Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

5 Tips Memilih Agen Properti yang Terpercaya


Bagi orang yang tidak pernah memiliki pengalaman di dalam dunia pemasaran atau marketing, pasti akan sangat kebingungan ketika hendak menjual sesuatu. Apalagi yang ingin diperjualbelikan adalah produk berharga mahal seperti apartemen.Menjual apartemen memang tidak mudah karena memerlukan strategi tertentu. Namun, Anda tidak perlu pusing atau repot-repot menawarkan apartemen jika menggunakan bantuan jasa agen properti.
Properti
Dengan menggunakan jasa agen properti, Anda tidak perlu sibuk mengurusi persoalan jual beli. Apalagi bagi orang-orang yang setiap harinya sibuk bekerja, menggunakan jasa agen merupakan salah satu solusi tepat dan cepat untuk segera memperoleh pembeli.

Tingginya harga jual apartemen memungkinkan para agen properti untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang ingin menggeluti pekerjaan sebagai agen properti, khususnya apartemen. Namun, Anda juga perlu waspada bahwa tidak semua agen properti dapat bekerja secara profesional. Banyak pihak yang memanfaatkan celah dari peluang bisnis ini untuk melakukan penipuan. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih jasa agen properti. Inilah beberapa tips agar terhindar dari penipuan:

1. Buatlah perjanjian tertulis
Perjanjian tertulis merupakan salah satu hal penting yang dapat digunakan untuk menghindari penipuan. Pastikan hak dan kewajiban Anda dan agen properti tertulis secara jelas dan detail. Jangan lupa juga untuk memasukkan poin-poin penting seperti besaran komisi agen properti dan masa berlaku perjanjian tulis tersebut.

2. Pastikan status agen properti
Dengan mengetahui status agen properti, Anda tentu akan merasa lebih tenang karena telah mempercayakan penjualan apartemen pada pihak yang tepat. Pastikan bahwa agen properti yang Anda pilih merupakan agen resmi yang memiliki track record yang baik. Cek juga apakah agen tersebut telah masuk ke dalam anggota AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Hal ini bertujuan agar Anda mudah mengontrol kinerja agen properti tersebut nantinya.

3. Cermati track record agen properti
Track record atau rekam jejak adalah riwayat perjalanan bisnis atau catatan transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya. Agen properti yang baik akan memiliki track recordyang baik pula. Selain itu, agen properti yang bagus biasanya akan jarang mendapat komplain dari klien tentang penjualan apartemen.

4. Jangan memberikan dokumen atau sertifikat asli
Meskipun Anda sudah memilih agen properti, sikap waspada tetap diperlukan. Jangan sampai terlalu percaya hingga memberikan dokumen atau sertifikat asli kepada agen properti. Jika agen properti memerlukan dokumen asli dari apartemen Anda, cukup berikan fotokopinya saja. Jagalah sertifikat asli apartemen tersebut hingga Anda menemukan pembeli yang mampu membayar harga jual apartemen tersebut.

5. Memastikan kualitas kerja agen properti
Kualitas kerja agen properti dapat dilihat dari beberapa aspek, misalnya memiliki track record yang baik, wawasan luas mengenai kondisi pasar, cara komunikasi yang baik, akses atau jaringan yang luas, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan jual beli.

Itulah beberapa tips singkat yang dapat membantu Anda dalam memilih agen properti yang profesional. Jangan lupa untuk memperhatikan harga jual apartemen dan komisi untuk agen properti. Dengan menerapkan tips-tips berikut, Anda akan terhindar dari maraknya penipuan yang dilakukan oleh agen properti. Semoga bermanfaat!


* Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab Raywhite.co.id. Terima Kasih !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Berarti emang harus cermat banget ya Bang kalau ngga bisa KACAU ntar..hiii

Balas

Apalagi bisnis properti kalau nggak hati hati rawan penipuan

Balas

harus lebih berhati hati lagi nih, jangan asal memilih. apalagi dalam hal bisnis besar besaran :)

Balas

Invest sebuah apartemen bisa sangat menguntungkan kalau bisa memilih agen properti yang bagus. Tapi masalahnya Kalo apartemen Bukan SHM ya tapi HGB, sulit dijual kembali

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis