Terwujud

4 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Efektif



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Sudah lama saya tidak membahas dunia pendidikan, dengan background dasar dari pendidikan, maka sangat sayang jika ilmu yang saya peroleh tidak saya kembangkan melalui fasilitas Blog ini. Kendati demikian, tentu masih banyak sasaran ahli pendidikan yang bisa anda temukan, namun tidak ada salahnya jika saya berupaya untuk mencurahkan segala kemampuan tentang dunia pendidikan khususnya 4 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Efektif.

Sebagian orang tentu sudah tahu apa yang harus mereka pilih saat mereka sudah mencapai jenjang perguruan tinggi, hal itu berlandaskan tingkat pendidikan mereka sebelumnya yang sudah menjurus seperti saat menduduki tingkat SLTA yang sudah memilih jurusan tertentu.
Kuliah,mahasiswa,pendidikan
Namun, ada juga sebagian calon Mahasiswa yang masih kebingungan tentang jurusan apa yang harus dia pilih, mungkin hal itu terjadi karena bingung, tidak tahu bahkan didasari peluang kerja ketika selesai nanti. Yupss, Ijazah dan tamat kuliah tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu tolak ukur mencari lapangan pekerjaan, namun tentunya salah dalam memilih jurusan, itu bisa saja berakibat fatal seperti tidak tahu sepenuhnya tentang ilmunya, tidak professional atau yang lainnya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda membaca penjelasan saya mengenai 4 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Efektif, hal ini agar tidak ada penyesalan yang datangnya selalu belakangan. Apa saja caranya? yuk, kita simak bersama.

1. Sesuaikan dengan Bakat
Bakat biasanya datang tanpa disadari, namun untuk mengetahui bakat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Walaupun demikian, bakat bisa diprediksi dari beberapa kebiasaan atau keterampilan seperti mampu melukis sejak kecil, bakat menyanyi yang sudah terlihat dari kecil, bakat menghafal dan lain sebagainya. So, coba anda telusuri apa saja bakat kamu, hal itu bisa kamu ketahui dengan kebiasaan atau kemampuan lebih yang kamu punya yang sudah ada sejak kecil.

2. Hobi atau Minat
Biasanya bakat itu muncul selalu beriringan dengan hobi atau minat. Namun, hobi atau minat disini bukan sekedar hobi saja atau minat saja. Cara mengetahuinya adalah dengan tidak adanya unsur bosan, lelah dan putus asa ketika melakukan hobi tersebut, seperti hobi menyanyi, maka bagi yang berminat serta didasari bakat terpendam, mereka yang hobi menyanyi tidak akan pernah bosan untuk berlatih dan mengulang-ulang nyanyiannya. Jadi, coba cari hobi kamu?

3. Sesuai dengan Kemampuan
Jurusan yang akan anda pilih sebaiknya dihubungkan dengan kemampuan anda. Coba pikirkan sebelum memilih, apakah anda akan mampu mengambil jurusan itu, apakah anda minat dan ada bakat dasar ketika jurusan itu anda pilih. Contohnya ketika anda memilih jurusan bahasa inggris, maka anda harus mengetahui dan merasakan jika anda benar-benar siap dan mampu untuk mengambil jurusan bahasa inggris, Ingat jangan sampai salah memilih ya !

4. Peluang Kerja
Sebenarnya memilih jurusan tidak salah jika disesuaikan dengan peluang kerja yang lebih besar nantinya, namun sebelumnya anda harus pikirkan 3 poin di atas sebelum menentukan jurusan yang akan anda pilih. Anda bisa menyesuaikannya, walaupun tidak sampai 100%, setidaknya mencapai 70%, dengan begitu anda akan bisa fokus dan mampu mengikuti program perkuliahan dari jurusan yang anda pilih.

^^ So, inilah 4 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Efektif, semoga 4 cara diatas bisa membantu dan menghilangkan keraguan anda saat hendak memilih jurusan kuliah yang akan anda tentukan. Selamat memilih !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 36 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Empat cara yang patut kita perhatikan, pak Ibrahim. Namun masalah mungkin timbul pada saat memilih jurusan perkuliahan melalui jalur SNMPTN...Kadang-kadang yang diterima jalur itu malah alternatif nomor atau tiga. Padahal pilihan pertama, sudah mempertimbangkan empat cara tersebut di atas...

    ReplyDelete
  2. enaknya kuliah itu sesuai dengan hoby ya mas, insya Allah akan berprestasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba jadinya gak malas-malasan belajar

      Delete
    2. kaya saya nih...hobinya jalan-jalan, sekarang jadi tukang bikin jalan raya...hobi yang jadi kan yang ke gini ini teh kan?

      Delete
  3. awalnya saya ingin masuk di teknik informatika tapi saya tidak diterima karena nilai saya kurang memuaskan. namanya juga pada zaman SMA nakal banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga rada nakal sedikit, tapi diterima di Teknik bloging (mang Reo Adam)...:-)

      Delete
  4. bentar lagi tahun depan saya lulus sekolah menengah atas, saya masih bingung mau ke jurusan apa. inginnya sih ke dokter hehehe. tapi tdk yakin. tapi doain aja ya semoga bisa benar2 tercapai soalnya ingin banget cita cita ini tercapai. .
    oh ya share juga persiapan jurusan kedokteran atau tips mengejar cita2 menjadi dokter hehe.. thanks sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  5. wah, kenapa waktu dulu saya tidak mengikuti saran seperti ini ya? -_-

    ReplyDelete
  6. inget dulu kuliah sepertinya di jurusan Teknik efektif dan lulus jadi tukang insinyur...emang sih jadi-mah jadi, cuman butuh waktu 7 tahun yang kudunya 5 tahunan ge'...apa ngga operlud biaya tuh, coba?

    ReplyDelete
  7. Setuju banget mas, memang pekerjaan yang paling menyenangkan itu adalah hobi yang di bayar :)

    ReplyDelete
  8. Kalau boleh nambahin sebaiknya kuliah janga didasari ikut-ikutan teman, bukan begitu mas?

    ReplyDelete
  9. Bakat dan minat kemudian peluang kerja penting banget sebagai pertimbangan memilih kuliah

    ReplyDelete
  10. ketiga poin diatas adalah yang utama, dengan fokus pada apa yang dimiliki untuk kuliah maka peluang kerja akan mengikuti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya malah gara-gara kerjaan kuliah itu....

      Delete
  11. Saya dulu sempatdapet bea siswa dari akademi bahasa asing , tetapi justru minat saya ada di seni lukis grafitti dan juga dunia IT mas?

    ReplyDelete
  12. Jika orientasinya kerja saya rasa lebih baik disesuaikan dengan lapangan kerja yang ada namun harus disesuiakan dengan bakat dan minat.Sayang khan kuliah sudah capek-capek kuliah eh kerjanya cuma jadi sales

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas sales juga kalo duitnya 50 jt sebulan. :D

      Delete
  13. kalau saya ada ke ingin dan keharusan. bisanya saya memilihnya berdasarkan keharusan kadang tidak ingin

    ReplyDelete
  14. saya mengambil jurusan it pak, dulu saya tanpa pertimbangan ini itu, ya hanya suka komputer saja, itu saja sebab saya mengambil jurusan IT, hehehhee

    ReplyDelete
  15. cara ini tentunya sangat efektif ya pak, bagi mereka yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan kuliahnya. kalau dulu saya ngmbil IT , soalnya hobi saya otak atik kmputer hehehe.

    ReplyDelete
  16. bner banget tipsnya mas, memang harus dipertimbangkan sesuai yang mas uraikan tadi :)

    ReplyDelete
  17. Nah ini penting untuk lulusan SMU....infonya bermanfaat banget mas ibrahim....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, terima kasih ya atas dukungannya :D

      Delete
  18. wah terima kasih atas informasinya ya mas, salam kenal :D

    ReplyDelete
  19. dapat dijadikan bahan referensi nih bagi orang yg masih bingung memilih jurusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, terima kasih ya atas kepercayaannya :D

      Delete
  20. hmmm bener bangt jangan sampai kuliah hanya ikut2an aja yah! share yang sangat bagus, salam kenal kembali sobat :)

    ReplyDelete
  21. Penting nih buat adik-adik yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku universitas. :)

    ReplyDelete
  22. wajib di baca nih untuk para adek adek lulusan SMA sederajat, yang ingin melanjutkan kuliah tidak usah bingung menentukan jurusan mana yang tepat

    ReplyDelete
  23. ada juga, sesuai perintah ortu... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perintah ORTU itu bagus dan mbak mampu, ndak masalah :D

      Delete
  24. Patut jadi pertimbangan. Biasanya juga ngeliat biaya sih. juga faktor keberuntungan. ada kampus yang sesuai banget ama hobi, tapi mahal. ada juga yang udah milih jurusan yang diingini tapi gak keteima. :|

    ReplyDelete
  25. Saya kuliah jurusan IT mas dimana peluang kerja bisa dikatakan banyak, tapi sekarang saya bekerja di bagian administrasi sebuah perusan kredit sepada motor. Lalu ilmu ITnya tetap saya gunakan untuk mencari rejeki via online. Allah pasti akan meMberikan jalan bagi siapa saja bagi yg mau berusaha apapun bentuk usahanya. Maaf kalau ga nyambung dengan topik mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyambung kok mas, yang penting ilmunya ndak hilang :D

      Delete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved