Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Istilah SEO yang Masih Diperdebatkan


Saat saya pertama kali membuat blog dan ingin blog mendapat peringkat 1-10 di search engine, maka ada beberapa langkah yang sering saya lakukan seperti:
  • Submit artikel melalui situs Bookmark, direktori dll
  • Ping
  • Mencari dan nabur backlink otomatis dan manual
  • Tukaran Backlink
  • Asal tebar link ke Twitter, Facebook, LinkedIn, dll
Namun, diakhir 2013 sejak Algoritma Google berubah, cara ini tidak lagi saya gunakan. Hal itu karena pengaruhnya tidak lagi seampuh dulu (tahun 2007-2011).
SEO
Perdebatan SEO
Saya akui jika SEO masih menjadi perdebatan dikalangan Blogger, terlepas metode diatas masih digunakan atau tidak, namun saya sepakat sekali dengan artikel sahabat kita Mas Darmawan (panduanim.com judul: 14 Teknik SEO ini Bisa Anda Lakukan Sekarang Juga untuk Meningkatkan Rangking). Bagi saya saat ini untuk mengoptimalkan teknik SEO bisa dibangun dengan dasar "Manualitas", "Originalitas" dan "Kualitas".

1. Manualitas
Manualitas mengarah pada cara atau dasar-dasar mendapatkan trafik atau kunjungan yang murni. Konsep sekaligus strategi ini tentu akan menguras banyak tenaga, namun jika dilakukan dengan baik dan sabar, tentu ini akan berpengaruh besar bagi perkembangan blog. Manualitas ini dapat kita lakukan dengan cara:
  • Blogwalking dengan konsep Continuitas atau Rutinitas (bukan sekedar mencari backlink saja)
  • Share ke Sosial Media dengan Konsep Diskusi (Bukan naruh link, lalu membiarkannya)
  • SEO On Page dan SEO Off Page yang dibangun dengan Sistematis
2. Originalitas
Menulis artikel yang informatif tentu membutuhkan upaya untuk membuatnya se-original mungkin. Dengan begitu, artikel yang kita sajikan akan efektif dan lebih disukai pembaca, sebab konten yang disajikan dengan tingkat originalitas yang tinggi merupakan konten yang sedang dicari saat ini, baik itu bagi pengunjung maupun Search Engine.

3. Kualitas
Kualitas konten tidak bisa diukur dengan panjangnya karakter, banyaknya jumlah atau yang lain, namun kualitas artikel akan terlihat dari sisi informasinya, tata dan gaya bahasa yang mudah dipahami serta kemampuan dalam membuat tema yang syarat akan pentingnya artikel itu bagi pengunjung.

So, Artikel yang berkualitas itu adalah artikel yang mampu menyajikan informasi dengan baik, mudah, simple, tepat dan beralasan, bukan sekedar ikut-ikutan, asal caplok sana dan sini, dan lain sebagainya.

Kesimpulan
Untuk saat ini, saya berkesimpulan bahwa perjuangan kita untuk mendapatkan trafik blog yang signifikan adalah dengan menerapkan 3 poin di atas. Mencari backlink, Share, atau menggunakan teknik SEO lainnya tentu masih dibutuhkan, hanya saja caranya yang harus kita rubah. Itu menurut saya, bagaimana dengan teman-teman?

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

29 komentar

Ketiga poin di atas sebenarnya jika dilakukan sangatlah mudah, tetapi terkadang kita malah mengabaikannya. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini saya bisa lebih menerapkan ketiga poin di atas. Terimakasih sudah share mas :)

Balas

poin2 tersebutlah yang jarang diterapkan terutama bagi blogger pemula ya mas,
soalnya saat mereka mencari hal di google seputar seo, yang ditemukan ya sebelum algoritma berubah..

Balas

kualitas tulisan harus tetap dipertahankan juga ya Mas...apalagi kalau asal copas, meskipun ada di pencarian nomor 1 jadi malas berkunjung kembali :)

Balas

Sebagai blogger pemula saya hanya mengandalkan blogwalking secara kontinyu,share ke G+,menerapkan seo onpage,konten yang unik dan berkualitas dan terjadwal sedangkan cara cara lainnya belum dicoba

Balas

ikut nyimak aja deh sob, bingung harus ngomen apa lagi -_-

Balas

Ohh jadi kayak gitu yaa biar mendapatkan artikel yang bagus .. sekarang saya paham mas/mba .. makasih untuk sarannya :) *sorry nongol lagi nih saya :D

Balas

kalo saya menerapkan jalan-jlan saja saat ini. menulisa baru semaunya.
pantas saja hasilnya kurang sreg ya.

Balas

apa aja boleh. tapi bayar :d

Balas

hingga saat ini masih menerapkan blogwalking mas, itulah salah satu cara yg menurutku masih efektif untuk meningkatkan traffic blog,

Balas

menurut saya juga hampir sama, namun saya lebih menitik beratkan pada kualitas dan kuantitas konten mas. Artinya, bila tidak mampu menyajikan artikel berkualitas super, minimal buat yang banyak untuk memperbesar peluang, caranya perbanyak posting dan kata optimasi kunci.

Untuk originalitas juga penting dan sangat mendasar.

Balas

Trafik alami kayaknya lebih banyak bersumber pada kekuatan teknik seo, pak Ibrahim.

Balas

masalah seo saya kayanya paling awam deh.hehe
mencoba untuk manual dan postingan seoriginal mungkin serta kualitas artikel mungkin bisa menjawab seo yang begitu rumit.hehe

Balas

hmmm menarik, informatif :) iyah SEO belakangan agak2 susah yah!, jadi sedikit turun mmg kunjungan hmmmm harus belajar lebih banyak lagi nih saya.... semangat :))

Balas

saya setuju juga dengan ketiga faktor diatas.cuman ada perbedaan dikit tentang artikel berkualitas kang.

buktinya seperti yg pernah saya alami sendiri:
ada beberapa artikel saya yg tetap bertengger dinomer 1 search google,padahal artikel itu jelek banget tata bahasanya,maklum awal ngeblog yg penting update.contoh artikelnya coba tulis digoogle :contoh pengumuman

jadi menurut pribadi saya artikel yg berkualitas hanya bersifat subjektif.apa yg menarik bagi seseorang belum tentu menarik bagi orang lain.

Balas

kalau aku diluar kategori itu saja mas, ga punya dasar seo dan minim pengalaman, jadi masih asal caplok dan ikut-ikutan saja hehe..

Balas

artikel berkualitas menurut saya banyak faktor. tingkat persaingan keyword juga akan banyak berpengaruh.

Balas

traffic organik dari konten yang berkualitas menurut saya akan bertahan lama dalam serp engine pak. Backlink juga sangat perlu dalam kekuatan konten kita dalam pertarungan di serp engine. itu menurut saya siy, kekurangnnya mohon ditambahkan pak hehe

Balas

saya sendiri sudah ogah ogahan untuk share ke media sosial, kemarin akun adsense di banned karena klik tidak valid. sekarang lagi nunggu banding dan buat akun baru

Balas

artikelnya sangat bermanfaat mas terimakasih infonya :)

Balas

kalau saya masih pake cara blogwalking dan submit artikel ke webmaster.
itu pun jarang soalnya fokus sekolah.
tapi jika pas ada waktu luang ya jalanin hehehe

Balas

kalau saya sih nggak begitu paham sama seo mas, asal ngeblog aja hehee

Balas

Seperti kalimat bersayap ya mas, teori mudah tapi praktek yang susah :D

Balas

Memang kalau dipikir-pikir, mending nulis aja dulu ya mbak, baru mikirin SEO

Balas

Memang blogwalking itu perlu ya mas :D

Balas

wah, apa memang itu penyebabnya ya mas :D

Balas

nah, itu juga yang terkadang membuat saya pusing :D

Balas

Setuju mbak, sangat setuju sekali :D

Balas

Panggil aja saya Mas, sebab saya laki-laki :D

Balas

iya pak, kita tinggal menerapin aja ya :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis