Terwujud

Pancing Google dengan Blogwalking



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Pasti anda tahu arti blogwalking, kalau dalam dunia nyata blogwalking bisa masuk dalam ranah silaturahim atau silaturahmi. Dalam kajian agama, silaturahim merupakan anjuran yang sangat baik dan bagus dilakukan, sebab dengan menjalin silaturahim, kita akan mendapat berbagai hikmah dan manfaat yang diantaranya:
  • Keakraban
  • Relasi
  • Nasehat
  • Teman
  • Kerja sama dll
Pancing,Google,Blogwalking
Nah, begitu juga dengan pengelolaan blog. Namun, fokus saya kali ini bertujuan untuk menarik perhatian google atau istilah bahasanya memancing google untuk melirik blog yang kita kelola.

Kata melirik jangan pernah anda sepelekan, sebab sekali saja Google melirik blog anda, maka besar kemungkinan blog akan masuk dalam kategori yang diperhitungkan dalam urutan teratas. (Baca: Strategi Memancing untuk Mendulang Trafik yang Fantastis)

Apakah blogwalking jalan satu-satunya?
Tentu tidak, namun blogwalking merupakan strategi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan trafik pasti dari pengunjung original, walaupun pengunjung yang sudah anda kunjungi dan juga menempelkan komentar pada blognya, tetapi pengunjung itu tidak melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan, setidaknya mereka mengunjungi blog anda, dan itu sudah menambah 1 poin. (Jangan lupakan: Bisakah Blog Personal Dapat 4 Digit Setiap Bulan?)

Bagaimana Blogwalking bisa dilirik Google?
Jawabnya sederhana sekali. Ada dua keuntungan yang bisa anda peroleh yaitu Artikel dan nama besar blog anda. Ketika anda melakukan aktivitas blogwalking, maka dapat dipastikan 85% akan datang kunjungan balik, dan setiap kunjungan tersebut akan mencatat UV untuk artikel dan blog anda. (Baca juga: 6 Keuntungan Menjadi Blogger)

Tentu ada strategi dalam blogwalking yaitu:
  • Cari blogger yang memang mau melakukan kunjungan balik, hal itu ditandai dengan komentar pada blognya yang banyak
  • Blogger langganan blogwalking anda
  • Buat komentar yang sopan dan membangun
  • Hindari komentar anda yang semata-mata mengharap kunjungan balik
Dari mana keuntungan pasti Blogwalking?

1. Page view
Saya sudah menerapkan secara langsung pada artikel blog saya. Setiap artikel yang mendapat komentar antara 10-20, maka page view yang saya lihat berkisar antara 200-300, dan ingat ini bertujuan untuk menaikkan posisi artikel.

2. Share Relawan
Nah, jika artikel anda menarik, anda akan mendapatkan keuntungan share dari relawan yang bisa datang dari blogwalking atau pengunjung lainnya. Tentu dengan begitu, bertambahlah poin untuk mendapatkan trafik melalui share tadi.
Keinginan saya dari Artikel ini
Saya berkeinginan bahwa artikel ini mendapat kritik dan saran, sebab dengan begitu saya jadi tahu apakah ulasan di atas memang bisa dijadikan acuan atau tidak. Kritik pedas pun saya terima, dan saya kan mencoba untuk memberikan penjelasan dari kritik tersebut :D


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 44 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Saya juga suka kalau kegiatan Blogwalking ini Mas Ibrahim. Walaupun saya tidak terlalu paham bagaimana penilaian google terhadap blogwalking itu sendiri, namun tujuan saya lebih ke arah menjalin tali silaturahmi ke sesama sahabat blogger. Terima kasih informasi nya mas. |o|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, sambil menyelam menangkap Google heeheee

      Delete
  2. Iya mas,,, blogwalking juga bisa saling berteman diduni maya

    ReplyDelete
  3. pancing memancing sebenernya saya ini ahlinya pak, tapi ngga tau deh, mancing google mah susah banget ngga nyangkut-nyangkut, butuh kesabaran lebih rupanya ya?

    ReplyDelete
  4. Saya setuju...dengan BW boleh menambah pengunjung ke blog kita..juga boleh silaturrahimi

    ReplyDelete
  5. Saya stuju dengan mas. Blogwalking bisa memancing blog kita agar di lirik sama om google, Tapi dalam hal ini masih banyak aja pro dan kontranya, blogger yang kontra dengan blogwalking, mungkin memiliki strategi sendiri ya...

    ReplyDelete
  6. BW bisa untuk mancing ya..mesti rajin2 neh
    makasih

    ReplyDelete
  7. Setelah ane rutin blogwolking lumayan ada peningkatan visitor, juga bisa untuk menjalin silaturahmi.

    ReplyDelete
  8. Bw emang efektif banget naikin traffic klo buat saya.

    ReplyDelete
  9. Bw emang efektif banget naikin traffic klo buat saya.

    ReplyDelete
  10. Blogwalking memang efektif memancing pengunjung bahkan goole untuk mencrawl blog kita pak Ibrahim. Hanya kadang-kadang, kita nggak sempat/terlambat melakukannya ataupun membalas komentar sahabat di blog kita.

    ReplyDelete
  11. tidak ada kritik pedas buat artikel ini mas, yang ada cuma krinik manis, sempurna deh.

    ReplyDelete
  12. Benar tu Pak Ibrahim, saya sudah membuktikannya, tapi belum sampai pada membuat List atau daftar yang aktif...

    ReplyDelete
  13. Blogwalking adalah salah satu syarat supa blog kita bisa ada pengunjungnya

    ReplyDelete
  14. memang benar sekali kang, banyak keuntungan akan manfaat dari blogwalking ini, rank alexa bisa makin langsing, selain itu juga kita bisa mengenal teman blogger satu sama lainnya, pokoknya makin banyak teman di dunia maya deh :D .

    ReplyDelete
  15. Tapi kalau banyak komentar Spamnya bisa dilirik google juga gak om?

    ReplyDelete
  16. point2 didalam strategi blogwalking itu yg perlu diperhatikan mas.
    soalnya banyak banget blogger yg berkunjung yang semata-mata mengharap kunjungan balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas yanto.... :)
      kebanyakan blogger yg berkunjung semata-mata hanya ingin mengharap kunjungan balik

      Delete
  17. Banyak para sobat blogger yg mengulas soal blogwalking ini ya mas.. Karena memang peranannya sangat penting buat aktifitas ngeblog dalam setiap kesempatannya :)

    ReplyDelete
  18. Tepat sekalee mas :) pertama baru mulai blogwalking juga udah terasa manfaatnya hehe

    ReplyDelete
  19. Saya banyak melihat blogger yang full time nyaris ada di mana mana. Saya sampai kagum dibuatnya. Kemana pun saya berkunjung, dia pasti ada menorehkan kata kata atau komentarnya. Luar biasa. Sangat maut blogwalkingnya. Saya tidak bisa seperti itu. Saya BW tidak bisa full time BW karena memang tidak bisa. Tidak bisa dipaksakan untuk BISA atau berprua pura BISA. Saya melakukan Blogwalking karena saya suka dan ingin membaca artikel dan berita yang ditulisnya, Tidak perduli walau hanya 1 atau 2 blog saja yang saya kunjungi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang kesibukan kerja lebih tinggi tentu tidak bisa dipaksakan untuk bisa blogwalking, apalagi tujuannya hanya untuk meninggalkan jejek aja alias ngejunk di blog orang lain dengn mengharapkan kunjungan balik dan komen balik.

      AKan tetapi, itu sudh menjadi kebiasaan para blogger kacangan sepertinya kang Asep, hanya baca judul lalu memberi komentar, trus komentarnya cuma "Sharingnya Bermanfaat Gan"

      Saya sangat setuju dengn kang Asep, lebih baik blogwalking 10 blog tapi komen ga OOT.

      PIS

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. berarti google perlu dipancing juga ya pak. harus rajin-rajin mancing google nih biar dapat pengunjung yang banyak.

    ReplyDelete
  22. Selalu sepakat, mas. pentingnya blogwalking bagi seorang blogger. menjaga hubungan antar sesama perlu dilakukan. saya sekarang agak terkendala koneksi, mas. berhubung modem saya ketinggalan di rumah. jadi manfaatkan koneksi ketika dini hari seperti ini. karena kuotanya besar dan itu untuk menghemat paket data yang terbatas. *dijewer rame2, hhe.

    ReplyDelete
  23. Pembahasannya semakin menarik jika seluruh artikel ini disimak, dibaca dan di praktekan pada blog kita. walaupun blog saya belum memiliki pageview hingga ribuan perharinya, tapi saya sudah membayangkan bahwa nanti akan dapat pageview ribuan sehari.

    Usaha memang diperlukan untuk membuat blog semakin bertambah maju

    ReplyDelete
  24. Blogwalking memang hal yang perlu dilakukan oleh seorang blogger. Apalagi kalau masih dalam tahap awal membangun blog. Bukan berarti yang sudah lama tidak perlu lho mas .. :)
    Benar seperti yang mas katakan bahwa blogwalking bisa memberi kita traffic pasti dengan catatan, blog yang kita kunjungi melakukan hal yang sama. Jika tidak, paling tidak, kita sudah menanamkan backlink.
    Tambahan saja, blogwalking juga bisa menjadi sarana untuk mendulang ide baru artikel. Trust me ! .. :D

    ReplyDelete
  25. setuju pak,,,blogwalking memnag banyak manfaatnya terutama bisa menarik pengunjung dan tentunya bisa bersilaturahmi juga dengan bloger lainnya :)

    ReplyDelete
  26. aku juga merasakan manfaat dari blogwalking mas, dengan cara seprti itu saat ini traffic udah lumayan naik, berbeda dari yg dulu sebelum jarang blogwalking, traffic jadi turun drastis :)

    ReplyDelete
  27. Bloggwalking ternyata banyak manfaatnya juga yah kang kalo saya malah baru tahu kalo blogg walking ini bisa mancing googlem agar dia mau nglirik blogg kita hmmmm kerennnn :)

    ReplyDelete
  28. Setuju mas, udah gitu ajah.hehe.
    Tp kadang ada yang dikomentari dianya gak kunjungi balik mas. Tp ya sudahlah, gak pa2.

    ReplyDelete
  29. Sepakat mas, banyak hal yang didapat dari blogwalking. Selain PV meningkat, kita bisa menjalin silaturahmi sesama blogger. :)

    ReplyDelete
  30. benar mas, blogwalking tetap menjadi cara termudah dan sekaligus terbaik dalam meningkatkan rank blog..

    ReplyDelete
  31. saya juga setuju, blogwalking sangat berpengaruh sekali (y)

    ReplyDelete
  32. Makasih atas penjelasannya mas, sangat bermanfaat sekali nih. Kudu sering-sering silaturahim sesama blogger.

    ReplyDelete
  33. udah saya terapin mas tapi yaaaa yang berkunjung balik masih dikit :D
    btw, ringan banget yak loading blog mu mas , jadi nyaman._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, baru tahu kalau ternyata loadingnya cepet sekali.

      Delete
  34. Sebagai pemula artikel ini yang membuat saya tambah rajin melakukan blogwalking sambil berharap juga dapat kunjungan balik hehehe tapi selain dapat kunjungan balik blogwalking memang bermanfaat banget karena bisa mendapatkan pengetahuan baru dari berbagai macam topik. Salam kenal

    ReplyDelete
  35. Blogwalking memang penting, selain mendapat informasi baru juga dapat menjalin silaturahmi. ^_^

    ReplyDelete
  36. blogwalking itu cuman komen-komen di blog temen ya?

    ReplyDelete
  37. Saya suka baca artikel dan juga berkunjung ke blog orang lain, tapi jarang kasih comment. Mungkin ke depannya bagusnya meninggalkan jejak kali ya...

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved