Terwujud

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Cara Menjaga Kesehatan Mental
Memahami bagaimana cara menjaga kesehatan mental sama pentingnya seperti kita menjaga kesehatan fisik. Apalagi akhir-akhir ini, permasalahan mengenai kesehatan mental menjadi topik yang paling sering dibahas di media sosial. Banyak yang mengalami gangguan kesehatan mental karena tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab terganggunya kesehatan mental seseorang.

Untuk menjaga kesehatan mental, anda harus bisa menjaga pola hidup bahagia agar mental anda selalu baik. Mood seseorang yang berubah-ubah juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. WHO mengatakan jika seseorang dengan gangguan kesehatan mental meninggal 10 hingga 20 tahun lebih cepat daripada orang normal. Apalagi ada kasus bunuh diri yang menjadi pemicu utama kematian kedua karena kesehatan mental seseorang yang buruk. Ini menunjukkan jika kesehatan mental sangat penting bagi kesejahteraan psikologis seseorang.

Terkadang sebagian orang masih enggan untuk membagikan kisahnya. Mereka terlalu takut mendapatkan judge atau penghakiman dari masyarakat. Padahal untuk menyembuhkan gangguan kesehatan mental, orang-orang ini membutuhkan ahlinya seperti datang ke psikiater untuk berkonsultasi. Akan tetapi, banyak orang yang takut dianggap gila jika mendatangi tempat-tempat tersebut.

Bagi anda yang ingin berkonsultasi namun enggan untuk pergi ke tempat psikolog atau psikiater, maka kini Halodoc memiliki solusi terbaik untuk anda. Anda bisa menemui banyak ahli psikolog yang bisa anda ajak untuk berkonsultasi. Setidaknya, ini akan membuat anda menjadi lebih rileks dan mengurangi beban permasalahan anda.

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Bisa Dilakukan
Selain Halodoc, berikut ini kami berikan lima cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental:

1. Menerima dan Memahami Diri
Dengan menerima dan memahami diri sendiri adalah salah satu langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan mental. Menerima jika diri anda memiliki gangguan kesehatan mental. Kemudian memahami apa yang anda perlukan untuk bahagia. Karena banyak orang tidak mau menerima kenyataan, bahwa mereka berada dalam kondisi gangguan mental, yang disebabkan oleh ketakutan sosial.

Langkah awal untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menerima fakta ini tanpa rasa takut dan memahami penyebabnya. Ini akan membantu anda dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah kesehatan mental anda dan menyelesaikannya sebelum terlambat.

2. Coba Mengalihkan Pikiran
Seseorang yang mengalami depresi sering kali merasa kesepian dan memilih untuk memutuskan hubungan mereka dari dunia. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang disukai. Misalnya seperti menonton film, bermain game favorit atau melakukan hobi baru. Ini juga bisa membantu menjaga pikiran anda yang sibuk dan menyalurkan stres di tempat lain yang kemudian membuat anda berpikir lebih terang.

3. Bercerita Kepada Seseorang
Untuk menjaga Kesehatan mental adalah dengan menyingkirkan masalah kesehatan mental itu sendiri. Dan cara terbaik untuk menyingkirkan masalah kesehatan mental adalah terhubung dengan banyak orang. Mengekspresikan dan membagikan emosi anda kepada teman dan keluarga dapat membantu melepaskan stres dan menenangkan pikiran anda. Semakin anda banyak berinteraksi dan berbagi masalah dengan orang lain, maka semakin mudah pula anda menyingkirkan perasaan yang telah menyiksa.

4. Tidur dan Istirahat yang Cukup
Ada banyak orang yang begitu sibuk dengan masalah dalam hidup dan bekerja. Sehingga mereka lupa tidur dengan waktu yang cukup. Tidak mendapat tidur yang cukup dapat menyebabkan suasana hati yang buruk, kurang konsentrasi, dan masalah kesehatan lainnya. Tidur nyenyak selama tujuh jam dapat menjaga kesehatan mental.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat juga sangat berpengaruh dalam menjaga Kesehatan mental anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi akan membantu anda menjaga kesehatan otak. Lebih baik hindari makanan olahan dan makanan cepat saji.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan mental yang bisa anda lakukan. Perlu diingat jika kesehatan mental sangat penting agar hidup anda tetap bahagia selalu. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Yang utama memang menjaga kesehatan mental,sebab jika mental atau jiwa kita sehat, fisik akan mengikuti. Sebaliknya jika mental kita sering tidak sehat, percayalah fisik juga akan sakit-sakitan.
    Banyak kok orang sakit yang bermula dari sering batin atau mikir. Kuncinya adalah berfikir positif, bersyukur, berdoa dan berserah.

    ReplyDelete
  2. yang punya pacar, jaga baik2, jangan sampe putus cinta,,, galaunya itu bisa membuat kesehatan mental terganggu hehehehe

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved