Terwujud

Ternyata Ini Loh 4 Penyebab Nilai Selalu Jelek



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Memiliki nilai yang selalu bagus dengan prestasi yang terus meningkat tentu saja merupakan impian setiap pelajar. Namun untuk menggapai impian tersebut memang tidak mudah. Banyak faktor yang menyebabkan impian mendapatkan nilai bagus tersebut justru selalu tidak sesuai dengan kenyataannya. Sedih? Pastinya. Namun aktifitas tentu tetap harus berjalan meskipun target terkadang kali tidak tercapai.
Nilai
Ya, yang penting adalah, pahami penyebabnya lalu belajarlah dari penyebab tersebut agar bisa lebih baik nantinya. Lalu, apa saja penyebab nilai selalu jelek? Berikut jawabannya:

Tidak Menyukai dan Memahami Materi
Penyebab pertama nilai selalu jelek adalah akibat dari tidak menyukai materi yang diberikan. Ini juga akan berpengaruh pada pemahaman pada suatu subjek tertentu. Mengapa? Karena ketika tidak menyukai pelajaran, biasanya pelajar akan malas dalam berusaha memahami materi yang diajarkan.

Sering Menunda Tugas
Sering menunda tugas juga menjadi penyebab lain mengapa nilai selalu jelek. Terlepas dari tugas ada sempurna atau tidak, jika Anda berusaha mengerjakannya tepat waktu, maka guru atau dosen akan memberikan nilai plus sebagai ganjaran dari kerajinan dan tanggung jawab Anda sebagai pelajar.

Tidak Disiplin
Nilai yang jelek juga bisa diakibatkan dari ketidakdisiplinan. Biasanya guru atau dosen memiliki aturannya tersendiri, sehingga ketika Anda tidak disiplin, maka ganjarannya adalah nilai yang jelek dari guru atau dosen Anda.

Jarang Berlatih
Bisa itu karena biasa”, sering mendengar pepatah tersebut bukan? Ya, pepatah ini juga sangat pas diterapkan dalam kehidupan belajar Anda. Jika jarang berlatih, maka Anda akan selalu asing dengan materi yang Anda pelajari. Dengan demikian banyaklah belajar dan berlatih. Jangan harus selalu menunggu tugas dari guru atau dosen karena kesuksesan jelas berada ditangan Anda.

Selain 4 penyebab nilai selalu jelek diatas, penyebab lainnya juga bisa datang dari kurangnya motivasi. Kurangnya motivasi itu sendiri bisa diakibatkan oleh banyaknya masalah, atau kurangnya perhatian. Namun pahamilah, setiap manusia pada hakikinya memiliki masalah dalam hidupnya. Percayalah, prestasi bisa menjadi cara mengubah hidup Anda. Dengan demikian, perkuatlah niat Anda dan teruslah belajar.


Biodata Penulis
Nama: Tara Mulya
Instagran: Tara Mulya
Website: https://lesmatematikaakong.wordpress.com/

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Pendidikan. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 6 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. kalau dulu kebanyakan yang nilainya jelek pelajaran yang tidak disukai, karena cara pengajarannya dosen yg kurang optimal

    ReplyDelete
  2. Pengaruh dari lingkungan tempat tinggal si anak mungkin bisa juga dijadikan salah satu penyebabnya mas. Lingkungan pergaulan yang kurang kondusif seperti teman - temannya yg selalu ingin mengajak bermain mengakibatkan porsi belajar si anak menjadi bekurang. Disini peran orang tua sbg kontrol wajib diperlukan bagi si buah hati supaya prestasi atau nilai mata pelajaran si buah hati kembali meningkat :)

    ReplyDelete
  3. "Sering Menunda Tugas" ini yang terjadi sama saia mas. Tapi sekarang udah gak pernah lagi. hihi

    ReplyDelete
  4. betul sekali kang, asalkan kita selalu mengerjakan tugas dan disiplin pasti nilai lumayan lah

    ReplyDelete
  5. jarang berlatih alias males tuh penyakit para pelajar ya mas..

    ReplyDelete
  6. meremehkan pelajaran juga termasuk kan pak?
    kadang ada pelajaran yang sudah ia kuasai, ia tidak tidak lagi fokus pada pelajaran tersebut, ia meremehkan pelajaran tersebut. dan akibatnya ia akan lupa pelajaran tersebut karena terlalu meremehkan.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved