Terwujud
KomTer,Komik Online

Mau Membuat Puisi Cinta yang Indah? Ini 5 Trik yang Harus Anda Lakukan


Membuat puisi memang gampang-gampang susah. Gampang kalau cepat dapat inspirasi, susah karena terkadang inspirasi yang sudah ada bisa tiba-tiba lenyap jika tidak segera ditulis. Nah, untuk kamu yang baru mau belajar membuat puisi, khususnya puisi cinta, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan untuk menghasilkan puisi terbaikmu.
Puisi Cinta
1. Judul yang menarik
Sebagaimana jenis tulisan yang lain, judul adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan. Karena judul adalah hal pertama yang dilihat orang sebelum membaca. Jadi, menentukan judul yang menarik dan indah tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya kamu akan membuat puisi tentang patah hati. Kamu bisa menggunakan judul seperti Kesedihan Terpendam atau Air Mata Sang Terluka.

2. Konsep puisi
Menentukan konsep untuk puisi yang akan dibuat akan membantu kamu dalam menentukan ide cerita agar kamu bisa tetap fokus pada apa yang akan kamu ceritakan. Misalnya, kamu ingin membuat puisi jatuh cinta, tentu kamu harus menggunakan kata-kata yang indah. Beda halnya jika kamu membuat puisi patah hati, tentu kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang menyiratkan kesedihan.

3. Suasana yang berkesan
Puisi yang baik adalah puisi yang mampu membawa pembacanya seolah masuk ke dalam cerita. Jadi, pembaca seolah bisa merasakan apa yang terjadi di dalam puisi tersebut sehingga benar-benar terasa menyentuh. Hal inilah yang akan membuat sebuah puisi selalu dikenang. Misalnya puisi seseorang yang ditinggalkan kekasih. Maka hadirkan suasana yang mampu mengantar pembaca pada kesedihan.

4. Kata puitis
Sebuah puisi rasanya tidak akan terasa indah tanpa adanya kata-kata puitis. Puisi biasanya menggunakan kata-kata perumpamaan seperti metafora atau personifikasi yang bisa membuat pembaca jadi menafsirkan sendiri makna puisi tersebut. Untuk puisi romantis tentu metafora dan personifikasi yang digunakan adalah kata-kata romantis pula, misalnya merindukan bulan, bersatunya kalbu, bagaikan mawar merah, dan sebagainya.

5. Ikuti kata hati
Menulis puisi hendaklah harus dari hati. Karena apa yang ada di hati kadang lebih mudah tercurah. Selain itu, apa yang ditulis dengan mengikuti kata hati pasti lebih tulus. Tidak perlu terlalu peduli dengan aturan membuat puisi.

^^ Nah, itulah 5 tips untuk membuat puisi yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat.


Biodata Penulis
Nama: Arif Gunawan
Website: Fpedia.id

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Puisi. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

Membuat puisi itu gampang-gampang susah bagi saya, gampangnya karena sudah bisas buat puisi dan memiliki pengalaman di bidangnya, susahnya ga ada ide atau tdk pernah buat puisi jadi susah!

Balas

Kebetulan nih saya suka bikin puisi apalagi puisi cinta langsung praktek ah...

Balas

Hmmm menarik hati saya
Karena dirimu tahu trik membuat puisi cinta
Bagaimana kalau beradu rangkaian bait-bait berbunga
Bisa jadi ide postingan berjudul indah mempesona

Dan iya, tak usah ikuti aturan puisi
Turuti kata hati
Yang tercipta pasti indah terbukti
Berkesan ke semua yang tak suka dan yang hobi...

:)

Balas

Membuat puisi membutuhkan kemampuan khusu. Kemampuan untuk mengkonversikan rasa pada kata. Tidak semudah menulis artikel biasa.

Dengan adanya tips diatas bisa dijadikan pedoman untuk mulai belajar menulis puisi.

Balas

pengen sih nyobain bikin puisi, tapi apalah saya ini yg tidak seperti pujangga yg pandai merangkai kata2.. #eaa.. XD

Balas

Saya ga bisa bikin puisi, heuheu...

Balas

mantap betul trik yang disarang kan ya,,,,sampai sampai ada kata Ikuti kata hati, bikin puisi itu harus pintar ngarang cerita lho mas...apa lagi puisi soal cinta

Balas

Ketika hatimu berbisik
Tulislan tentang indahnya kata
Rangkumlah aksara
Biarkan jemarimu menari indah

hehe, cocok tips nya

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis