Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

6 Tips yang benar merawat Gigi sekaligus menjaga mulut agar tetap segar


Gigi merupakan perangkat tubuh yang amat penting bagi manusia, apa jadinya jika manusia tanpa gigi?, wah, pasti tidak bisa kita bayangkan bagaimana susahnya. Selain menjadi alat pengunyah, gigi juga memberikan dampak yang penting untuk penampilan.
Gigi
Coba anda bayangkan, ketika anda tersenyum, tiba-tiba senyuman anda membuat orang terkejut karena gigi anda bolong-bolong atau ada yang ompong, sementara anda bukan kakek-kakek atau nenek-nenek. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk menjaga dan merawat gigi, selain untuk kesehatan, gigi juga bisa menambah rasa percaya diri anda yang ditinjau dari sisi penampilan. Berikut akan dijelaskan tentang 6 Tips yang benar merawat Gigi sekaligus menjaga mulut agar tetap segar.

1. Sikatlah gigi dengan benar
Tahukah anda bagaimana menyikat gigi dengan benar?. Untuk menyikat gigi yang benar, maka ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah dengan:
  • Menyikat gigi dengan tekanan yang ringan dan tidak terburu-buru
  • Arahkan sikatan anda dengan arah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Untuk gigi geraham, sebaiknya sikat permukaan kunyah dengan gerakan ke kanan dan kiri seperti gerakan melingkar.
  • Gunakan waktu menyikat gigi antara 2-3 menit.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut
  • Pilih ukuran kepala sikat gigi yang kecil
2. Hindari tusuk gigi dan gunakan Dental Floss
Hampir sebagian orang yang selesai makan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel dicelah-celah gigi. Hal ini sangat tidak dianjurkan, hal itu bisa menyebabkan kerusakan pada gigi jika hal itu dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama. Untuk itu, gunakan dental floss atau benang gigi yang sudah dirancang secara aman.

3. Berkumur dengan Mouthwash
Apabila anda selesai menyikat gigi, sangat dianjurkan untuk berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptic. Hal ini berguna untuk melindungi gigi dari plak-plak yang anda pada gigi.

4. Kerok Lidah
Kerok lidah berfungsi untuk membersihkan kotoran yang ada pada permukaan lidah. Kotoran pada lidah tersebut tidak akan hilang hanya dengan berkumur saja. Untuk membersihkannya, anda dapat mengerok permukaan lidah menggunakan alat khusus kerok lidah yang banyak dijual di toko-toko terdekat daerah anda.

5. Batasi mengkonsumsi Wine, kopi, teh dan tidak merokok
Kandungan tannin yang ada pada teh dan kopi lama kelamaan akan membuat sebuah warna dan mengubah warna pada lapisan luar gigi. Selain itu, pada minuman berwarna seperti wine, sirup atau minuman lainnya juga sangat mempengaruhi dan dapat menimbulkan noda pada gigi. Maka dari itu, batasilah mengkonsumsi jenis minuman tersebut.

Selain hal di atas, merokok juga sangat tidak dianjurkan, hal itu karena asap rokok dan jutaan zat kimia yang terkandung pada rokok akan masuk ke mulut dan memberikan pengaruh pada jaringan dan organ mulut termasuk gigi. Asap panas pada rokok juga bisa mengurangi produksi ludah yang menyebabkan bau mulut dan membuatnya menjadi kering. Hal inilah yang menjadikan kondisi mulut menjadi tempat yang enak bagi perkembangbiakan bakteri.

6. Periksakan Gigi
Sangat dianjurkan untuk memeriksakan gigi anda ke dokter gigi. Sakit gigi atau tidak, sebaiknya Anda rutin mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak ada masalah pada gigi anda, maka Anda dapat membersihkan karang gigi sebagai tahap pencegahan kerusakan pada gigi.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Hmm terima kasih mas sangat bermanfaat sekali infonya jadi tau lebih jauh nih tentang cara cara merawat gigi supaya tetap sehat.

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis