Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengembangan Pohon Sukun


Pohon Sukun mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi dan dapat memberikan memberikan tambahan pendapat signifikan bagi rumah tangga petani, seharusnya pemerintah memasukkan jenis ini sebagai salah satu jenis prioritas dalam program penghijauan.

Untuk itu perlu tersedianya teknologi perbanyakan yang tepat dan dalam waktu relatif singkat dapat tersedia bibit dalam jumlah yang cukup tersedia secara terus menerus. Tanaman sukun dapat diperbanyak dengan trubusan akar, cangkok, stek akar dan stek pucuk. Akar yang muncul di permukaan tanah dan terluka (misalnya terinjak hewan) menjadi tanaman baru yang dapat diambil untuk bibit.

Pohon Sukun
Meskipun pengadaan bibit sukun dapat diadakan dengan car mudah dan sederhana, namun program penanaman perlu disertai usaha untuk menjaga kelestarian, kesimambungan produk dan usaha untuk meningkatkan produktifitasnya. Salah satu alternative untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan program pemulihan tanaman yang dilakukan oleh Pusat Litbang Hutan Tanaman, Yogyakarta.

Kajian uji klon merupakan langkah awal dari pemulihan tanaman sukun. Dengan asumsi bahwa jika pohon induknya unggul yang dipilih dari hasil seleksi, maka diharapkan sebagian besar keturunannya akan mendapatkan kualitas yang baik. Uji klon diawali dengan mencari pohon yang berfenotif unggul, yaitu dengan melakukan pemilihan pohon-pohon yang superior dari populasi yang luas untuk mencari sifat genetik yang unggul sesuai dengan keuntungan dan nilai ekonomi-nya.

Pusat Litbang Hutan Tanaman, Yogyakarta, telah melakukan pemilihan klon-klon sukun yang berfenotif unggul dari populasi Sorong, Mankwari, Bne, Maros, Gunung Kidul, Cilacap, Kuningan, Sukabumi dan Lampung.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis