Terwujud

Pohon Sukun sebagai Sumber Pangan



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional perlu pengembangan sumber-sumber pangan potensial selain beras. Sumber pangan ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat terutama karbohidrat, protein, dan vitamin. Sukun merupakan salah satu sumber pangan yang kaya karbohidrat, sehingga sangat perlu mendapat perhatian pengembangannya sebagai pelengkap bahan pangan dimasa mendatang terutama untuk mendukung program keanekaragaman pangan. Pada daerah tertentu, sukun dapat digunakan sebagai alternatif pangan dimana pada bulan Januari-Pebruari dan September-Oktober sering terjadi musim panceklik padi (Maruhum, 1991).

Pohon Sukun
Selain itu mengingat vitamin yang terkandung di dalamnya, buah sukun sangat cocok sebagai makanan pengganti, selain ubi jalar, singkong, maupun talas. Dalam setiap 100 gram buah sukun terkandung air (65 gr –85 gr), proein (1,2 gr–1,4 gr), lemak (0,2 gr–0,5 gr) serta karbohidrat (21,5 gr – 31,7 gr) dan juga terdapat kandungan kalsium (18 mg – 32 mg), phosphor (52 mg – 88 mg), zat besi (0,4 mg – 1,5 mg) dan vitamin A (26-40 IU) (FAO, 1972).

Pertimbangan lain bahwa sukun sebagai bahan pangan karena pohonya dapat berbuah setiap saat secara kontinyu dan tidak dipengaruhi curah hujan. Hal ini merupakan kelebihan tanaman sukun dibandingkan dengan tanaman pokok konvensional (Pitoyo,1989). Selain relatif cepat menghasilkan buah, teknik budidaya sukun juga mudah. Dengan perlakuan sederhana dapat diperoleh tanaman sukun yang cukup baik, bahan tanaman ini dapat tumbuh di lahan yang marginal dan tahan kemarau panjang. Oleh karena itu, sukun baik untuk dikembangkan sebagai tanaman pekarangan yang berfungsi sebagai sumber pangan.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved