Terwujud

4 Olahraga dan Aktivitas yang Cocok untuk Manula dan semua Orang



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Umur yang sudah lanjut tentu tidak akan membuat anda pensiun dari kegiatan latihan dan olahraga. Walaupun demikian, banyak orang tua mengalami kecendrungan melambat dan menjadi lebih tidak beraktivitas karena usianya. Selain itu, faktor kesehatan juga menjadi penyebab olahraga tidak seperti usia muda, rasa khawatir juga masuk menjadi pemicu sebagian orang tua menghindari olahraga tertentu karena takut jatuh, terkilir dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat, dengan latihan dan olahraga secara rutin akan membuat tubuh semakin kuat dan sehat walaupun itu untuk orang tua sekalipun, akan tetapi perlu memperhatikan jenis-jenis olahraga yang cocok bagi mereka yang berusia lanjut. (baca juga:  Olahraga Bagi Penderita Diabetes )
Olahraga
Olahraga secara teratur akan menawarkan segudang manfaat besar bagi manula termasuk mengurangi resiko terjatuh, kesehatan otot yang lebih baik, kepadatan tulang, tidur lebih baik dan nyenyak, terhindar dari resiko stroke dan serangan jantung, mengurangi resiko demensia dan lain sebagainya. Untuk itu, bagi anda manula, berikut akan disajikan beberapa jenis olahraga yang cocok untuk anda coba, apa sajakah itu?, check itu out !

1. Berjalan
Jika anda ingin selalu sehat disaat memasuki usia tua, maka mulailah dengan berjalan. Berjalan adalah cara yang sempurna untuk memulai olahraga tanpa tantangan yang kuat. Selain itu, olahraga berjalan merupakan jenis latihan yang bisa dilakukan siapa saja termasuk orang tua.

Dengan berjalan akan membantu meningkatkan detak jantung, meningkatkan pernapasan, membangun daya tahan tubuh, menguatkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit jantung, memperbaiki tidur, meningkatkan kekuatan mental dan mendukung kesehatan sendi dalam tubuh.

Sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association melaporkan bahwa program aktivitas fisik intensitas sedang seperti berjalan membantu mengurangi kecacatan mobilitas besar selama 2,6 tahun di antara orang dewasa yang berisiko cacat.

Hal lain yang bagus tentang berjalan adalah bahwa berjalan tidak memerlukan peralatan khusus, selain sepasang sepatu berjalan yang nyaman. Selain itu, bisa dilakukan di mana saja.
Baca Juga !
2. Berenang
Dalam agama Islam, berenang merupakan olahraga yang sangat dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Selain Nabi, ahli kesehatan juga merekomendasikan berenang sebagai olahraga yang sangat cocok untuk semua kalangan terkhusus untuk kalangan manula.

Manfaat berenang sangatlah besar untuk kesehatan. Orang yang rutin berenang maka akan mendapatkan kesehatan secara fisik maupun mental. Manfaat lain yang bisa dirasakan dengan berenang adalah membantu tubuh tetap bugar dan membakar kalori dalam tubuh, memperkuat otot serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Berenang juga bisa mengurangi stress dan ketegangan pada sendi tubuh.

3. Yoga
Yoga sangat bermanfaat bagi tubuh yang sudah menua. Tiga elemen utama yoga adalah pose (asana), meditasi (dhyana), dan pernapasan yang tepat (pranayama) dan semua itu sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bila yoga dilakukan dengan kecepatan sedang selama 15 sampai 20 menit setiap hari, maka hal itu akan dapat membantu menurunkan berat badan, memperbaiki kualitas tidur, dan menunda efek penuaan dari sistem gerak penuaan serta kondisi patologis.

Berdasarkan hasil studi tentang yoga khususnya untuk kalangan lansia, maka banyak serangkaian besar manfaat bagi mereka diantaranya:
  • Sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Yoga melaporkan bahwa program yoga dengan kursi yang dimodifikasi, kemungkinan besar akan bermanfaat dalam meningkatkan mobilitas dan mengurangi ketakutan untuk jatuh bagi orang tua, penelitian ini memerlukan penelitian tambahan untuk melalui uji coba terkontrol secara acak. 
  • Sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of the American Geriatrics Society melaporkan bahwa yoga kursi memiliki efek positif pada rasa sakit dan fungsi fisik pada orang dewasa dengan osteoarthritis. 
  • Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Psychiatry menemukan bahwa intervensi yoga tampaknya memperbaiki kualitas tidur orang tua yang tinggal di rumah-rumah tua. 
Adapun Beberapa pose yoga yang cocok untuk orang tua adalah shavasana, uttanapadasana, naukasana, pawanmuktasana, ardha shalbhasana, shalbhasana, bhujanasana, makrasana, anulom vilom pranayama, dan bhramri pranayama.

4. Bersepeda
Bersepeda adalah kegiatan fisik yang sangat disarankan untuk dilakukan orang tua.
Sebenarnya, tidak ada usia di mana bersepeda berhenti menjadi pilihan, dan siapa pun yang bersepeda secara teratur akan mendapatkan kehidupan yang lebih lama (dalam arti kesehatan). Kegiatan yang dianggap ringan ini ternyata bisa membuat anda tetap bugar dan percaya diri tinggi.

Berolahraga dengan bersepeda sangat bagus untuk jantung anda dan kekebalan tubuh. Selain itu, dengan bersepeda secara rutin maka anda telah meningkatkan kesehatan mental yang baik, membangun kekuatan dan stamina, membantu melawan gejala depresi, kecemasan atau stres tinggi.

Mengendarai sepeda juga merupakan cara yang ramah lingkungan untuk menjelajahi dunia sekitar Anda. Sekarang setelah Anda sudah pensiun, luangkan waktu untuk menjelajahi daerah Anda dan dapatkan manfaat fisik dan mental pada saat bersamaan.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

17 komentar

Saya lebih suka berjalan dan bersepeda, kalau berenang tidak kuat nafasnya. Mungkin karena jarang berenang.

Balas

Kang kalau bapak saya dulu senengnya main sepedan keliling kompleks.. yang penting ada olahraganya.. bahkan k mesjid depan pun pengennya jalan kaki aja biar sehat katanya.. tp emang bener sampe sekarang alhamdulilah sehat walafiat padahal usia ud ckup sepuh kang

Balas

buat orang tuamah lebih cocok jalan heheh,, kalau yang muda seperti sayamah,, jogging atau marathon... hahah :D

Balas

olahraga apa ya yang bikin perut cepat berotot

Balas

jalan2 tanpa alas kaki bang.. di jalanan berkerikil..
melancarkan peredaran darah...
ortuq tiap pagi gtu..

oh iya.. salam kenal bang ya.. perdana nih di blog ini.. sukses selalu bang...

Balas

Mbahku paling suka olahrga berjalan.. Setiap shalat subuh sampai setengah 7 jalan2 gitu.. Katanya seger

Balas

saya sukanya berenang mas :D

Balas

yang penting asyik dan sehat ya mbak

Balas

setuju sekali dek, yuk kita galakkan

Balas

Saya lebih suka berenang. Apalagi pas siang panaas-pasnas seger, hehe :D

Balas

Saya setiap pagi kalau lagi libur kerja pasti jogging keliling komplek, nah setiap pagi tuh ternyata banyak sekali org2 yg udah lanjut usia ikut jalan - jalan santai pagi, sebagian dari mereka terlihat seperti nya masih sehat badan nya. Mungkin karena terbiasa jalan santai pagi hari tadi kali ya gan,.

Balas

hehehe... betul kata Mas Admin Olahraganya cocok untuk Manula dan semua orang.

Klu boleh ditambahkan satu, olahraga Tawa, cocok juga biar awet muda,,, asal jng berlebihan,,hahaha.... :)

Balas

Hanya berjalan
Sering aku lakukan
Sebab bersepada dan yoga tak ada kesempatan

:)

Balas

kalo saya g pernaah bang. pagi2 mager mulu klo di ajakin ortu.. wkwk...
kayakx sesekali harus ikut nih ajakan ortu..
tapi pas liburan aja..pas hari kerja enggak.. :D

Balas

Kebetulan mamaku sukanya juga jalan kaki kesehariannya dari usia muda dulu.
Jadi sampai sekarang ini mamaku ngga mudah terasa capek kalau diajak jalan2 jauh ☺

Jalan kaki itu murah dan sehat 👍

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved