Terwujud
KomTer,Komik Online
 UsiTech

Cara Membuat Kompres Hangat atau Panas serta Manfaatnya untuk kesehatan tubuh


Apabila sakit lagi datang kepada kita, anak kita atau istri kita, maka perawatan dirumah sangat diperlukan. Menggunakan perawatan dengan kompres hangat atau panas sangatlah efektif untuk segala jenis rasa sakit atau pembengkakan.

Kehangatan dari kompres hangat atau panas bisa berpengaruh bagi tubuh, sebab mengkompres dengan menggunakan mediasi hangat/panas mampu melebarkan pembuluh darah serta memudahkan darah untuk mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh sekaligus berfungsi untuk membuang racun di dalam tubuh.
Kompres Hangat atau Panas
Selain itu, Kompres Hangat atau Panas juga membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan sirkulasi, meredakan kejang otot, membantu menyembuhkan luka dan bisa juga untuk mengobati beberapa masalah kulit dan mata. Umumnya, agar Kompres Hangat atau Panas bekerja dengan baik, dianjurkan untuk menggunakannya selama 5 hingga 15 menit setiap 2 jam sekali.

Membuat kompres memang tidaklah sulit, akan tetapi agar hasilnya maksimal, sebaiknya sobat ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Moist Compress
Cara yang pertama ini merupakan cara termudah dan tercepat, yang sobat butuhkan berupa handuk dan air hangat atau panas saja. Adapun langkah-langkahnya adalah:
  • Isi mangkuk dengan air hangat/panas
  • Masukkan kain jenis katun ke dalam air
  • Peras kain katun sampai tidak ada lagi air yang menetes
  • Lipat kain tersebut menjadi bentuk persegi panjang
  • Tempatkan kain tadi pada bagian tubuh yang ingin dikompres
2. Hand Towel Method
Untuk cara membuatnya sama dengan poin 1, hanya saja alat yang digunakan untuk mengkompres adalah handuk tangan.

A. Menggunakan kompres Panas atau hangat tanpa media air
Tidak semua mengkompres harus dengan media air, sebab ada beberapa bagian tubuh yang tidak bisa menggunakannya. Seperti mengkompres bahu, leher dan sebagainya sedikit tidak efektif jika menggunakan Kompres Air Hangat atau Panas, maka dari itu sobat bisa menggunakan NASI PANAS.
Untuk pembuatannya juga sangat mudah, sobat tinggal mengambil nasi panas atau hangat, kemudian sobat tempatkan pada kain yang sedikit tebal.

Untuk memudahkan, sobat bisa menggunakan kaos kaki yang tidak sobat gunakan lagi, penggunaan kaos kaki lebih efektif, mudah dan cepat dibandingkan dengan kain biasa.

B. Manfaat Kompres Hangat atau Panas untuk kesehatan tubuh
Setelah sobat paham tentang cara membuat Kompres Hangat atau Panas, maka akan disajikan beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, seperti:
  • Meredakan sakit dan kejang otot
  • Menghilangkan kekakuan sendi serta rasa nyeri nya
  • Meringankan konjungtivitis pada mata serta mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada mata
  • Membantu mengendalikan dan mengurangi rasa kram pada wanita saat menstruasi
  • Melonggarkan lendir kental pada sakit kepala karena penyakit sinusitis
  • Mengurangi rasa sakit dan bengkak pada gusi dengan mengompreskan pada wajah (jangan langsung pada gusi yang bengkak)
  • Menggunakan kompres hangat pada perut bagian bawah akan memperbaiki fungsi ginjal serta meningkatkan keluarnya urin dengan maksimal untuk membuang toksin-toksin yang ada pada tubuh.
C. Larangan menggunakan Kompres Hangat atau Panas pada bagian tubuh tertentu
Ternyata tidak semua tubuh mampu menerima Kompres Hangat atau Panas, hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa diantaranya adalah:
  • Tidak boleh digunakan pada kulit yang berdarah, tertusuk, pecah atau terluka
  • Tidak dibenarkan menggunakan terapi panas pada pada ibu hamil atau menderita diabetes serta sirkulasi darah rendah atau tinggi.
  • Untuk kompres mata, sebaiknya suhu panasnya di sesuaikan. Suhu optimalnya adalah 40-45 derajat celcius.
D. Perhatian
Penggunaan kompres panas atau hangat ini sebaiknya digunakan dengan menyesuaikan suhu nya. Untuk tingkat suhu nya bisa kita atur dengan menggunakan alat ukur atau bisa kita prediksikan seberapa kemampuan tubuh untuk menerima kehangatan dan panasnya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

wahhh ternyata kompres air hangat banyak juga manfaatnya yaa dan baru tauu tnyata salah satu manfaat nya adalah untuk meredakan sakit saat mens bisa saya kasi referensi nih ke gebetan wkwk

Balas

Ilmu pengetahuan semakin berkembang, jaman dulu, kita mengenal kompres dingin untuk meredakan panas, sekarang penggunaanya hanya digunakan untuk kasus trauma...berganti dengan kompres hangat...terimakasih infonya mas

Balas

Wah ternyata ada larangannya juga... Baru tahu nih...

Btw, blognya cepat banget nih...

Balas

Selama ini yang diketahui kompres untuk menurunkan suhu tubuh ternyata efektif juga untuk meredakan rasa nyeri
Boleh di coba nanti kalau tamu bulanan datang

Balas

wuih mantanp bener ulasannya sangat bermanfaat.. saya baru tau sebegitu banyak manfaatnya ya mas..

Thanks for share mas

Balas

Owh... ternyata bisa digunakan untuk permasalahan wanita juga... Gak nyangka ya... kalau kompres ini juga mampu meredakannya...

Balas

tapi untuk pengobatan pertama pada luka memar diberikan kompres air es terlebih dahulu

Balas

ketika anak kena demam, langkah pertolongan pertama yang paling efektif emang dikomprespake air suam-suam kuku gituh deh ya mang

Balas

Dulu kalau sakit panas kompres pakai asam jawa :D, wajar ga sih?

Balas

Boleh dicoba nih mas...info yang berguna sekali.....TFS mas...

Balas

makasih tipsnya nih bisa dipraktekin kalau kita sakit atau ada orang lain, bermanfaat juga ya kompres hangatnya

Balas

Saya sering melakukannya mas kalau anak saya demam saya kompres pakai air hangat

Balas

Cukup mudah dipraktekan, dan satu hal, banyak manfaatnya ya, Mas. Alhamdulilah nambah ilmu :)

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis