Terwujud

Inilah Menu Lebaran yang Patut untuk Anda Coba



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Lebaran sebentar lagi,..lebaran sebentar lagi… masih ingat kan dengan lirik lagu yang satu ini. Kalau mendengar itu, teringat rasanya ketika saya masih berumur 10 tahun dimana kami sekeluarga berbondong-bondong menuju kediaman kakek dan nenek serta sanak famili dengan tujuan untuk bersilaturahim. Kalau sudah anak-anak, ada dua yang kami kejar yaitu kue atau menu lebaran serta waktu bebas untuk bermain-main.

Memang tidak pas rasanya jika berlebaran tanpa ada menu lebaran yang enak dan khas, apalagi kampung saya masih di daerah pedesaan, tentunya khas dan ragam kue sangat banyak untuk dipilih dan dinikmati.
Menu Lebaran
Tapi, ternyata ada dua menu lebaran yang masuk dalam kategori tahan lama dan cepat habis, anda mau pilih yang mana?. Kalau menu lebaran anda mau cepat habis alias laris manis, maka sajikanlah menu lebaran itu dengan kue-kue yang berasal dari bahan kacang-kacangan, sementara jika menu lebaran ingin tahan lama, sajikanlah kuenya dari bahan-bahan tepung, ngak percaya coba aja sendiri heehee.

Nah, berikut ini akan saya jelaskan Inilah Menu Lebaran yang Patut untuk Anda Coba, yukk intip menunya:

1. Lontong Sayur
Lontong sayur adalah menu lebaran yang sangat diminati banyak orang, oleh karena itu tidak sedikit orang yang sudah menyediakan menu ini untuk disantap bersama para keluarga, tetangga dan tamu-tamu lainnya. Di Medan sendiri, lontong sayur masuk dalam kategori menu lebaran yang amat popular dan favorit.

2. Sirup ditambah Es
Ini adalah menu lebaran yang khas di mana saja khususnya di kampung saya. Tidak lengkap rasanya jika sudah ada makanan tanpa ada minuman yang suguhannya terbuat dari bahan sirup dan dicampur es.

3. Makanan dari bahan Kacang-kacangan
Coba saja kalau menu lebaran anda tidak ada sajian dari bahan kacang-kacangan, hmmm pasti ada yang kecarian heehee. Menu yang satu ini memang sangat banyak peminatnya, selain gurih, kacang-kacangan sangat cocok dinikmati sambil gobrol dan bersantai. Anda bisa memilih kacang arab, kacang kulit, kacang bawang atau jenis kacang-kacangan lainnya.

4. Ketupat
Di daerah tertentu menu ketupat sangat khas untuk disajikan sebagai menu lebaran, namun ketupat tidak disajikan di hari pertama lebaran tapi bisa pada hari ke 3-7. Walaupun demikian, tetap ada saja daerah yang menyediakan ketupat sebagai makanan khas sebagai hidangan lebaran pertama.

5. Kue Putri Salju
Kue ini terbilang laris manis diburu konsumen. Bagi anda yang tidak mau repot membuatnya, sudah banyak toko yang khusus menjual kue ini. Sebagai hidangan untuk menu lebaran, kue ini tepat sekali untuk anda sajikan kepada keluarga, tetangga dan tamu anda.

6. Kolang-kaling
Apakah ada di tempat anda menu lebaran yang namanya disebut dengan kolang-kaling?, kalau dikampung saya ini adalah menu khas yang wajib ada. Kolang-kaling terbuat dari biji pohon rumbia yang diambil isinya kemudian direndam dengan gula putih dan dibiarkan beberapa hari atau minggu. Gimana?, sudah pernah coba !

7. Kue bawang
Yang terakhir adalah kue bawang. Kue bawang juga termasuk menu lebaran yang cukup banyak penggemarnya. Di tempat saya, hari raya ke 4-5 stok sudah habis dan jika ingin menyajikannya, maka kami harus membuat kembali kue bawang tersebut, tenang saja, membuatnya tidak susah kok.

Jadi, bagaimana menurut anda dengan menu lebaran di atas !, apakah ada yang sama atau banyak yang berbeda. Oya, jika ada menu lebaran yang khas di daerah anda, coba sebutkan ya….


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 3 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. saya paling suka kolang kaling itu mas maknyus deh,hehe

    ReplyDelete
  2. Lontong sayur paling suka. Apalagi tambah daging ayam yang banyak. Rasanya enak dan pengan nambah.

    ReplyDelete
  3. kalau saya ketupat tapi pakai sayur ayam dan bumbu rendang biar joss rasanya hehe :D

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved