Terwujud
KomTer,Komik Online
 UsiTech

Ayo Hindari Pemicu Terjadinya Kanker Serviks Sebelum Terlambat !


Penelitian menunjukkan bahwa kanker serviks disebabkan oleh serangan virus HPV, yaitu satu golongan virus yang terdiri dari 100 jenis virus HPV lainnya. Virus HPV yang dapat menyebabkan kanker adalah HPV 16 dan HPV 18.
Kanker Serviks
Virus ini dapat menular melalui hubungan sesksual. Tapi sebenarnya ada beberapa faktor lain yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker serviks. Berikut ini adalah beberapa di antarnya.

1. Aktivitas sesksual pada usia dini
Aktivitas sesksual pada usia dini dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Hal itu dikarenakan wanita yang berusia di bawah 18 tahun masih mengalami perubahan hormon yang besar. Selama masa itu, kondisi leher rahim masih belum berkembang sempurna.

2. Sering berganti pasangan sesksual
Virus HPV dapat menular melalui hubungan sesksual. Jadi, wanita yang sering berganti pasangan sesksual berisiko terkena kanker serviks. Semakin sering berganti pasangan sesksual semakin besar pula risiko terkena kanker serviks.

3. Merokok
Asap rokok mengandung benzyrene, yaitu sejenis zat kimia yang dapat merusak sel-sel pada lapisan serviks termasuk sel Langerhans. Sel ini berfungsi melawan virus. Jika sel ini rusak, maka virus pun akan semakin mudah masuk ke leher rahim.

4. Memiiki sistem kekebalan tubuh yang lemah
Sama dengan penyakit lainnya, kanker serviks juga dapat dipicu karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah tidak mampu melawan serangan virus yang masuk sehingga virus HPV pun sangat mudah menyerang.

5. Kurang mengkonsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu, buah dan sayur juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, kurang mengkonsumsi sayur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh pun sangat rentan terserang virus.

6. Obesitas
Obesitas memang kerap mengundang penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes. Tapi tahukah Anda jika obestas juga dapat menyebabkan kanker? Hal ini terjadi karena adanya penumpukan lemak yang meningkatan jumlah hormon sesks yang memiliki kemampuan untuk memicu proliferasi sel epitel, khususnya pada rahim.

^^ Itulah beberapa pemicu terjadinya kanker serviks yang harus dihindari sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.


Biodata Penulis
Nama: Arif Gunawan
Website: Fpedia.id

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Kesehatan. Salam Hormat, Ibrahim Lubis

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Ga merokok + konsumsi buah dan sayur + olahraga teratur + jaga kemaluan = aman dari serviks

Balas

Ngeri ya kanker serviks peringatan buat yang sula seks bebas

Balas

Bermanfaat bgt nih... Makasih :)

Balas

Untung aku udah nggak ngerokok lagi. :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis