Terwujud
KomTer,Komik Online
Plakat
Niagahoster

Mata berair terus?, inilah penyebab dan cara mengatasinya !



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Pertanyaan dan jawaban seputar Mata berair
Penanya: Selamat pagi dok,, saya mau bertanya kenapa mata saya selalu berair sebelah kiri? Apa penyebab nya dan bagaimana cara mengatasi nya yah?? Terimakasih.

Dokter: Halo Rizki....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kondisi yang Anda alami dengan gejala utama berupa mata yang berair dapat terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering. Mata kering inilah yang akhirnya merangsang produksi air mata secara berlebih sehingga menyebabkan mata menjadi berair. Beberapa penyebab umum yang dapat menimbulkan mata berair yaitu faktor cuaca atau lingkungan di sekitar mata ( asap, angin, sinar yang terlalu terang ), mata lelah, tersumbatnya saluran air mata, terdapatnya benda asing atau bahan kimia pada mata, Flu, alergi, radang pada kelopak mata, infeksi salah satu bagian mata, bulu mata yang tumbuh ke dalam, dll. Cobalah atasi mata berair dengan cara kompres mata dengan handuk basah hangat selama beberapa kali dalam sehari, konsumsilah obat antihistamin jika Anda menduga penyebabnya alergi, dll. Jika keluhan tidak kunjung hilang dan akhirnya keluhan disertai dengan mata memerah, sakit pada mata, pendarahan, memar di sekitar mata, dll. maka segeralah mengunjungi Dokter Spesialis Mata agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaa mata, tes darah, tes slit lamp, dll. sehingga penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami dapat diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : MATA BERAIR Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

Pertanyaan dan jawaban di atas merupakan pembicaraan yang saya kutip melalui situs alodokter.com. sebagaimana yang kita ketahui bahwa situs ini merupakan situs kesehatan yang narasumber dan admin dari situs tersebut adalah para dokter, jadi untuk itu sangat direkomondasikan jika ingin mencari info kesehatan, sebaiknya tanyakan aja kepada mereka.
Mata berair
Kembali ke Laptop
Nah, sobat pasti pernah berkedip bukan !, saat kita mengedip, maka kelenjar pada kelopak mata akan memproduksi air dalam jumlah yang sedikit dengan tujuan untuk melembabkan indera penglihatan serta untuk menyingkirkan benda-benda asing yang masuk dari luar. Menurut situs alodokter.com dijelaskan bahwa produksi air mata akan menjadi lebih banyak apabila sobat sedang menguap, tertawa terbahak-bahak, menangis dan hal ini merupakan sesuatu yang normal.

Air mata merupakan cairan yang mengandung garam, selain itu kelenjar lain yang terdapat dikelopak mata juga bisa memproduksi minyak dan zat ini yang mencegah air mata menguap begitu cepat.

Baca Juga: Mata Glaukoma (Penyebab, Gejala dan Jenis-Jenisnya)

Nah, jika mata berair ketika kelenjar memproduksi minyak dengan proses yang tidak semestinya, maka hal inilah yang bisa membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering dan kering ini juga yang merangsang produksi air mata tumpah secara berlebih yang menyebabkan mata berair.

Selain keterangan di atas, kondisi mata berair juga bisa diakibatkan oleh:
  • Mata lelah
  • Tersumbatnya saluran air mata
  • Faktor cuaca atau lingkungan sekitar mata seperti asap, cahaya yang amat terang, dll
  • Benda asing atau bahan kimia yang masuk ke mata
  • Flu dan alergi
  • Terjadi radang kelopak pada mata
  • Konjungtivitis atau suatu peradangan/ infeksi selaput transparan yang berada di permukaan dalam kelopak mata dan yang mengelilingi bola mata bagian luar
  • Infeksi salah satu bagian pada mata
  • Akibat dari efek samping obat-obatan
  • Bulu mata yang tumbuh ke dalam
  • Adanya gangguan tiroid
  • Akibat terapi radiasi
  • tumor
  • Kondisi usia yang umum terjadi pada bayi dan kalangan manula dengan usia lebih dari 60 tahun.
Terapi tradisional
Kalau tidak mengganggu sobat, maka mata berair bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika sobat merasa risih, sebaiknya lakukan terapi tradisional yang bisa sobat lakukan sebagai langkah awal.

Caranya adalah dengan:
Memijat saluran air mata tersebut dengan menggunakan jari telunjuk yang bersih. Lakukan pemijatan lembut dimulai dari sudut mata sampai ke bagian mata yang dekat dengan hidung. Pijatan ini bisa sobat lakukan secara perlahan dan bebeapa kali setiap hari selama beberapa bulan. Namun, jika terapi ini tidak berhasil, silahkan lanjutkan membaca keterangan di bawah.

Cara Mengatasi Mata Berair
Biasanya mata yang berair tidak begitu perlu membutuhkan perawatan secara intensif karena dapat membaik dengan sendirinya, akan tetapi terkadang ada kondisi dimana perlu penanganan lebih lanjut jika kondisi semakin memburuk dan membuat penderita kesusahan akibat mata berair. Jika sobat mengalami hal ini, maka ada cara/langkah awal untuk mengatasinya baik dengan cara sendiri atau memeriksakannya ke dokter mata, adapun cara tersebut yaitu:
  • Sobat bisa mengompres mata dengan handuk basah yang hangat selama beberapa kali. Cara ini bertujuan untuk mengatasi saluran air mata yang tersumbat.
  • Sobat bisa menggunakan obat tetes mata, namun obat tetes mata ini harus sesuai dengan rekomondasi dokter ya !
  • Sobat bisa cek dengan dokter mata. Biasanya dokter terlebih dahulu akan meresepkan obat antibiotic untuk mengatasi mata sobat yang berair karena adanya gejala konjungtivitis atau infeksi mata lainnya.
  • Jika akibat bulu mata yang tumbuh atau benda asing yang masuk, maka tindakan medis skala minor dapat dilakukan sebagai solusi menangatasi masalah tersebut.
  • Langkah terakhir adalah rekomondasi dari dokter untuk dilakukan operasi jika terjadi penyumbatan pada saluran air mata sobat.
Untuk mencegah terjadinya faktor-faktor yang menyebabkan mata berair dan berujung pada penderitaan yang membuat sobat gegana (gelisah dan merana), sebaiknya sobat berhati-hati serta menghindari hal-hal yang membuat mata sobat berair dengan intensitas yang tidak wajar. Semoga bermanfaat !
Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »

10 komentar

Masalah mata memang harus berhati-hati, salah penanganannya akan sangat berakibat fatal
Biasanya polusi sulit untuk dihindari
terima kasih utk sharenya

Balas

Jika lelah
Hati sedikit resah
Matakupun berbuah
Airmata Berlimpah-limpah

:)

Balas

Jangan remehkan penyakit mata. Sepele, bisa fatal akibatnya

Balas

pada intinya untuk menjaga kesehatan mata, haruslah mengonsumsi makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A.
Selain itu, kebiasaan yang sering membuat mata lelah, segera hindari seperti melihat tv terlalu lama.

Jangan main hp terlalu dekat dan terlalu lama karena bisa membuat mata terasa pedas dan panas.
Bulu mata yang bisa masuk terkadang secara tak sengaja bikin mata perih

Balas

Orang tua saya kerjanya tukang las biasanya kalo abis nglas pasti berair dan merah padahal sudah menggunakan kap las.
makasih sangat bermanfaat.

Balas

kalau saya seringnya itu mengalami mata kering, gejalanya pusing di jidat nyut-nyutan

dulu pernah periksa ke dokter mata dan dinyatakan mata saya kurang cairan akibat debu dan polusi.

oleh karena itu saya di anjurkan meneteskan mata dengan obat yang berjenis tears. setelah beraktifitas.

mungkin karena saya jarang menangis oleh sebab itu air mata saya kering..,. hiks..

Balas

Serem banget ya kang.. Kemarin banget saya kan lagi agak pusing kepala ya kang. terus ni pelipis dipakein fresh car* ya kang karena pusing.. Eh udah gtu saking lupanya mahlah kucek mata yang akhirnya mata berair dan sedikit panas dan perih, ahirnya coba deh di kompres alhamdulilah mendingan.. Makasih ulasannya kang,, lengkap sekali

Balas

Mata yang suka berair bisa terjadi karna pada saat potong potong bawang nerah mas.. Ini realitas dan wajar karna mata terkontaminasi aroma pedasnya...

Balas

saya kalau susah tidur kadang keluar air mata,

Balas

Ah bener2 harus hati2 ya, apalagi bagi saya dan temen2 blogger khususnya yang selalu terpapar sinar biru gadget, harus ekstra hati2 dalam merawat dan menjaga matanya....

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis