Terwujud

Wajib Tahu !, Cara Upload Video ke Youtube dengan Kualitas HD, Full HD, 4K, Jernih dan tidak buram



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Youtube
Ternyata untuk membuat konten video original yang akan di upload ke youtube tidak saja menjadi bagian dari tingkat kesulitan utama, ada saja masalah yang harus dihadapi saat video akan di upload ke youtube.

Masalah lain yang muncul adalah terkait dengan kualitas hasil uploadnya. Bayangkan, kita sudah capek-capek rekam video dengan hasil rekaman yang memuaskan, kemudian kita juga sudah maksimal dalam proses editing, nah ketika saat di upload, eeh malah hasil videonya kabur atau ngeblur, What happened, ai naoun, ado apo, apa yang terjadi?

Baca juga:
Itulah yang saya alami. Coba deh lihat hasil upload konten video saya yang berjudul “Anwar Main Bola Bareng Teman | Playing Foot-Ball For Kids” di bawah ini !, hmm sekalian like-nya ya hehehehe.


Apakah sobat sudah menontonnya?, gimana. Hasilnya tidak maksimal kan, terkadang jernih dan terkadang kabur. Padahal, sebelum upload, video hasil editan saya ini benar-benar jernih lho, namun ketika di upload ke youtube, hasilnya malah tidak maksimal, masalah baru muncul lagi, hadeeeh… !

Lama banget saya mencari tahu sebabnya dan lama bangeeeet saya mendapat solusinya hingga pada akhirnya ada cara dan tips tertentu agar hasil upload video ke youtube tetap jernih dengan kualitas HD dan tidak kabur/blur.

Apa solusinya Bang Ibrahim?
1. Pastikan Hasil rekaman video memang jernih
Bagian ini paling utama ya sobat. Umumnya, ponsel android sekarang dah canggih. Pengaturan pada kamera saat merekam video juga bisa kita atur dengan optimal. Jadi, usahakan pengaturan kamera di ponsel kamu sudah benar sehingga hasil rekaman video-nya tidak mengecewakan. Salah satu yang perlu di perhatikan seperti kualitas video yang diatur menjadi FHD 1080p, 30fps atau yang lebih baik dari itu.

2. Aplikasi atau software kapasitas premium
Saya kapok menggunakan software atau aplikasi yang gratis namun terbatas, untuk maksimal kita diharuskan membayar dalam versi premium. Ternyata, versi gratis bisa membuat masalah hasil editan video kita, dan itu sudah saya alami.

Saran saya usahakan mendapatkan aplikasi atau software video maker yang ikhlas dan optimal, jangan setengah-setengah, nanti hasilnya tidak memuaskan. Kalau saya sih pake Kinemaster yang pro (berbayar) untuk android dan Filmora/Filmora9 pro untuk PC.

Kalau sobat tidak mau menggunakan pihak ketika, sobat bisa langsung edit video melalui tools yang tersedia di youtubenya sendiri (Namun berat sobat heheheh !)

Mengenal istilah Resolusi, Bit-rate dan Laju Bingkai Video
Upload Video,Youtube,Kualitas HD
Sebelum mulai serius menjadi youtuber, istilah di atas tidak begitu saya indahkan, namun ketika serius mau upload video ke youtube dengan hasil maksimal, kualitas HD dan tidak kabur, maka saya perlu mempelajari istilah tersebut. Dari pada penasaran, ini dia artinya:

a. Resolusi
Bahasa sederhananya adalah kapasitas lebar dan panjang video. Resolusi yang paling populer digunakan adalah 1280 × 720 (HD, 720p). Ukuran resolusi yaitu:
  • 1280 × 720 (HD, 720p)
  • 1920 × 1080 (FHD, Full HD, 2K 1080p)
  • 2560 × 1440 (QHD, WQHD, Quad HD, 1440p)
  • 3840 × 2160 (UHD, Ultra HD, 4K, 2160p)
  • 7680 × 4320 (FUHD, Full Ultra HD, 8K, 4320p)
Ket: 1280 × 720 (HD, 720p)= 1280 lebarnya dan 720 tingginya dan HD kualitasnya.

b. Bit-rate
Bit diartikan sebagai unit terkecil dari semua data pada computer yang berkumpul untuk menjadi sebuah gambar, suara, teks dan video dengan dua nilai yaitu 1 dan 0. Sedangkan Rate adalah proses atau kecepatannya. Jadi, Setelah saya baca beberapa sumber mengenai pengertian Bit-rate maka dapat saya simpulkan dalam bahasa sederhana bahwa bit-rate itu dapat diartikan sebagai:
“Kumpulan bit yang diproses setiap detik dengan kecepatan tertentu oleh file seperti video.

c. Laju Bingkai
Sederhananya pada laju bingkai ini dapat diartikan sebagai hasil pada setiap gerakan pada video. Misalnya ketika sobat mengupload video dengan laju bingkai 30 dan 60, mana yang bagus?, hasilnya pasti yang 60. Semakin tinggi angkanya, maka semakin bagus hasilnya, namun kuota juga nambah lho hehehe.
“Jadi, kalau sobat nonton video youtube saya diatas, coba perhatikan gerakan mereka, jika diteliti maka setiap gerakan ada sedikit bayangan dengan hasil blur. Itu videonya saya buat dengan laju bingkai 30.”

3. Pengaturan pada akun youtube anda
Tahap terakhir yang saya lakukan adalah mengatur kualitas upload video di akun youtube saya. Buka setelah (tanda gerigi) kemudian cari tulisan “UMUM”, setelah itu lihat pada bagian kualitas Upload, pilih 720 (HD) atau 1080 (FHD).

4. Membuat Kualitas Video secara maksimal
Harus diakui mengapa youtuber professional lebih memilih kamera digital untuk merekam ketimbang menggunakan ponsel, hal itu karena hasil rekaman kamera digital lebih baik dan optimal dibanding ponsel. Namun, untuk tipe ponsel tertentu ternyata bisa menggantikan posisi kamera digital sehingga hasilnya bisa seimbang dengan kamera digital.

Agar hasil upload video ke youtube jernih dan tidak buram, maka kualitas rekaman video jadi penentunya sehingga jika video ingin diupload dengan resolusi tinggi sekalipun hasilnya tetap jernih.

Bagi kamu yang mau tahu pengaturan yang direkomendasikan Google untuk upload video baik itu SDR (Standart) dan HDR (High), kamu bisa baca Setelan encoding upload yang direkomendasikan google. Jika kamu mau video kamu resolusinya tinggi (FHD) bahkan sampai 4k, maka kamu harus:
  • Memilih resolusi dengan kualitas High Definition (HD), minimal 1080pixel
  • Atur Audio Codec menjadi → AAC-LC, kemudia perhatikan pada bagian Channels. Atur menjadi: Stereo atau Stereo + 5.1, kemudian untuk Sample rate-nya menjadi 96khz atau 48 khz.
  • Pengaturan Video Codec →H264
  • Frame Rates harus kamu sesuaikan dengan video asli, hal bertujuan agar agar hasilnya tidak rusak
  • Simpan file video dengan format yang direkomendasikan. (Lihat pada poin Rekomendasi di atas)
Mungkin ini dulu informasi tentang Cara Upload Video ke Youtube dengan Kualitas HD dan tidak Kabur, untuk hasil videonya akan saya informasikan di kesempatan selanjutnya.
Jika ada ilmu baru mengenai ini, tolong sampaikan pada kolom komentar ya… !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 27 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Bookmark dulu, penting banget soalnya buat saya yang baru mau belajar bikin video YT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhee, makasih mas, share juga ya #ngarep

      Delete
  2. pengetahuan nih, meskipun bukan youtuber

    ReplyDelete
  3. Sip, saya catat dulu, kebetulan lg mau belajar bikin video utk yutub.. thanks ya sob...

    ReplyDelete
  4. Kalo rekam video dengan kualitas Full HD 30 fps itu ukurannya bisa besar ya bang, satu menit bisa 100 MB, berat upload nya kalo jaringan internet lemot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau saya sih pake wifi atau saya kompress dulu

      Delete
  5. Wahhh bener juga sih, kadang semua udah bagus kualitasnya tapi pas upload atau siap ditayangkan ke publik malah ambyar kualitasnya, jadi jelek dan ga karuan.. Pernah banget ngalamin hal seperti itu

    ReplyDelete
  6. Yes, really interesting and informative.:))
    Many thanks.

    ReplyDelete
  7. Thx infonya. Aplikasi berbayar memang ga bisa dibohongi hehe.. Seperti edit foto juga yang pro pasti lebih ok

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kalau ada pengaturan untuk kualitas video yang diupload, soalnya jarang buka bagian pengaturan pada YouTube, hehehe. Thanks informasinya, 🙂

    ReplyDelete
  9. Saya sama sekali mengabaikan hal-hal itu
    Karena saha patokannya atau lebih focus ke kualitas kamera handphone. Mencari resolusi kamrea yang terjangaku, 16 MP keatas
    Dan soal aplikasi edit, saya menggunakan bawaan komputer saja, movie maker. Inginnya seh yang berbayar, tapi belum ada dana.
    Wah dipengaturan youtube ada to, berarti saya menggunakan yang umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cemana la mas, hp saya sih masih standart :-t

      Delete
  10. bermanfaat...Bisa dipraktekkan langsung.
    Thanks

    ReplyDelete
  11. Kuncinya punya kamera yang oke buat nge video wkakakak

    ReplyDelete
  12. Wah, boleh juga nih buat belajar nge youtube. Enak ya mas kalau sudah punya cahnnel youtube besar. Belajar ah...

    ReplyDelete
  13. Waah,...jadi itu rahasianya.
    Makanya saya ga jadi youtuber tapi pedagang :D
    Pertama kalau ambil gambar selalu shaking, mau beli gimbal rasanya kok sia-sia hahaha
    Kedua edit video hanya pake Filmorago di HP. Eh tapi, Filmorago saya beli sih bukan gratisan :D tapi sayang ga dipake xixixixi
    Saya malu di depan kamera, eh anak saya kaya saya juga mending bicara di depan umum daripada di depan kamera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat saya aja mbak, di kirim dari email aja :v

      Delete
  14. Wah cocok bgt ini buat aku pemula yg lg suka belajar edit2 video trus iseng upload di youtube.. Tp bner sih, kl pke aplikasi edit yg pro pasti kualitasnya lebih tajem drpd yg gratisan

    ReplyDelete
  15. Kalo ngeditnya pake aplikasi HP, udah deh tu bakal turun kualitasnya wkwkwk

    Emang harus diedit pake laptoppp

    ReplyDelete
  16. ilmu hebat untuk mereka yang mahu jadi youtuber hebat!

    ReplyDelete
  17. thanks infonya, semoga saya bisa jadi youtuber terkenal :)

    ReplyDelete
  18. keren penjelasannya juga lengkap banget

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved