Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Biografi Tjoet Nyak Dien: Pahlawan Wanita Indonesia


Tjoet Nyak Dien lahir tahun 1848 di Aceh. Peperangan yang telah merenggut segala yang ia miliki. Selama Aceh berperang melawan Belanda, Tjoet Nyak Dien kehilangan orang-orang yang dicintainya. Suaminya yang pertama, Teuku Ibrahim Lamnga, yang berjuang bersama ayahnya, tewas di medan tempur.

Pada tahun 1899, Teuku Umar (suaminya yang kedua sekaligus rekan sesama pejuang) juga gugur di Meulaboh. Ia tidak mernimpin pasukannya dari dalam benteng. Ia bergerilya, keluar masuk hutan dan gununggunung. Ketika usia semakin tua, daya tahan fisiknya pun makin melemah.

Setelah enam tahun memimpin pasukan menggantikan Teuku Umar, pandangan matanya mulai rabun. Kondisi yang memilukan ini menimbulkan rasa iba pembantu kepercayaannya, Pang Laot. Diam-diam, Pang Laot mengontak Belanda dan menawarkan sebuah perjanjian. Ia akan menunjukkan markas pasukan Tjoet Nyak Dien, asal Belanda tidak menyakiti perempuan itu.

Pasukan Belanda pun segara "menjemput" Tjoet Nyak. Tapi, perempuan ini lebih memilih mati ketimbang harus menyerah kepada penjajah. Sayang, percobaan bunuh dirinya bisa dicegah. Sebagai tawanan, ia lantas dibawa ke Kutaraja, Banda Aceh. Karena Belanda khawatir penawanan Tjoet Nyak Dien bakal mengobarkan api perlawanan kembali, maka perempuan yang terkenal berwatak keras itu akhirnya dibuang ke Sumedang, Jawa Barat. Tjoet Nyak Dien wafat di pembuangan pada tahun 1908. Oleh pemerintah, ia digelari Pahlawan Nasional.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis