Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Demam Berdarah ~ Pengertian, Penyebab dan Gejalanya


Pengertian
Tahukah kamu apa itu demam berdarah?, demam berdarah merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus Dengue yang masuk ke dalam peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari jenis Aedes yang dikenal dengan sebutan Aedes aegypti atau Aedes albopictus.
Demam Berdarah
Penyakit ini umumnya ditemukan di daerah-daerah tropis dan suptropis yang ada diseluruh dunia, termasuklah di Negara kita ini yaitu Indonesia. Demam berdarah akan semakin pesat perkembangannya jika udara pada saat itu lembab, khususnya di saat musim hujan, maka dari itu kita dianjurkan untuk memperkuat system Imun dalam tubuh kita agar tidak mudah terinfeksi.

PENYEBAB DEMAM BERDARAH
Virus dengue merupakan penyebab terjadinya demam berdarah, virus ini dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu jenis Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus, dan Aedes aegypti merupakan vektor yang paling banyak ditemukan menyebabkan demam berdarah ini. Jenis Nyamuk ini dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut. Setelah masa inkubasi virus didalam nyamuk selama 8-10 hari, maka nyamuk yang terinfeksi dapat menyalurkan virus dengue tersebut kepada manusia sehat yang digigitnya. Selain itu nyamuk betina juga dapat menularkan virus dengue tersebut lewat telurnya.

Perlu untuk diketahui, bahwa tingkat resiko terserang penyakit demam berdarah akan meningkat pada seseorang yang memiliki antibodi terhadap virus dengue akibat infeksi pertama. Disamping itu resiko terjangkitnya penyakit demam berdarah pada wanita jauh lebih tinggi, yaitu pada seseorang yang berusia kurang dari 12 tahun dan seseorang yang berasal dari ras kaukasia.

Gejala Demam Berdarah
Virus dengue ini bisa menyebabkan beberapa jenis demam, berikut jenis-jenis demam berdarah dan gejala-gejala yang menyertainya, diantaranya yaitu :

Deman Berdarah (Klasik)
  • Pada bayi akan demam dan muncul ruam.
  • Pada usia remaja dan dewasa, gejalanya demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri dibelakang mata, nyeri pada tulang dan sendi, mual dan muntah serta muncul ruam pada kulit.
  • Terjadinya penurunan jumlah sel darah putih dan trombosit (keeping darah)
  • Pasien bisa mengalami mimisan, gusi berdarah, pendarahan saluran cerna, kencing berdarah dan pendarahan hebat pada saat menstruasi pada wanita.
Demam Berdarah (Hemoragik)
Demam berdarah ini juga menunjukkan gejala sama seperti gejala pada demam berdarah klasik. Tetapi juga ditambah 4 gejala utama yaitu, demam tinggi, pendarahan hebat, pembesaran hati dan kegagalan sistim sirkulasi darah.

Syndrom Syok Dengue
Syndrom syok dengue ini adalah tingkat terinfeksi demam berdarah paling parah. Syndrom syok ini biasanya terjadi pasien yang sudah terinfeksi untuk kedua kalinya. Pada hal ini umumnya berakibat sangat fatal yang berujung pada kematian, terutama pada anak-anak apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat. Durasi syok ini sangat cepat . Tubuh yang dingi, sulit tidur dan sakit dibagian perut adalah tanda-tanda yang umum sebelum terjadi syok. Bila hal itu terjadi pasien akan meninggal dalam kurun waktu 12-24 jam setelah syok berlangsung, dan pasien akan sembuh apabila usaha terapi untuk mengembalikan cairan tubuh dilakukan secara cepat dan tepat. Mungkin sekitar 2-3 hari pasien yang telah melewati syok ini akan sembuh, dengan ditandai pengeluaran urine yang sesuai dan kembalinya nafsu makan.

Maka dari itu, sebaiknya untuk selalu berhati-hati dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Menjaga imun tubuh merupakan langkah yang amat penting, sebab dengan begitu kita bisa terhindar dari penyakit demam berdarah. Jika anda mengalami atau anak anda sakit demam berdarah, sebaiknnya periksakan ke dokter untuk diketahui gelajala dan jenis penyakit demam berdarahnya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

Saya sudah dua kali mas kena demam berdarah, gejala yang saya alami hampir sama dengan gejala typus

Balas

jaga kebersihan lingkungan sekitar rumah akan banyak membantu jika sakit segera bawa ke dokter hehe...kayak iklan sosial aja ya mas?

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Kalau saya Pribadi Alhamdulillah belum pernah kena yang namanya Demam Berdarah, Semoga saja saya tidak akan pernah terkena yang namanya Demam Berdarah.

Balas

Terima kasih mas, artikel yang sangat bermanfaat supaya kita bisa memperhatikan gejala-gejala yang terjadi untuk pencegahan dini. Nice info.

Balas

Kudu waspada ni Mas karena masih saja ada hujan yang bikin air menggenang bisa dijadikan sarang nyamuk

Balas

Serem banget Kang gambarnya...
Tapi memang sesuai dengan kenyataannya ya...
Semoga kita semua terhindar dari penyakit demam beradah...
Salam,

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis