Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami


Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami ~ Menteri Agama RI Telah mengumumkan kalau puasa di bulan ramadhan tahun 2015 ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2015 tepatnya hari Kamis. Itu berarti tinggal 1 hari lagi kita diperbolehkan makan dan minum di siang hari bagi seluruh umat Islam, jika melanggar ketentuan itu, maka siap-siap menanggung dosanya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ketika aktivitas puasa kita jalani di siang hari, maka kita tidak boleh makan dan minum sampai tiba waktu berbuka puasa (tepatnya adzan maghrib atau sesuai dengan jadwal imsyakiyah).
Berbuka Puasa
Tapi tahukah anda jika ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berbuka puasa, ingat..! jangan asal makan dan minum, sebab jika salah atau sembarangan, bukan hal yang tidak mungkin kita akan sakit atau saat hendak berpuasa ke-esokan harinya, tubuh cepat haus dan lemas. Oleh karena itu, berikut Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami Untuk Tubuh sesuai dengan Ajaran Nabi Muhammad serta Anjuran Dokter.

1. Bacalah Doa Terlebih dahulu
Nah, sebelum berbuka puasa, sebaiknya kita membaca doa terlebih dahulu. Membaca doa merupakan hal utama dalam segala hal, sebab dengan berdoa berarti kita meminta agar apa yang kita makan dan minum mendapat Ridha dari Allah swt semoga hal itu menjadi berkah dan sehat untuk kita.

2. Segera Untuk Berbuka
Sunnah hukumnya jika kita menyegerakan untuk berbuka puasa jika waktu berbuka sudah tiba. Jangan menunggu lama untuk berbuka jika sudah datang waktunya, sebab itu adalah anjuran Rasulullah saw.

3. Minum Air Putih (Hangat atau biasa)
Menjadi kebiasaan yang tidak lepas jika saat berbuka puasa selalu ada “ES” sebagai penyegar, namun tahukah anda jika ketika hendak berbuka puasa, Es merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan.

Jika ES tidak bisa anda tinggalkan, sebaiknya minumlah terlebih dahulu air putih yang hangat atau biasa, kemudian tunggulah setelah shalat maghrib, barulah anda bisa minum air atau apapun itu yang dicampur dengan ES (namun sebaiknya anda tinggalkan).

4. Konsumsi Makanan yang lembut dan manis alami
Saat hendak mengkonsumsi saat pertama kali berbuka, usahakan mengkonsumsi makanan yang lembut dan manis secara alami seperti kurma. Makanan lembut sangat baik untuk lambung ditubuh yang telah diistirahatkan 1 harian, jadi jika makanan itu termasuk makanan yang lembut, tentunya lambung di tubuh anda tidak akan terkejut. Selain itu, makanan yang manis berfungsi untuk mengembalikan kalori dalam tubuh yang banyak terkuras saat anda berpuasa. Sebaiknya, saat anda ingin berbuka, maka konsumsilah seperti:
  • Buah
  • Kurma
  • Air putih dan
  • Makanan yang mengandung serat
5. Jangan makan terlalu berlebihan
Secara tidak sadar, mungkin karena terlalu haus dan lapar, banyak dari mereka yang makan dan minum tanpa henti sehingga perut menjadi penuh. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Ketika awal berbuka puasa, isilah perut anda tidak lebih dari 1/3 air, udara dan makanan. Nah, untuk makan jenis makanan berat seperti nasi dan lainnya, sebaiknya dilakukan setelah shalat maghrib.

6. Konsumsi makanan yang mengandung Protein, Karbohidrat dan Serat
Anda harus teliti untuk memperhatikan santapan anda ketika hendak makan dan minum saat berbuka puasa dan setelahnya. Usahakan untuk memadukan 3 hal di atas. Makanan yang baik bisa anda konsumsi jika terdiri dari Protein, Karbohidrat dan Serat.

^^ Mungkin ini saja Cara Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami yang dapat saya jelaskan, semoga dengan menjalankan tips di atas, mudah-mudahan puasa kita bermanfaat baik dari hal jasmani dan rohani. Selamat berpuasa !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

hem cara diatas kudu dilakukan mulai puasa kali ini nih.soalnya kebiasaan saya ketika berbuka setelah berdoa langsung nyruput kolak mas.
makasih infonya

Balas

wah tumben saya dapet pertamax disini

Balas

makasih mas khususnya untuk point 3, pada saat berbuka puasa tidak sedikit yang mendahulukan minum es yamas, padahalkan minum air putih biasa lebih sehat dibandingkan minum es terlebih dahulu.

Balas

tumben juga saya dapet keduax

Balas

Ramadhan akan sangat berarti jika dengan niat ibadah full tanpa dicemari niat yang lain, salut untuk mereka yang masih berpuasa sambil kerja berat.

Balas

sering orang lupa berdoa saat akan berbuka puasa padahal waktu itu adalah waktu yang mustajab untuk berdoa karena luoa pikiran hanya fokus pada makanan

Balas

sering kali karena saking bernafsunya tanpa memperhatikan tata cara yang baik dalam berbuka puasa, saking semangatnya sampai kekenyangan dan bikin males sholat tarawih.. :(
semoga puasa bulan ini sudah bisa mengendalikan semuanya.. terimakasih atas tipsnya mas Ibra..

Balas

Tentunya berbuka dengan yang manis-manis untuk mengontrol gula darah ^^

Balas

saya kalau buka puasa biasanya minum hangat dulu pak, agar tubuh tidak langsung konstan kena es dan efeknya bisa menyebabkan radang, apalagi aktifitas olahraga jalan terus walaupun puasa,

Balas

wah curi start nih mas yanto

Balas

Saya paling suka sama gorengan ^_^

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis