Terwujud

Cara Menulis Aksara Arab Melayu secara Online



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Pernahkan anda mempunyai tugas dari sekolah atau dari mana saja yang mengharuskan anda untuk menulis dalam tulisan arab atau aksara arab melayu. Namun, ada perbedaan tulisan arab dengan aksara arab melayu.

Tulisan arab merupakan tulisan yang memang berasal dari bahasa arab itu sendiri, dan untuk setiap Laptop memang sudah terinstal pad atau key yang bisa anda add secara manual atau otomatis.

Sedangkan aksara arab melayu adalah tulisan yang dirubah dari bahasa Indonesia menjadi tulisan arab, seperti saya menjadi سيا

Pada artikel kali ini saya hanya menjelaskan tentang cara online atau tool online untuk merubah bahasa Indonesia menjadi tulisan aksara arab melayu. Tool ini sangat mudah digunakan, sebab anda hanya mengetikkan sebuah nama seperti biasa dan akan secara otomatis akan berubah dalam tulisan aksara arab melayunya. Lihat contoh gambar di bawah ini:
Aksara Arab Melayu
Pada keyboard di laptop, saya ketikkan huruf Nam say yang secara otomatis menjadi نام ساي . kenapa bukan Nama Saya, kalau diketikkan seperti itu, maka hasilnya seperti ini ناما سايا.

Oleh karena itu, kita juga harus tahu bagaimana cara susunan pengetikannya. Bagaimana, mudah bukan !. Jika mau dicoba, silahkan kunjungi ke alamat http://www.lexilogos.com/keyboard/arabic.htm

Perhatikan
Untuk membuat tulisan sesuai dengan huruf atau abjad di keyboard seperti ا=A, ب=B sampai ي=Y, maka anda harus membuat Icon Languange menjadi bahasa EN (English). Lihat gambar di bawah.

Aksara Arab Melayu

Sedangkan pada huruf-huruf tertentu yang tidak ada seperti NG, G, Nya dan yang lainnya, silahkan copy huruf چ ڠ ڽ ڤ ڬـ ۏ ڬـا dan paste kan pada tempat yang diperlukan. Tekan tulisan Select atau clear untuk menormalkan tulisan jika terjadi kesalahan atau aturan tulisan yang berantakan. Untuk bahasanya sendiri, silahkan pilih Arabic pada menu Select a Language yang tertera.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 6 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. ada juga yang kayak gini. jelas membantu kalau ada tugas agama, biar nggak harus mumet nyari tulisan seperti hadits dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  2. wah informatif saya mau coba nama saya buat profil facebook

    ReplyDelete
  3. Wah ide bagus nih perlu di coba nih gan!

    ReplyDelete
  4. Coba dech government prov riau emang menerapkan setiap masyarakat nya menggunakan tulisan arab melayu, seperti di kehidupan sehari hari pasti keren.

    ReplyDelete
  5. Ada yg bisa bantu dapatkan aplikasi tulisan arabmelayu ke bahasa indonesia(

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah.. untuk urus Visa ke Saudi bisa nih.. Mantabb
    Semoga aksara arab melayu makin luas dipakai

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved