau setidaknya mendapatkan penghasilan diatas penghasilan bekerja di Indonesia.

Sudah banyak teman-teman kita yang rela tinggalnya berjauhan dengan keluarga tercinta demi untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi. Salahsatu negara tujuan untuk bekerja di luar negeri adalah negara Korea Selatan.

Saat ini banyak yang mengincar negara Korea Selatan untuk dijadikan tempat kerjanya. Karena penghasilan bekerja di Korea Selatan itu lumayan besar. Sangat jauh dibandingkan dengan penghasilan bekerja di negara-negara lain seperti Taiwan, Hongkong, Jepang, dan Timur Tengah. Jika bekerja di Korea Selatan gaji perbulannya minimal bisa mendapatkan 20 juta rupiah.

Jumlah gaji kerja di Korea Selatan memang sangat menakjubkan. Dan juga jika kita bekerja di Korea Selatan akan mendapatkan pesangon serta gaji pensiun. Apalagi jika kita bekerja rajin lembur atau bekerja diluar jam kerja wajib maka penghasilan perbulan bisa melebihi dari 20 juta rupiah.

Proses bekerja ke Korea Selatan tidak membutuhkan keahlian khusus dan pendidikan tinggi. Lulusan SMP dan bahkan lulusan SD-pun kita bisa bekerja di Korea Selatan. Proses kerja ke Korea Selatan syarat utamanya adalah sehat dan lulus Ujian Bahasa Korea.

Program kerja ke Korea Selatan dikelola resmi atas kerjasama HRD-Korea dan BNP2TKI yang kemudian disebut dengan istilah G to G (Goverment to Goverment). Sistem ujiannya adalah Employment Permit System (EPS) Topik. Dari pintu utama test EPS-Topik maka setiap orang bisa mempunyai peluang bekerja di Korea Selatan.

Sayangnya kontrak kerja di Korea Selatan ini dibatasi hanya sampai 4 tahun 10 bulan saja. Jika sudah mencapai lama waktu tersebut, maka TKI harus pulang ke tanah air. Selanjutnya jika TKI berniat ingin kembali bekerja di Korea Selatan maka harus melalui sistem ujian khusus atau Computer Based Test (CBT). Kecuali jika selama TKI di Korea Selatan tidak pernah pindah bekerja dan sebelum pulang minta rekomendasi ke perusahaan, maka TKI bisa mengikuti Program ReEntry.

Merupakan sebuah keputusan yang bijak jika kita berniat ingin bekerja di luar negeri seperti di Korea Selatan. Sulitnya mendapatkan pekerjaan yang layak di dalam negeri maka sebaiknya kita jangan berdiam diri saja. Salam sukses.


One’s Excellent
Biodata Penulis
One's Excellent
Info Menarik Tentang Korea
Berbagi Info & Tips Trik Menarik senantiasa akan selalu menyajikan Info Seputar EPS-Topik Korea - Kesehatan - Pendidikan - Photoshop - Software - Teknologi - WordPress Terlengkap dan Gratis.

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Dunia Kerja. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 11 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Apalagi jika kita berangkat sebagai tenaga kerja terdidik dan terlatih ya Mas, pasti membuat bangga negara dan juga keluarga.

    ReplyDelete
  2. sbnrnya sih ,,, bnyk loker di dalm ngri sndri ,,, dan gk sulit banget ,,,hehe

    ReplyDelete
  3. wah, gaji nya lumayan besar ya mas di korea, tapi kalau punya ketrampilan lebih bisa2 gajinya lebih dari 20juta..

    ReplyDelete
  4. JIka dikonversi dengan rupiah akan jauh lebih besar ya gajinya....

    ReplyDelete
  5. mumpung pada demen sama korea ...
    baju korea, cowok dan cewek korea, gaya rambut korea ...
    wah ... bakalan menarik donk kalau kerja di korea :)
    katanya persaratan mudah ... yg penting lulus bahasa korea ... wkk wk
    ini mah juga sulit ... bahasa inggris aja yg masuk kurikulum sekolah juga bnyak yg gak bisa ???

    ReplyDelete
  6. Kalau memilih sih lebih baik bekerja di negara sendiri dengan gaji yang besar..hehe

    ReplyDelete
  7. setuju dengan mas fahmi ibrahim, tp di negara kita masih banyak yg blum bisa menghargai para pekerja ......

    ReplyDelete
  8. emang serba susah zaman sekarang

    ReplyDelete
  9. saya sangat ingin bekerja di korea, tapi terkendala bahasa. Adakah kursus bahasa yang bisa mengajarkan dengan sabar kepada saya?

    ReplyDelete
  10. Seperti yang diharapkan dari blog infoponsel web id ini, yaitu sangat berfaedah.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved