Terwujud

5 Rahasia Mencegah Kebotakan Rambut



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Rambut rontok yang dapat menyebabkan kebotakan telah menjadi permasalahan serius yang melanda 35 juta laki-laki dan 21 juta perempuan di Amerika Serikat, tentunya Kondisi ini berdampak buruk bagi fisik maupun emosional. Di Indonesia sendiri, rambut rontok juga masih menjadi hantu yang terus mengejar, sehingga menimbulkan rasa takut yang amat jika hal itu terjadi.
Kebotakan Rambut
Gejala Rambut Rontok
Rambut rontok dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya faktor usia, keturunan, atau penyakit tertentu. Berikut beberapa tanda-tanda rambut rontok yang harus Anda waspadai :
  • Anda sering kali menemukan helaian-helaian rambut di berbagai tempat seperti meja kerja, bantal, atau wastafel kamar mandi. Rambut mudah rontok saat disisir bahkan saat Anda hanya membelainya.
  • Ada garis kebotakan yang muncul. Bagi laki-laki umumnya berbentuk M diatas kepala. Bagi perempuan biasanya tidak ada garis tertentu namun jarak antara helai rambut semakin besar.
  • Timbulnya lingkaran kebotakan sebesar koin. Lingkaran tersebut dapat muncul di alis bahkan dagu. Anda biasanya mengalami gatal-gatal sebelum rambut di bagian tersebut rontok.
  • Masalah ketombe yang menimbulkan gatal dapat membuat kulit kepala tidak sehat sehingga menyebabkan rambut rusak dan mulai rontok.
Rahasia Mencegah Kebotakan Rambut
Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas maka segera atasi masalah rambut Anda. Rahasia untuk mencegah kerontokan rambut adalah menyadari tanda dan gelajanya dan mengambil tindakan segera. Cara ini lebih murah dibandingkan dengan harus operasi atau mengambil tindakan medis mahal lain. Berikut beberapa tips untuk mencegah kebotakan rambut Anda :

1. Pelihara Gaya Hidup Sehat
Rambut yang kuat dan sehat adalah tanda kesehatan Anda terjaga. Sehingga sangat esensial untuk melakukan diet makanan sehat dan olahraga. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan produksi kolagen yang menguatkan akar rambut. Zat besi juga berguna untuk membuat helai rambut Anda lebih kuat.

Daging merah, ikan, ayam, brokoli dan bayam adalah sumber zat besi juga. Untuk menjaga rambut agar tidak kering dan kusut Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya dengan Omega-3 seperti tuna dan kacang. Jangan lupa untuk menyeimbangkan diet kalori Anda.

2. Kurangi Stres
Menjaga gaya hidup sehat dan pikiran yang bebas stress adalah cara terbaik untuk mencegah kerontokan rambut. Ada tiga macam stres yang berimplikasi pada kerontokan :
  • Telogen effluvium dimana stress menyebabkan folikel dari rambut tidak berfungsi. 
  • Alopecia areata, saat system imun Anda menyerang folikel dari rambut. 
  • Trichotillomania yaitu penderita memiliki kebiasaan untuk mencabuti rambut saat stress ataupun berada di lingkungan yang membuatnya tidak nyaman.
Tidur yang cukup penting bagi kesehatan fisik maupun mental. Salurkan stress dan kekhawatiran berlebih dengan berolahraga. Aktivitas fisik dapat menstimulasi produksi endorphin yang membuat Anda lebih santai dan relaks. Tubuh Anda butuh waktu untuk pulih dari perubahan psikologis dampak dari stres, luangkan waktu untuk membantu tubuh Anda pulih dari stres.

3. Hindari Prosedur Perawatan Rambut yang Berbahaya
Kerontokan rambut membuat rambut Anda menjadi tipis dan rapuh. Gaya rambut yang rumit dapat mengurangi kekuatan akar rambut dan melemahkan helaian rambut Anda. Hindari gaya rambut yang terlalu ketat dan membelenggu seperti kepang atau poni. Selain itu, perawatan kimia seperti perms, pelurus rambut, minyak panas, dan segala sesuatu menggunakan besi panas harus dihindari. Blow rambut secara terus menerus dapat membuat rambut, kulit kepala kering juga merusak folikel rambut Anda. Sebagai tips, kurangi temperature pada hair dryer atau alat catok Anda agar tidak terlalu panas, dan blow rambut sebagian saja sehingga mencegah kerusakan jangka panjang.

4. Rawat Rambut Anda
Perhatikan produk yang Anda gunakan sehari-hari seperti sampo, kondisioner, gel rambut, dan lain sebagainya. Pilih sampo yang sesuai dengan tipe rambut Anda. Sulfosuccinates, sultaines, dan amphodiacetates adalah kandungan sampo yang baik bagi rambut. Hindari kandungan seperti sulfates, parabens, sulfonates. Biasakan untuk keramas setiap hari karena sampo berfungsi untuk membasuh minyak alami rambut untuk menjaganya tetap bersih dan sehat.

5. Mencari Bantuan Profesional
Tidak ada yang lebih baik dari bantuan profesional yang ahli di bidang dermatologi khususnya kerontokan rambut. Kerontokan rambut dapat menjadi salah satu tanda dari isu kesehatan yang lebih besar dan butuh diagnosa. Jika kerontokan rambut Anda terjadi di usia muda, terasa sakit, gatal, atau kerontokan rambut diiringi dengan kenaikan berat badan dan rasa lelah yang berlebih, Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Kerontokan rambut adalah kondisi yang menkhawatirkan bagi laki-laki maupun perempuan. Terbukti hasil wawancara di iprice (sebuah startup e-commerce di Asia Tenggara) menyatakan bahwa lebih dari 50% laki-laki khawatir mengalami kebotakan di usia muda. Maka, lakukan diet sehat, olahraga, tidur yang cukup, dan hin dari segala aktivitas yang dapat merusak rambut.

Punya tips lain? Silahkan tulis di kolom komentar.


Biodata Penulis
Nama: Marjorie Mae Mendoza
Website: Iprice.co.id

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Kesehatan. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 7 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Semua tips diatas tidak semua saya jalankan tapi mungkin bisa nambah seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  2. Mencegah lebih baik daripada mengobati!

    ReplyDelete
  3. Ternyata perawatan rambut seperti catok hirdyer yang biasa dilakukan cewek itu bisa jadi penyebab kebotakan rambut ya mas, saya kira itu bisa membuat rambut terlihat bagus :)

    Yang saya tahu stress yang sangat mempengaruhi kebotakan mah, terbukti para insinyur jua kbanyakannya botak, kalau tidak tengah depanya. kebanyakan mikir inovasi sperinya ya mas ? :D

    ReplyDelete
  4. Lha aku ini bagian kiri kanan kening wis tak tumbuh rambut. Memang stress mempercepat gersangnya rambut, :)

    salam
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. Itu kalau kata guru saya terjadi karena terlalu banyak mikir mas :) seperti profesor atau ilmuan gtu :) Ini perlu di rekomendasikan nih buat temen saya yang sering banyak mikir :)

    ReplyDelete
  6. Wah saya juga tiap hari juga ada aja nih rambut yang jatuh, semoga aja ngga sampe botak ya mas hehe

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved