Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Cara Sahur yang Sehat dan Benar


Terwujud.com-Sahur merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ketika hendak berpuasa di siang harinya, atau dikenal dengan sebutan makan malam sebelum puasa. Sahur adalah anjuran yang dihukumkan sunnah, namun makruh jika meninggalkannya, sebab sahur adalah kegiatan yang bersifat baik untuk fisik/tubuh seseorang. 

Sahur yang baik adalah sahur yang dilakukan pada akhir-akhir waktunya, namun perlu ada kewaspadaan untuk memperhatikan batas yang telah ditentukan, nah jika dikaitkan dengan waktu/jam, maka sahur yang baik dilakukan biasanya pada pukul 04.30-04.45 WIB atau sebelum waktu imsak tiba (peringatan bahwa waktu sahur hampir habis).

Makan sahur tidak saja bertujuan sebagai penopang bagi mereka yang berpuasa tidak cepat lapar dan haus, tapi sahur merupakan anjuran Rasulullah saw yang tentunya mempunyai hikmah dan berkah, sungguh luar biasa ketika kita berpuasa kemudian beraktivitas, bekerja dan lain sebagainya, kita masih mampu bertahan dan tidak terjadi apa-apa walaupun makan dan minum yang kita lakukan hanya sekali, inilah bukti bahwa Sahur itu mempunyai berkah dan memberikan kekuatan ekstra pada orang yang melaksanakannya dengan niat untuk berpuasa karena Allah swt.

Namun, walaupun demikian, cara makan sahur itu mempunyai aturan dan aturan ini bertujuan agar sahur itu terlaksana secara sehat dan benar. Maka dari itu akan saya jelaskan tentang Cara Sahur yang Sehat dan Benar
Sahur
1. Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Saat anda makan sahur, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan gizi. Makanan yang bergizi tinggi akan membantu daya tahan tubuh ketika sedang beraktivitas sekaligus berpuasa. Makanan bergizi terdiri dari kandungan vitamin, protein, makanan berserat, karbohidrat, sayur, buah dan susu. Bisa dikatakan bahwa untuk sahur dapat anda terapkan secara sehat dan benar jika menggunakan konsep 4 sehat 5 sempurna.

2. Air Putih
Sebelum anda makan, sebaiknya perbanyak minum air putih saat berbuka puasa, malam hari dan waktu menjelang sahur. Dengan banyak mengkonsumsi air putih disaat-saat bulan puasa akan membantu tubuh untuk tetap berstamina dan tidak kekurangan zat cairan. Kurangi kebiasaan minum air yang bersifat manis seperti teh manis, susu dan lain sebagainya, jika anda pecandu teh, susu, kopi, setidaknya anda mengurangi kadarnya menjadi lebih sedikit.

3. Sahur waktu Akhir
Sebagaimana yang saya jelaskan di atas bahwa waktu sahur yang dianjurkan adalah saat-saat terakhir, namun perlu kewaspadaan jangan sampai waktu sahurnya habis.

Ucapan Khusus kepada:
  • Mbak Ririn
  • Mbak Devy
  • Mbak Indri
  • Mbak Maryam
  • Mbak siti
  • Mbak Beby
  • Kang Ucup
  • Mas dede
  • Mas Irpan
  • Pak Uda
Dan teman-teman yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu, Saya dan sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga ibadah puasa yang kita jalankan mendapat berkah dan rahmat serta ampunan dari Allah swt, Amiiin ya rabbal `alamiiin.

Demikianlah informasi tentang Cara Sahur yang Sehat dan Benar, semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya Ibrahim Lubis dan keluarga mengucapkan "Mohon maaf atas kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja, semoga bulan ramadhan kali ini menjadi bulan terbaik dari bulan ramadhan sebelumnya. Amiiin".

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

kalau saya sih suka minum susu pas sahur mas hehehe mantep pkoknya :D
kalau buka cocok nya es kolak atau es buah, seger banget hehehe :D

selamat menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan ya ;)

Balas

good menu mas ,namun aku sich tinggal terima menu dari istri aja mas

Balas

katanya jika inging berpuasa esok hari, sewaktu sahur usahakan minum atau makan yang manis-manis agar kuat menahan rasa lapar sewaktu puasa,makanya waktu sahur minum susu,dilanjutkan sejam kemudian makan dan minum air putih minimal 2 gelas,,
ya apa yang terhidang saja dari mama tercinta,hehe

Balas

kalau bisa mbak eka, yang namanya es dikurangi, karena tidak baik untuk kesehatan :D

Balas

betul mas, tapi kalau saya reuest dulu ama istri apa yang tepat untuk buka :D

Balas

ooo, belum ada suami ya mbka, dicari dong biar tambah seru sahurnya heehee

Balas

Point no 3 biasanya yang saya pilih :)
Kalau anak sy dihari pertama abis makan saur minum air putih terus nyusu satu botol maklum masih 3,5 taun & blom berenti susu formula :)

Balas

ooo gitu ya mbak siti, kalau anak saya belum ada tu heehe

Balas

wah, bener banget itu mas...
cuma kalau saya biasanya sahur hanya dengan kurma, karena pembakarannya lebih cepat dibandingkan makanan berat. itu lebih hemat energi lhoo

Balas

padahal es itu seger banget mas, soalnya seharian sudah kepanasan hehehe jadi tenggorokan kekeringan dan ingin yang seger-seger :D

Balas

Kalau saya kok malah sukanya sahur awal, Mas. Habis sahur, masih bisa ngemil2 sampai imsak. :D

Mas, ikut GA di blog saya dong. Ketentuannya, Blogger diminta untuk menceritakan pengalaman, opini atau memberi tips seputar "kurang update". Tidak harus menggunakan Nokia Lumia. Hanya saja, nanti pada akhir paragraf ditambah keterangan aplikasi live tiles Nokia. :)
http://idahceris.com/informasi/honestly-giveaway-jangan-kudet-dong-2/


Ikuut, ya ya ya. . .

Balas

kalau sahur ketika menjelang waktu imsak bisa tahan lama ya mas kenyangnya, akhirnya tdk sampai kelaparan selama nunggu waktu berbuka :) makasih tipsnya.

selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya mas, semoga puasa kita lancar, amin :)

Balas

kalau mbak mew, sahur makan kurma ndak kenyang jadi mesti ada nasi heehee

Balas

memang mbak eka kalau es itu seger, tapi dampak ama tubuh nanti yang ndak bagus, kalaupun mbak eka mau minum es, sebaiknya setelah shalat taraweh :D

Balas

kalau saya sahurnya tetap akhir waktu, namun sebelum itu saya dah bangun jam 3 atau 4 pagi untuk menikmati hidangan berupa susu, buah yang disediakan ama istri tercinta :D

kalau untuk masalah lomba menulis seperti yang mbak tawarkan saya belum siap ni mbak, maaf ya heee

Balas

sama-sama mbak indri, selamat menjalankan ibadah puasa juga dan mohon maaf jika terdapat kesalahan.

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis