Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengertian URL (Uniform Resource Locator)


A. Pengertian URL (Uniform Resource Locator)
URL merupakan serangkaian Karakter yang sangat penting kedudukannya untuk sebuah situs. Lagi-lagi URL berasal dari bahasa inggris berupa singkatan dari Uniform Resource Locator dengan singkatan URL. Secara umum URL dapat dipahami sebagai rangkaian bentuk format standar yang digunakan untuk menunjukkan sebuah alamat sumber informasi, dokumen, file, mp3, gambar dan sebagainya yang tersimpat di sebuah tempat dengan nama Weblog dengan sistem jaringan Internet.

Sedangkan secara rinci URL berarti alat atau Pathname yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di Website. Di dalam URL terdapat berbagai susunan sistematis berbagai informasi dengan nama mesin/host (seperti komputer) yang diakses dan sudah tersimpan secara otomatis. Contoh URL pada umumnya adalah: http://www.terwujud.com/, www.google.com/, http://www.wikipedia.org/ dan lain sebagainya.

URL-Terwujud.com

B. Sejarah URL (Uniform Resource Locator)
URL pertama kali muncul pada tahun 1991 yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee. Mereka menciptakan sebuah URL bertujuan untuk mempermudah penulis-penulis dokumen untuk mengunduhnya di dalam sebuah tempat yang aman dan terjaga keamanannya melalui media internet. Untuk melakukan pengiriman ini harus melalui sebuah alamat yang didominasi melalui URL dengan menggunakan sebuah kode yaitu WWW (World Wide Web)[1].

C. Unsur dan Syarat URL (Uniform Resource Locator)
URL memperlihatkan sebuah koneksi internet atau sebuah Alamat pada halaman di web (homepage) yang berarti suatu dokumen dan program akan tampil dan dapat dilihat serta digunakan.[2] Ada ketentuan dan unsur yang terdapat di dalam URL untuk menuju ke alamat yang dituju, adapun Unsur dan Syarat dari URL yaitu:
  • Adanya Protokol[3] (misalnya : http// atau https//)
  • Adanya Alamat Server[4] (www.blogger.com)
  • Adanya path File[5] (/01/2012/ibnu-sina.html)
D. Jenis dan Type URL (Uniform Resource Locator)
URL memberitahukan kepada kita bahwa untuk dapat mengenalinya tidak perlu analisa yang mendalam. Sebab dengan hanya mengetahui type dan jenis URL, kita dapat memastikan bahwa inilah ciri khas dari URL tersebut. Adapun Type dan Jenis URL yaitu:

1. Absolute URL (URL Absolut) adalah sebuah alat lengkap yang berfungsi sebagai penyerta domain pada jaringan yang tepat, direktori di dalam domain, serta file di dalam direktori.

2. Relative URL (URL Relatif) berfungsi sebagai penetu suatu alamat berdasarkan URL yang aktif.

Referensi
------------------------
[1] Darma, Jarot S., Shenia A, Buku Pintar Menguasai Internet (TP: mediakita), tt, hal416.
[2] Pendapat dari Sunarto, S.Kom, Teknologi Informasi & Komunikasi SMP IX (Jakarta: PT. Grasindo), hal 90
[3] Protokol merupakan persetujuan bersama yang telah disepakati untuk penggunaan komunikasi melalui Hypertext Transfer Protocol (ibid)
[4] Url pada alamat server menunjukkan sebuah alamat server pada sumber daya yang tersimpan.(ibid)
[5] Path file adalah lokasi dan nama sebuah dokumen atau file yang terdapt dalam sebuah server yang sudah tersimpan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis