Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Perlukah Memasang DMCA Protection Sebagai Anti Copy Paste


Terwujud.com - Tentu anda akan emosi dan marah jika mengetahui artikel blog yang anda kelola di Copy Paste oleh orang lain apalagi copas yang dilakukan secara otomatis (auto blog). Nah,..realita ini terjadi pada sebuah blog dicintai.com milik Wahyu Eka Prasetiyarini, dari artikel yang beliau posting di blognya yang berjudul Saya Sedang Galau serta Inilah Wajah Copaser Blog Dicintai.com.

Memang kebiasaan Copy Paste tidak akan luput dalam dunia blogging, jika artikel blog yang diCopy Paste ditanamkan link yang mengarah pada sumber aslinya merupakan hal yang dapat dimaklumi, namun jika Blog anda diCopy Paste secara membabi buta atau secara otomatis bahkan hampir seluruh blog, ya,..siapa yang ngak kecewa dan marah,...(benarkan!!!)

Lalu,....Perlukah Memasang DMCA Protection Sebagai Anti Copy Paste??, untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas secara detail tentang:

Perlukah Memasang DMCA Protection Sebagai Anti Copy Paste
DMCA Protection
1. Pengertian DMCA Protection
DMCA atau Digital Millenium Copyright Act merupakan sistem yang berfungsi untuk melindungi kredebilitas sebuah blog atau website, dengan mendaftrakan blog/website ke DMCA maka otomatis konten blog tersebut akan terdaftar sebagai blog yang dilindungi dari aksi-aksi pencurian, Copy Paste dan publikasi ilegal tanpa izin pihak terkait.

2. Cara kerja DMCA Protection
Jika terdapat blog/website yang melakukan Copy Paste pada blog tertentu tanpa izin pemilik blog, maka jika pemilik blog mengadukannya sesuai dengan hukum yang sudah ditentukan, jika benar sesuai dengan aduan pemiliki blog, maka blog yang Copy Paste tersebut akan dibanned atau masuk dalam kategori hidden search blog (tidak ditampilkan dalam pencarian search engine).

3. Antara Realitas dan Realisasi perlindungan Blog/website
Nah,...bagi anda yang terganggu dan merasa dirugikan jika blog/website anda diCopy Paste oleh orang lain tanpa ada izin dari anda, maka anda dapat mengambil langkah ini yaitu dengan mendaftarkan blog anda ke DMCA Protection, namun jika anda ikhlas dan rela jika ada yang mengCopy Paste blog anda walaupun tanpa seizin dan tanpa membuat link aslinya, saran saya fokus saja pada posting blog anda.

Setelah membahas dan merenungkan paparan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan dan mendaftarkan blog kita ke DMCA Protection merupakan hal yang penting jika anda merasa dirugikan, akan tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah apakah proses pengaduan, pelaporan serta hukum dari DMCA Protection dapat terwujud dengan cepat???

Ternyata untuk membuat jera aksi Copaser blog secara ilegal itu tidak semudah yang saya kira, melaporkan jika blog kita diCopy Paste blog secara ilegal harus mengikuti beberapa proses, selain itu setelah kita melaporkannya perlu beberapa waktu peninjauan, apakah blog tersebut benar-benar melakukan copy paste atau tidak.

Selain itu, apakah dapat kita jamin bahwa blog yang kita laporkan akan dibanned ?? (mudah-mudahan benar), tapi jika ternyata blog yang kita laporkan tetap eksis dan tetap melakukan copy paste (apa jadinya!!!). Kemudian,.. iya kalau yang copy paste blog kita hanya berjumlah 10-20 an, tapi kalau sampai 50-100 blog yang copy paste dan selalu berganti, apa ngak menyita waktu tu,...!!!!.

Saya juga mengalami hal tersebut lho, begitu banyak yang mengcopy blog saya (blog saya yang lain), bahkan hampir seluruh artikel blog tersebut dicopy paste (auto blog lho,..!!). geram sih,...tapi ya !!!,...saya ikhlas saja kok, toh,..search engine kan tahu mana sumber yang asli dan palsu. Lebih baik saya fokus pada posting blog saya yang lain dari pada memikirkan para Copaser yang tidak bertanggung jawab, walaupun kita laporkan blog mereka, toh,..akan lahir copaser-copaser yang lain seperti jamur yang tumbuh, walaupun kita sumpah serapahi mereka, toh,...kuping mereka sudah kebal dari hal tersebut.

Maka dari itu saya pribadi hanya bisa pasrah dan fokus pada artikel saya yang selanjutnya guna memenuhi permintaan pengunjung dan stabilitas traffic sebuah blog. Nah,...ini saja yang dapat saya sampaikan,...pilihan ada pada anda. demikian artikel Perlukah Memasang DMCA Protection Sebagai Anti Copy Paste, bagaimana tanggapan anda?????

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

kalau menurut saya sih perlu mas untuk memasang dcma protected ini sebagai warning bahwa konten blog dilindungi hak cipta. Tapi ya nama nya copaser itu memang sulit untuk dihilangkan dan mungkin akan selalu ada di negeri tercinta ini :)

Balas

betul si mbak, namun copaser di tanah air kita ini sulit dicegah, bagaikan jamur yang tumbuh terus dan selalu berganti

Balas

artikel saya tentang permasalahan keluarga juga pernah dicopy mentah-mentah, mas. lucunya yg mengcopy justru lembaga yg menyediakan jasa konsultasi rumah tangga dan artikel saya diakui sebagai solusi dari mereka. sebenarnya saya tidak apa2 apabila artikel saya dicopy, apalagi bisa membantu orang lain, tapi yg bikin sebel itu artikel saya diakui sebagai "hasil pemikiran" mereka.

Balas

Bagus tu mas budy, ikhlaskan aja. tapi saran saya kalau yang copas itu sebuah badan lembaga, contact aja mereka, dan sampaikan keluhan mas, kemungkinan mereka akan meminta maaf, sebab saya juga pernah seperti itu

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis