Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengertian Bulan Haram


Bulan Haram (Muharram)
Pengertian Bulan Haram~Bulan Haram merupakan bulan yang diharamkan oleh Allah untuk berbuat dosa. Menurut Al-Qodhi Abu Ya`la bahwa "Bulan Haram dinamakan dengan itu karena ada dua makna: pada bulan itu diharamkan berbagai pembunuhan, maka orang-orang jahiliyah pun yakin akan hal itu.

Kemudian pada bulan itu pula diharamkan melakukan tindakan dan perbuatan haram yang lebih ditekankan dari pada bulan lainnya karena kemuliaan bulan tersebut. Sebaliknya dianjurkan untuk lebih memperbanyak perbuatan baik dengan melakukan amalan dan ketaatan kepada Allah swt".

Bulan Haram yaitu bulan yang dimuliakan merupakan kekhususan bulan yang diberikan Allah dengan manfaat yang luar biasa pada bulan tersebut. Selain adanya larangan untuk melakukan tindakan dosa seperti pembunuhan, pertikaian dan kemaksiatan, bulan haram sangat tepat untuk memperdalam amal ibadah kita kepadaNya.

Hal tersebut bukan berarti bahwa bulan-bulan lainnya tidak baik untuk berbuat amal shaleh, namun ada nilai plus yang diberikan Allah swt jika kita berlomba-lomba beramal shaleh pada bulan yang diberikan kemuliaan atasnya seperti bulan Rajab, Zulqaidah, Zulhijjah dan Bulan Muharram.

Menurut Ibnu Abbas bahwa Allah mengkhususkan 4 bulan sebagai bulan Haram (bulan yang dimuliakan) adalah jika berbuat dosa pada bulan itu, maka dosanya akan lebih besar dibandingkan dengan bulan yang lain, begitu juga sebaliknya jika berbuat amal shaleh, maka ganjaran kebaikan akan diperoleh dengan pahala yang berlipat-lipat. Lihat kitab Latho-if Al Ma’arif, 207

Dapat disimpulkan bahwa pengertian bulan Haram adalah:

1. Bulan Haram adalah bulan yang sudah ditentukan bulan-bulannya
2. Bulan Haram ada 4 yaitu Zulhijjah, Zulqa`idah, Rajab dan Muharram
3. Dilarang melakukan perbuatan dosa (maksiat) dan pembunuhan
4. Anjuran untuk lebih semangat berbuat baik dan amal shaleh
5. Ganjaran pahala lebih banyak dan Ganjaran Dosa juga lebih berat

^^Demikianlah informasi tentang Pengertian Bulan Haram, semoga menambah khazanah kita tentang ilmu Agama. Terima Kasih.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis