Terwujud
KomTer,Komik Online
 Bisnis

Kelebihan Genset Inverter


Genset merupakan peralatan elektronik yang dapat menghasilkan tenaga listrik dan dapat dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan peralatan-peralatan elektronik lainya. Umumnya genset dibagi menjadi beberapa genis diantaranya :
  1. Mesin Genset berdasarkan pemakaian bahan bakar (Bensin, Solar, Gas)
  2. Mesin Genset berdasarkan bentuk rumah genset (Silent, Open)
  3. Mesin Genset berdasarkan alat pengatur keluaran tegangan (Inverter dan Konvensional) 
Dari berbagai macam jenis genset tersebut akan dibahas tentang kelebihan dari genset yang memiliki alat pengatur ouput tegangan dengan metode inverter.
Genset Inverter
Pada dasarnya genset konvensional dengna genset inverter memiliki prinsip kerja yang sama, perbedaanya ada pada output daya yang dihasilkan juga harga jual genset inverter yang sedikit lebih mahal dibandingkan genset konvensional. Adapun beberapa kelebihan genset inverter diantaranya :

1. Tegangan output yang stabil
Genset inverter memang memiliki harga jual genset yang lebih mahal dibandingkan genset konvensional. Hal ini dikarenakan genset inverter menggunakan alat kontrol berupa inverter yang dapat menghilangkan distorsi harmonisa. Alat kontrol ini di beri nama PMW (Pulse Width Modulation). Sedangkan genset konvensional yang menggunakan alat pengatur daya yang disebut AVR (Auto Voltage Regulator). Tegangan output yang stabil pada genset inverter dapat menghasilkan besaran listrik stabil dengan frekuensi tegangan 50 Hz atau 60 Hz.

2. Tidak Bising
Salah satu yang membuat harga jual genset inverter mahal yaitu terdapat pada alat kontrol PMW nya tersebut yang dapat menstabilkan tegangan. Output tegangan yang stabil ini dapat meredam kebisingan suara menjadi lebih halus. Berbeda dengan genset konvensional yang biasanya memiliki redaman suara dibawah 65dB.
Genset Inverter
3. Irit Bahan Bakar
Meski harga jual genset inverter lebih mahal, namun jangan khawatir. Kosumsi bahan bakar yang dibutuhkan lebih efisien bila dibandingkan genset konvensional. Dengan demikian emisi bahan bakar yang dipakai lebih sedikit sehingga dipastikan genset inverter lebih irit bahan bakar. Genset Inverter juga tahan terhadap fluktuatif daya atau loncakan daya yang tiba - tiba naik. Hal ini membuat genset inverter lebih kuat dan tahan lama.

4. Desain rapi
Genset inverter umumnya memiliki desain yang rapi. Biasanya tampak luar dari genset inverter lebih bersih bila dibandingkan genset konvensional. Lebih ringan dan memiliki bentuk fisik yang lebih baik bila dibandingkan genset konvensional.

^^ Itulah beberapa kelebihan dari genset inverter, Harga jual genset inverter yang lebih mahal dibandingkan genset konvensional tentu sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkan. Anda bisa bebas memilih genset mana yang akan Anda beli. Tetapi jangan lupa mempertimbangkan genset inverter juga.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis