Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pohon Sukun Sebagai Tanaman Obat


Masyarakat pedesaan sudah terbiasa menggunakan obat-obatan tradisional dari berbagai tanaman yang tumbuh di sekitar tempat tinggalnya, salah satu diantaranya adalah sukun untuk pencegahan penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal dan ginjal.

Heyne (1987) mengemukakan bahwa tanaman sukun sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan, antara lain daunnya dapat digunakan sebagai ramuan obat gosok untuk kulit yang bengkak dengan cara membakarnya, kemudian abu hasil pembakaran dicampur minyak kelapa dan kunyit. Selain itu daun sukun juga baik digunakan sebagai bahan pencampur makanan ternak.

Pohon Sukun
Masyarakat Ambon memanfaatkan kulit batang pohon sukun untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang telah melahirkan (8-10 hari). Untuk penyakit jantung dan ginjal, beberapa pakar obat tradisional meragukan khasiat daun sukun karena belum diperoleh hasil farmakologinya. Namun demikian beberapa masyarakat telah percaya dan mencoba khasiat daun sukun dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan ginjal. Cara untuk pengobatan penyakit jantung, satu lembar daun dicuci bersih lalu dijemur sampai kering, kemudian direbus dengan 5 gelas air.

Ketikal rebusan air tinggal separuh, tambah air hingga mencapai 5 gelas kembali, kemudian setelah mendidih ramuan tersebut diangkat, disaring, didinginkan untuk diminum. Ramuan tersebut harus habis diminum pada hari itu juga dan tidak boleh disisakan untuk diminum esok harinya. Pengobatan dilaksanakan dengan membuat dan meminum ramuan tersebut setiap hari.

Untuk pengobatan penyakit ginjal, tiga buah daun sukun tua dicuci bersih, dirajang dan hasil rajangan dijemur sampai kering, kemudian direbus dalam 2 liter air. Setelah rebusan tinggal separuhnya tambahkan 1 liter air. Setelah mendidih diangkat dan disaring, kemudian tunggu sampai dingin untuk siap diminum. Ramuan tersebut dibuat dan diminums etiap hari, tapi harus diingat bahwa air rebusan tidak dapat diesokkan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis