Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Ini Cara Tepat Pilih Sepatu Olahraga !


Seberapa penting peran sepatu di kegiatan indoor maupun outdoor? Umumnya kita hanya memastikan ukuran sepatu pas dikaki tanpa menyadari peran dan pengaruh berbeda dari berbagai jenis sepatu. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan orang adalah memilih sepatu yang tidak sesuai dengan aktivitasnya. Tidak banyak yang tahu bahwa sepatu olahraga didesain khusus untuk aktivitas tertentu seperti gym, lari, jalan, atau mendaki.
Sepatu Olahraga
Mengapa kita harus memilih sepatu yang tepat saat berolahraga?
Untuk olahraga jangan remehkan pentingnya peran sepatu untuk menjaga keseimbangan, kecepatan dan performa Anda. Kaki adalah bagian vital dalam berolahraga karena kaki adalah pemijak utama ke tanah dan menghubungkan dengan tulang belakang. Menemukan sepatu yang tepat penting untuk menjaga Anda dari cidera atau ketidaknyamanan selama berolahraga.

1. Menghindari Cidera dan Rasa Tidak Nyaman
Memilih sepatu yang tepat penting untuk menghindari Anda dari cidera, didalam gym maupun saat berolahraga diluar. Dengan sepatu yang cocok Anda dapat terhindar dari keseleo, lecet, kapalan, nyeri pada mata kaki, bahkan patah tulang. Menurut Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, kesalahan memilih alas kaki beresiko atau bisa memperparah Metatasalgia, sebuah kondisi dimana nyeri antara lingkaran dan soket sendi pergelangan kaki.

2. Meningkatkan Performa
Setiap jenis sepatu dibuat berdasarkan kebutuhan penguna. The American Orthopedic dan Ankle Society menyarankan Anda untuk memakai sepatu berdasarkan jenis olahraga yang Anda lakukan, sebagai contoh jika Anda aktif bermain sepak bola maka akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan sepatu dengan gerigi di alasnya, performa pemain Volley akan lebih baik saat Ia menggunakan sepatu khusus Volley. Sepatu-sepatu ini dibuat khusus untuk meningkatkan kapasitas dan menciptakan gerakan yang sesuai dengan jenis olahraga.

Cara memilih sepatu olahraga yang tepat
Ada banyak faktor yang dipertimbangkan saat memilih sepatu. Terkadang faktor diskon, gaya atau warna sepatu. Faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah performanya. Saat memilih sepatu selalu lakukan tiga langkah ini : Pastikan kaki Anda terasa nyaman (tidak terlalu besar, kecil, tinggi, berat), tipe aktivitas olahraga yang Anda lakukan dan jenis kaki.

1. Sepatu berdasarkan tipe olahraga Anda
  • Running Shoes
Jika Anda suka berlari di treadmill, berjalan, berlari diluar rumah, sepatu ini cocok untuk Anda. Berlari, berjalan dan jogging adalah salah satu olahraga yang paling sederhana, jadi tidak ada ‘sepatu terbaik’ untuk melakukannya, namun beberapa sepatu didesain khusus untuk lari, contohnya mayoritas running shoes didesain untuk mengoptimalkan pergerakan dari tumit hingga jari kaki dan dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan performa Anda.
  • Cross training
Jika Anda suka aerobic, Crossfit, kickboxing, weight training, atau apapun yang gerakan ke samping, maka cross training adalah jenis sepatu yang tepat. Tipe sepatu ini sangat serbaguna dan tahan lama. Karena begitu banyak pergerakan lateral, sepatu ini didesain dengan sol yang lebih tebal dan lebih berat dibanding dengan running shoes. Namun, ada juga beberapa desain yang tetap dibuat ringan.
  • Strength training
Apabila Anda menyukai angkat beban, squat, bench, atau shoulder press, maka sepatu ini cocok untuk jenis aktivitas Anda. Perbedaannya ada di tumit sepatu, karena untuk angkat beban biasanya otot akan menekan kebawah. Sepatu jenis ini biasanya lebih keras, tidak memiliki bantalan, dan sedikit bantalan pada tumit, sepatu ini cenderung lebih stabil dibanding yang lain. Kesimpulannya, sepatu ini lebih ringan, mendukung pergerakan yang disertai tekanan dari atas.

2. Sepatu Berdasarkan Jenis Kaki
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih sepatu yang tepat sesuai dengan jenis kaki. Anda dapat berkonsultasi kepada podiatrist atau perhatikan bentuk sol dari sepatu sepatu yang dimiliki. Ada tiga jenis kaki :
  • Supination
Jika Anda menemukan bahwa diujung atas sol sepatu terlihat lebih usang, maka kemungkinan besar jenis kaki Anda adalah supinator. Jenis kaki ini cenderung memiliki lengkungan yang lebih tinggi dengan kaki melingkar keluar. Anda membutuhkan sepatu dengn bantalan untuk menetralisir tekanan dikaki.
  • Netral/normal
Jika Anda memiliki kaki yang netral maka keseluruhan sol akan terlihat sama usangnya. Kaki jenis ini paling optimal saat berjalan atau berlari. Untuk performa lebih baik, gunakan sepatu dengan fitur keseimbangan dan bantalan sedang.
  • Overpronator
Jika ujung dalam sepatu Anda terlihat lebih usang, kemungkinan besar jenis kaki Anda adalah overpronation. Jenis kaki ini cenderung melengkung kedalam biasanya dimiliki oleh mereka dengan telapak kaki datar. Yang Anda butuhkan adalah sepatu dengan stabilitas tinggi dan motion controlyang membantu telapak kaki lebih sejajar dengan kaki.

Dengan bantuan teknologi, Anda dapat berolahraga lebih nyaman dengan sepatu yang tepat. Tidak peduli betapa nyaman dengan sepatu yang sudah dipakai sejak jaman kuliah, atau sepatu favorit karena sesuai dengan warna kesukaan, selalu ganti sepatu secara berkala. Setelah dipakai sekian lama, sepatu bagian dalam sepatu akan menjadi usang, dan tidak lagi menopang kaki secara maksimal, hal ini dapat membahayakan lutut maupun menciderai pergelangan kaki.

Selalu ingat bahwa sepatu yang cocok untuk teman Anda, bukan berarti cocok untuk Anda. Perhatikan aktivitas olahraga yang dilakukan, sempatkan untuk meriset sepatu sebelum membeli, dan sesuaikan jenis kaki dengan fitur sepatu seperti bantalan, sol, dan fungsinya. Setelahnya Anda siap berolahraga dengan maksimal!


Biodata Penulis
Nama: Marjorie Mae
Website: Iprice 

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Sepatu Olahraga. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Yup benar sekali memilih sepatu olahraga yang tepat jelas akan meminimalisir dampak cedera yang terjadi ketika berolahraga terutama seperti olahraga joging. Jangan lupa pilih juga size yg sesuai kalau terlalu sesak juga tidak enak dipakai, karena sirkulasi udara jugaakan terhambat ketika beraktivitas menggunakan sepatu olahraga tersebut. Artikel yg bermanfaat, selamat beraktivitas mas :)

Balas

nah ini mas, saya biasanya asal pake, yang penting muat aja.
jadi perlu diperhatikan hal diatas, makasih mas

Balas

Kalau saya mah biasanya suka asal kalau memilih sepatu mah kang yang pentig pas dikaki dan nyaman gituh, tapi tips ini sangat bermanfaat sekali untuk ke depan terima kasih ya.

Balas

Belum pernah pakai sepatu roda sih, tapi pingin juga suatu saat nanti kalau ada waktu luang, makasih tipsnya

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis