Terwujud

Awas, 7 Kebiasaan Buruk ini Menyebabkan Pori-pori Kulit tersumbat, nomor 3 paling bahaya !



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Pori-pori pada kulit dan kulit kepala berguna untuk membuat tubuh tetap bersih dan sehat. Pori-pori yang letaknya di atas kelenjar akan mengeluarkan minyak alami yang disebut sebum, minyak inilah yang membantu mengumpulkan dan menahan sel kulit mati. Namun, disebabkan kelenjar Sebaceous mengeluarkan sel-sel mati, seringkali menghasilkan penumpukan dan pada akhirnya akan menyumbat pori-pori. Selain itu, pori-pori juga dapat tersumbat karena kotoran, bakteri, minyak, debu dan lainnya.

Membersihkan kulit secara teratur dan tepat akan menjaga pori-pori tetap sehat dan tidak tersumbat, namun jika tidak dibersihkan secara teratur maka pori-pori akan tersumbat dan bisa berkembang menjadi jerawat, iritasi dan masalah kulit lainnya.
Kesehatan
Selain itu, faktor eksternal juga bisa mempengaruhi pori-pori tersumbat, diantaranya seperti penggunaan makeup yang tidak cocok, polusi udara, debu, perubahan hormonal dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk yang terjadi pada gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari tentunya menyumbang hampir 100% penyebab kulit menjadi rusak terutama pada pori-pori kulit, oleh sebab itulah perlu adanya perubahan pada kebiasaan hidup anda. Berikut 7 Kebiasaan Buruk ini Menyebabkan Pori-pori Kulit tersumbat, chek it out !

1. Sering Menyentuh Wajah
Apabila anda mempunyai kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan anda, maka ubahlah kebiasaan tersebut karena hal itu akan mendatangkan jerawat. Jika menyentuh wajah saat hendak mencucinya tidak menjadi masalah, namun jika sering menyentuh wajah sepanjang hari secara berulang-ulang, akan membuat kuman dan bakteri pada tangan akan berpindah pada wajah dan akan menyumbat pori-pori wajah.

Untuk menjaga hal tersebut, maka pastikan tangan anda sudah bersih dari kuman dan bakteri, sehingga ketika anda menyentuh wajah anda, maka resiko pori-pori tersumbat karena kuman dan bakteri tidak ada.

2. Berjemur dan Menggunakan Tabir Surya
Paparan sinar matahari ternyata bisa berdampak negatif pada kulit. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan membuat pori-pori menjadi lebih besar yang berpotensi masuknya debu, kuman, bakteri atau lainnya lebih mudah dan cepat.

Menghabiskan waktu liburan dengan berjemur di pantai akan sangat menyenangkan namun bisa merusak kulit. Berjemur di bawah sinar matahari sangat tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan, hal itu akan berdampak buruk pada kulit anda. Hal ini juga berlaku Jika aktivitas anda harus berhadapan dengan sinar matahari, maka lindungilah kulit anda dengan menggunakan alat pelindung seperti baju dan celana panjang, masker untuk wajah dan alat pelindung lainnya.

3. Merokok
Merokok adalah kebiasaan buruk, baik untuk perokok aktif maupun pasif, karena merupakan penyebab utama penyakit jantung dan kanker paru-paru. Pada saat yang sama, merokok juga dikaitkan dengan masalah pada kulit. Bila Anda merokok, maka sisa/residu berbahaya tertinggal di kulit. Residu kotor ini bisa menyumbat pori-pori pada kulit, menghitamkan kulit dan juga akan mengakibatkan kusam yang tidak sehat. Selain itu, Merokok secara teratur juga akan memperburuk kondisi kulit seperti psoriasis dan kulit kendor dan Berhenti adalah cara termudah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat merokok.

4. Tidur di Seprai dan Sarung bantal yang kotor
Tidur sangat penting untuk kesehatan, namun tidur di seprai dan sarung bantal yang kotor bisa mendatangkan efek negatif. Minyak, kotoran, debu dan kuman sangat mudah sekali menumpuk pada seprai dan sarung bantal, jika tidak dibersihkan maka kotoran tersebut akan kembali ke kulit kita di saat menggunakannya, hal inilah yang menjadi salah satu pemicu pori-pori kulit tersumbat. Sangat disarankan untuk mencuci seprai dan sarung bantal seminggu sekali dengan sabun cuci hypoallergenic organik.

5. Tidur dengan Makeup
Apabila sobat membiasakan diri menggunakan atau membiarkan make up saat tidur, maka hilangkanlah kebiasaan tersebut karena bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Alasan yang tepat mengapa tidak dianjurkan menggunakan atau tidak mencuci bekas make up adalah adanya zat make up yang bisa mendatangkan minyak, kotoran, bakteri dan sel kulit mati yang akan membuat pori pada kulit di wajah akan tertutup sehingga mengakibatkan wajah menjadi kusam, rusak, menimbulkan komedo dan lain sebagainya.

Tidur dengan merias wajah juga bisa mendatangkan banyak masalah seperti infeksi mata, keriput, jerawat, kulit kering, bibir pecah-pecah dan lain sebagainya. Maka dari itu, hindarilah kebiasan seperti ini.

6. Penggunaan Produk Kecantikan yang tidak sesuai dengan kulit
Dalam beberapa kasus, produk kecantikan yang tidak cocok terhadap kulit bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya penyumbatan pada pori-pori. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gunakan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit sobat.

7. Mandi yang buruk secara rutin
Apa ada mandi yang buruk?, tentu ada. Mandi air panas secara rutin atau mencuci rambut secara berlebihan bisa membuat kondisi kulit menjadi buruk, apalagi jika menggunakan produk tambahan seperti Body wash atau conditioner yang berlebihan akan menyebabkan masalah pada kulit sobat.

Untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit sobat, maka pastikan saat mencuci rambut menggunakan conditioner benar-benar bersih. Selain itu, hindari mandi dengan air panas. Mandi dengan air panas bisa membuat hilang minyak alami pada kulit sehingga berakibat pada kerusakan pada kulit, sebab minyak pada kulit berfungsi untuk melindungi kulit dari kotoran, debu dan lain sebagainya.

^^ Bagaimana, apakah kebiasaan di atas sering sobat lakukan, jika iya coba hindari hal tersebut untuk menjaga kulit sobat tetap sehat dan segar, semoga bermanfaat !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 11 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Nomor 3 paling bahaya, untungnya saya bukan perokok, hanya kadang-kadang terpapar asap dari teman perokok..

    ReplyDelete
  2. Yang susah hindari sinar matahari
    Sebab saya malu bawa payung dan ga biasa bertopi
    Apalagi sudah tengah hari
    Sinarnya nyengat jika tiba hendak pergi...

    ReplyDelete
  3. nasib baik saya tidak merokok..

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat nih, Mas, dan memang betul no 3 itu bahaya. Untuk aku buka perokok.. nice info mas..

    ReplyDelete
  5. rokok memang berbahaya ya, jangankan ketika di hisap. Di bungkus rokoknya juga di kasih tahu kalau merokok membunuhmu. Tapi, kenapa orang-orang tetap ngerokok aja..hmm..

    ReplyDelete
  6. Tak ikuti artikelnya lewat email pak. Sepertinya bukan sembarang posting semua yg disini ini. Apalagi saya baca "about" nya ternyata S2. Tambah meyakinkan. Salam kenal aja

    ReplyDelete
  7. saya tidak merokok, tapi orang disekitar saya sebagian besar merokkok, bila kebiasaan pribadi bisa dihindari, tp kebiasaan org lain yg berakibat tak baik pd kulit ini susah dihindari
    curhat deh

    ReplyDelete
  8. waduh no 3, saya masih dalam tahap mengendalikan merokok....ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kulit

    ReplyDelete
  9. untung saya bukan perokok dan keluarga saya yang laki juga pada gak merokok semua. Cuman ada satu nih, katanya kan gak boleh sering mandi pake air panas, nah saya tuh punya kebiasaan malah suka mandi dengan air dingin apalagi kalau subuh tuh. Rasanya seger banget, apa itu termasuk mandi buruk juga yah?

    ReplyDelete
  10. lah merokok dan mandi yg gk teratur itulah saya. wajah jadi kusam kalau ngerokok. untuk yang belum ngerokok lebih baik jangan coba coba

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved